Berapa Penghasilan Blogger?

Siapa sih yang gak mau uang? yap, di tahun 2022 ini memang banyak cara mendapatkan uang melaui internet. Beberapa cara yang banyak di coba masyarakat di Indonesia adalah, Youtuber, Instagram Seleb, Tiktokers, Bigo Live, Gaming Streamer, Affiliator, Trading Saham/ Bitcoin, dll, bahkan masih ada yang ngeBlog!

Emang Nge’Blog di zaman sekarang tahun 2022 ini masih menjanjikan ya, masih jaman ya? mungkin banyak orang berfikir begitu. Menurut saya pribadi, apapun usaha itu masih sangat cukup menjanjikan di 2022 ini asalkan tekun dan serius dalam menjalankannya, salah satunya nge’Blog. Meski hampir semua topik dan keyword sudah di kuasai oleh Blog media-media besar seperti Tribun, Detik, Merdeka, PikiranRakyat, suara, liputan6, kompas, dan banyak lagi. bahkan media raksasa tersebut membuat subdomain untuk setiap daerah provinsi, dan membuat subdomain juga untuk setiap topik yang lebih spesifik seperti finance, olahraga, dll.

Namun saya tak terlalu memikirkan itu, pasti ada cara lain untuk mengalahkan media-media besar tersebut di mesin pencarian google. Bisa dilakukan dengan cara riset keyword, bisa menggunakan GoogleAds Planner, Ahrefs, Semrush, dan tools lainnya, serta di tambahkan dengan backlink-backlink dari website lain agar saya memenangkan ranking pada keyword tertentu yang saya target.

Nah, kembali ke topik awal,

Berapa sih penghasilan Blogger di 2022? hmm…

Menurut pengalaman saya, penghasilan blogger sangat beragam nominalnya. Dari pengamatan saya di grup-grup Blogger dan beberapa Workshop berbayar yang saya ikuti, pada tanggal 22 atau 23 di setiap bulannya (tanggal gajian Blogger dari Google Adsense) ada yang berpenghasilan 100ribuan perbulan, ada yang 300ribuan perbulan, ada yang 900ribuan, ada yang 1,3juta/ bulan. Kalau seperti ini, biasanya mereka gajian pada bulan depannya lagi, karena minimal Withdraw atau PO di Google Adsense adalah 100$ atau sekitar 1,5 juta rupiah.

Trending :  Daftar Update Algoritma Google Terbaru 2022

“Next, berapa lagi bang gajinya?” ok. beberapa teman-teman blogger saya pada umumnya berdasarkan pengamatan saya adalah antara 6 juta s/d 15 juta perbulan. Namun, banyak juga yang saya kenal berpenghasilan antara 60 juta sampai dengan 350 juta perbulannya. hehe heran ya.. ya memang ada.. umumnya mereka berpenampilan seperti rakyat pada umumnya, biasa saja, gak hedon, gak kaya pengusaha, ya kurang lebih seperti pengangguran, tapi rekeningnya waw..

“Abang sendiri gajinya berapa dari blog?”, kalau saya sih alhamdulillah berkisar antara 30 juta sampai 100 juta perbulannya. Bahkan pernah ngisi juga sampai 170 juta/ bulan. “Wahh gimana caranya bang?” ya, intinya sih traffic. dimanapun kita berkuli internet, traffic bisa jadi duit. Mau itu Youtube, Tiktok, Instragam, Blog, semua yang penting traffic. Saya udah nyoba Youtube, tapi saya kurang cocok dengan Youtube, karena harus konsisten Upload, saya sendiri yang jadi objek kontennya, dan bisa dikenal orang, seleb youtube, tapi jadinya capek dan lelah.. Berbeda dengan Blog, tugas wajib saya Optimasi Blog, selebihnya bisa diupahkan ke para penulis untuk pembuatan konten artikelnya. Nahh, jadi saya bisa santai-santai aja yakan, gak dikenal orang juga lagi. hehe

Berikut beberapa hal yang bisa kamu coba buat nyari duit sebanyak-banyaknya dari Blog Adsense :

  1. Optimasi SEO untuk mencari traffic agar menang di Pencarian Serp Google, atau
  2. Optimasi Youtube dan menaruh link Aff atau Apk di deskripsi Youtube kamu, atau
  3. Bermain Pinterest to Adsense untuk mencari traffic, atau
  4. Mengelola Fanspage FB yang punya banyak pengikut, share artikelmu di sana, atau
  5. Mengelola Grup Facebook yang punya banyak member, share artikelmu disana, atau
  6. Mencoba Facebook Ads untuk mencari traffic dari Facebook, tapi ini tentu akan butuh modal lebih banyak, atau
  7. Mencoba endorse Web kamu ke Seleb2gram dan Tiktokers,
  8. Mencoba memasang iklan Blog kamu ke TV seperti hal nya yang dilakukan SindoNews dan Anibee.tv di RCTI
Trending :  Cara Merapikan Tulisan Di Blog (Mengatur Paragraf dan Br)

“Mahal-mahal banget ya bang modalnya berarti?” memang dalam mencapai suatu tujuan kita harus banyak mencoba, bakar uang, coba lagi, sampai dapat winning campaign nya. Ya memang begitulah yang dilalui banyak Blogger dan juga saya, Selamat berjuang !