Biaya Kuliah POLBAN (Politeknik Negeri Bandung) TA 2022/2023

Satupersen.co.id – Sebagai calon mahasiswa pasti banyak yang telah mengetahui Politeknik Negeri Bandung atau umum dikenal dengan POLBAN. Dan bagi yang berkeinginan masuk kampus ini, pasti mencari informasi terkait POLBAN. Termasuk informasi mengenai biaya kuliah di POLBAN.

Politeknik Negeri Bandung merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. Politeknik ini berada di Bandung Barat, dulu namanya Politeknik Institut Teknologi Bandung (ITB) karena masih di bawah naungan ITB.

Pada tahun 1999 Politeknik ITB sendiri menjadi instansi mandiri yang berbeda dengan ITB, sampai namanya lebih dikenal sekarang ini sebagai Politeknik Negeri Bandung. Politeknik ini sebagai salah satu politeknik terbaik di Indonesia dari beberapa politeknik yang ada.

Banyak kelebihan di POLBAN ini, seperti jumlah peluang studi yang ditawarkan. Secara keseluruhan, POLBAN sekarang ini mengepalai 11 program studi, termasuk program D3, D4 dan pascasarjana (S2 Teknik Infrastruktur serta Magister Keuangan dan Perbankan Syariah).

Biaya kuliah di POLBAN terbagi menjadi 2 kategori, yakni teknis dan non teknis. Disamping itu, biaya kuliah di POLBAN sendiri ditanggung sesuai sistem Biaya Tunggal (UKT) atau biaya yang ditanggung kepada mahasiswa tiap semesternya.

Namun sebelum membahas mengenai biaya secara rinci, silahkan simak mengenai sejarah POLBAN di bawah ini.

Sejarah Singkat POLBAN (Politeknik Negeri Bandung)

sejarah polban

POLBAN (Politeknik Negeri Bandung) dibangun pada tahun 1982 yang awalnya bernama Politeknik ITB karena ada di bawah naungan Institut Tehnologi Bandung (ITB). Politeknik ITB mengadakan program training diploma (3 tahun) di bagian teknik. Empat mata kuliah pertama di Politeknik ITB ialah:

  • D3 Teknik Elektronika (Jurusan Teknik Elektro)
  • D3 Teknik Mesin (Jurusan Teknik Mesin)
  • D3 Teknik Listrik (Jurusan Teknik Elektro)
  • D3 Teknik Sipil (Jurusan Teknik Sipil)

Politeknik ITB diawali di tahun ajaran 1982/1983 dengan penerimaan mahasiswa pertamanya. Politeknik ITB selanjutnya diresmikan oleh Dirjen Dikti bersama Politeknik USU Medan, Politeknik UI Jakarta, Politeknik UNSRI Palembang, Politeknik UNDIP Semarang dan Politeknik UNIBRAW Malang yang disebut Politeknik ITB di tanggal 4 Oktober 1985.

Kemudian pada tahun 1986, Departemen Perdagangan membuka program diploma ilmu komersial dengan 3 program studi yaitu D3 Keuangan dan Perbankan, D3 Akuntansi, serta D3 Sekretariat dan Administrasi Perkantoran. Lalu masih di tahun yang sama, Politeknik ITB membuka program studi D3 Telekomunikasi jurusan Teknik Elektro.

Pada tahun 1987, Departemen Teknik Informatika (PAT-JPK) di lingkungan ITB dipindah ke Politeknik ITB untuk jurusan Teknik Informatika dengan program studi D3 Teknik Komputer.

Dalam tahun yang sama pula, ITB membuka jurusan teknik kimia dalam sebuah jenis program studi D3 Teknik Kimia. Selain itu, terdapat 2 program evaluasi yang baru di bagian Teknik Mesin, yakni program D3 Refrigerasi dan Tata Udara serta program D3 Teknologi Energi.

Biaya Kuliah POLBAN (Politeknik Negeri Bandung)

biaya kuliah polban

Besarnya biaya kuliah di POLBAN tergantung dari kemampuan ekonomi orangtua atau pemberi dana. Kelompok UKT ditetapkan dengan menghitung penghasilan kotor bulanan orangtua/wali dibagi jumlah bagian keluarga (ayah, ibu dan anak tanggungan). Simak rinciannya di bawah ini:

1. Kelompok Bidang Studi Rekayasa (Teknik)

Golongan

Uang Kuliah Tunggal  (UKT) per Semester

1 Rp. 500.000
2 Rp. 1.000.000
3 Rp. 4.500.000
4 Rp. 6.000.000
5 Rp. 7.000.000
6 Rp. 8.000.000
7 Rp. 9.000.000
8 Rp. 10.000.000

2. Kelompok Bidang Studi Non-Rekayasa

Golongan

Uang Kuliah Tunggal  (UKT) per Semester

1 Rp. 500.000
2 Rp. 1.000.000
3 Rp. 3.500.000
4 Rp. 4.500.000
5 Rp. 5.500.000
6 Rp. 6.500.000
7 Rp. 7.500.000
8 Rp. 8.500.000

Biaya Kuliah Jalur Mandiri POLBAN

Ada tiga jalur penyeleksian mahasiswa baru di POLBAN, yakni:

  • PMDK-PN (Pencarian Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri).
  • SMBM (Seleksi Mandiriri Mahasiswa Baru) sebagai ada sebuah penyeleksian POLBAN tingkat pemula yang dikerjakan secara mandiri oleh POLBAN (tidak bekerja sama dengan perguruan tinggi ilmu terapan lain) pelaksanaannya disesuaikan dengan kebutuhan POLBAN.
  • UMPN (Ujian Masuk Politeknik Negeri) ialah ujian yang diadakan oleh Politeknik (Negeri) di seluruh Indonesia dengan pelaksanaan serentak.

Biaya SPP untuk ketiga jalur di atas memakai sistem yang serupa, yakni UKT. Yang mana penetapannya berdasarkan kemampuan orang tua atau wali. Dan jalur POLBAN independen tidak memerlukan biaya masuk atau bangunan.

Baca Juga: Biaya Kuliah UNSIKA TA 2023/2024 Semua Jalur

Jurusan di POLBAN (Politeknik Negeri Bandung)

jurusan di polban

Berdiri pada 27 Januari 1979 dengan keputusan Dirjen Dikti, Politeknik Negeri Bandung (POLBAN) mulai bersinar. Lokasi Kampus POLBAN yang ada di ujung kota Bandung menjadikan sebagai tempat menuntut ilmu. Berikut beberapa jurusan atau program studi yang ada di POLBAN, diantaranya adalah:

1. Administrasi Niaga

Jurusan ini dibangun pada tahun 1986 dan awalnya dikenal sebagai Departemen Perdagangan. Sekarang ini departemen itu mengadakan beberapa pelatihan di bagian administrasi, manajemen dan marketing bernama administrasi bisnis.

Sebagian besar mata kuliah terakreditasi. Lulusan Administrasi Niaga seterusnya bisa meniti karier di beberapa perusahaan, misalkan di industri perjalanan manufaktur.

2. Akuntansi

Jurusan Akuntansi memiliki sebuah visi menjadi jurusan pendidikan profesi keuangan, akuntansi, dan perbankan yang unggul.

Karena itu, jurusan akuntansi POLBAN bukan hanya melakukan pendidikan tetapi juga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Mereka yang memilih gelar ini akan belajar akuntansi, manajemen pemerintah, serta akuntansi dan perbankan Islam.

3. Bahasa Inggris

Gelar ini sebagai salah satu gelar non-teknis di POLBAN. Sekarang ini ada program studi Bahasa Inggris yang terakreditasi A pada tingkatan D3. Prospek kerja lulusannya tentu saja beragam dan bisa di terapkan di berbagai bidang.

Maka dari itu, mahasiswa yang belajar Bahasa Inggris dibekali dengan keterampilan lisan dan tulisan yang dapat di pakai di berbagai situasi kerja.

4. Teknik Elektro

Jurusan ini sudah menawarkan beragam gelar pada tingkat diploma dan sarjana dalam ilmu terapan, termasuk electronik, teknik elektro, telekomunikasi dan otomasi industri.

Mereka yang belajar teknik elektro siap membuat, memelihara, dan memasangkan perlengkapan telekomunikasi dan electronik.

Kualitas mata kuliah ini ditunjukkan dengan legalisasi yang bagus untuk program gelar di bagian teknik komunikasi dan baik untuk program gelar lainnya.

5. Teknik Kimia

Teknik Kimia menawarkan tingkatan pendidikan dari D2 sampai D4. Dimana akan mempelajari beragam mata kuliah yang terkait dengan teknik dan analitis kimia, seperti karakter fisik bahan kimia, beberapa prinsip teknik, dan praktek pengendalian lingkungan.

Dengan kualitas yang mumpuni, Teknik Kimia POLBAN menghasilkan lulusan yang bekerja di beberapa bidang. Termasuk industri pertambangan, farmasi, dan petrokimia.

8. Teknik Komputer dan Informatika

Teknik Computer dan Informatika POLBAN adalah fakultas pendidikan pascasarjana ilmu komputer pertama di Indonesia. Sejak berdiri 27 tahun kemarin, departemen ini sudah meraih beragam kesuksesan pada tingkat nasional dan internasional.

9. Teknik Konversi Energi

Indonesia memiliki beberapa sumber energi yang bisa di proses untuk kebutuhan masyarakatnya. Maka dari itu, Politeknik Negeri Bandung mempertahankan Jurusan Teknologi Konversi Energi dalam usaha menyediakan tenaga yang oke di bagian ini.

Sekarang ini ada 2 program studi di departemen Tehnologi Konversi Energi. Tiap lulusan di harapkan mengambil peranan dalam manajemen energi dan untuk menangani isu-isu berkaitan dengan energi pada tingkat lokal, nasional, ataupun global.

10. Teknik Mesin

Untuk kamu yang ingin bekerja di dunia penerbangan, Fakultas Teknik Mesin POLBAN menjadi pilihan tepat melalui program studi Teknik Penerbangan. Selain itu ada tiga opsi studi menarik yang lainnya di tingkatan D3 atau D4. Lulusan Teknik Mesin mempunyai prospek karier yang luas, khususnya di bidang industri dan manufaktur.

11. Teknik Refrigerasi dan Tata Udara

Teknologi refrigerasi dan AC di Politeknik Negeri Bandung sebagai salah satu di Indonesia. Jurusan ini di bangun pada tanggal 29 September 2004 sebagai bagian dari program studi Teknik Mesin.

Nantinya jika mengambil jurusan ini, kamu akan mempelajari teknik pendinginan dan mengatur suhu udara pada suatu benda atau ruangan. Ini tentu saja memberikan keuntungan beragam industri khususnya di Indonesia yang beriklim tropis.

12. Teknik Sipil

Teknik sipil di Politeknik Negeri Bandung mempunyai kualitas yang tidak perlu diragukan lagi. Hal tersebut ditunjukkan dengan akreditasi yang bagus untuk semua program gelar di tingkat D4. Dan lulusan Teknik Sipil diharapkan memiliki perencanaan, gambar, pengawasan, dan pelaksanaan tugas sipil yang baik.

Untuk memberikan dukungan studi itu, jurusan Teknik Sipil menyediakan beragam fasilitas seperti 10 laboratorium yang bisa di pakai untuk pelatihan langsung.

Demikianlah pembahasan yang dapat kami berikan mengenai biaya kuliah POLBAN (Politeknik Negeri Bandung) tahun 2022/2023 jalur pendaftaran SMBTN dan Mandiri. Semoga pembahasan kali ini berguna bagi kamu yang mencari informasi mengenai biaya tersehut atau pun calon mahasiswa yang ingin kuliah di POLBAN.

Tinggalkan komentar