Gaji Masinis Kereta Api Tahun 2022 Beserta Tunjangannya

Satupersen.co.id – Hayoo siapa yang sewaktu kecilnya bercita-cita ingin menjadi masinis? Memang berprofesi menjadi seorang masinis merupakan impian bagi banyak orang. Terbukti yang melamar di PT KAI mencapai ribuan pelamar pada saat rekrutmen. Hasilnya tidak seluruhnya pelamar dapat menjadi masinis dan mempunyai kualitas yang unggul. Gaji seorang masinis kereta api terbilang besar, tentunya sesuai dengan pekerjaan yang dijalaninya.

Masinis yakni bertanggungjawab dalam mempercepat, memperlambat, menghentikan kereta api, menyimak semboyan, mematuhi sinyal kereta api hingga dapat disebut masinis adalah kepala dari suatu perjalanan.

Sebagai perusahaan kolonial, sebagian besar perkeretaapian di Indonesia mempunyai dua tujuan yaitu satu strategis dan satu ekonomi. Walaupun sebenarnya, persyaratan hibah NIS itu salah satunya membuat rel kereta api ke Ambarawa, tempat berdirinya benteng bernama Willem I (mengikuti nama Raja Belanda).

Jalur kereta api nasional pertama di buat melalui pegunungan di Jawa bagian Selatan, terkecuali wilayah dataran di Jawa Utara, sebagai bentul alasan strategis yang sama. Jalur kereta api nasional di Jawa menghubungkan Anyer (jalur barat) dengan Banyuwangi (jalur timur).

Sejarah Singkat PT Kereta Api Indonesia

Sejarah pt kai

Sejarah perkeretaapian di wilayah Indonesia ini sudah diawali saat jalur kereta api pertama di buka di desa Kemijen oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda.

Pembangunan di laksanakan oleh perusahaan swasta NV. NISM dengan ukuran 1435 mm. Dam di akhir tahun 1928, panjang rel dan trem di Indonesia ialah 7.464 km, dengan angka untuk kereta api negara 4.089 km dan kereta api swasta 3.375 km.

Kemudian pada tahun 1942, pemerintahan Hindia Belanda menyerah tanpa syarat kepada Jepang. Pada masa pendudukan Jepang, operasi perkeretaapian di utamakan untuk kebutuhan perang saja.

Salah satu jenis perubahan jaman Jepang ialah penyeberangan Muaro-Pekanbaru dan Saketi-Bayah pada suatu pengiriman jenis hasil tambang batubara untuk menjalankan mesin perang.

Namun, Jepang membedah rel sejauh 473 km, yang diangkut ke Burma untuk membuat rel di sana. Setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945, beberapa hari kemudian stasiun kereta api dan markas besar pendudukan Jepang di tempati.

Puncaknya adalah pada pengambilalihan Kantor Pusat Kereta Api Bandung pada tanggal 28 September 1945 (saat ini diperingati sebagai Hari Kereta Api Indonesia).

Hal tersebut sekaligus menandakan berdirinya Djawatan Kereta Api Republik Indonesia (DKARI). Kemudian saat Belanda kembali lagi ke Indonesia di tahun 1946, Belanda membenahi perkeretaapian di Indonesia.

Karena persetujuan damai pada Konferensi Meja Bundar (KMB) pada Desember 1949, pemerintahan Hindia Belanda menggantikan aset tersebut. Dialihkan dalam penggabungan antara DKARI dan SS/VS menjadi Djawatan Kereta Api (DKA) pada tahun 1950.

Pada 25 Mei, DKA beralih menjadi PNKA (Perusahaan Kereta Api Negara). Tahun itu, simbol Sarana Daya Pertiwi dikenalkan sebagai wakil alih bentuk perkeretaapian Indonesia.

Sebagai transportasi unggulan, untuk merealisasikan kesejahteraan bangsa. Dan pada tahun 1971 pemerintah mengganti susunan PNKA menjadi Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA).

Untuk meningkatkan layanan transportasi, PJKA berganti wujud menjadi Perusahaan Umum Kereta Api (Perumka) pada tahun 1991. Perumka terlahir di Perusahaan Terbatas, PT. Perkeretaapian Indonesia (Persero) pada tahun 1998.

Gaji Masinis Kereta Api Perbulannya

Gaji masinis kereta api

Bekerja di BUMN (Badan Usaha Milik Negara) pasti mengundang perhatian beberapa pencari pekerjaan, apa pun bidang ilmunya. Tidak kecuali lowongan di PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Bagaimana tidak, ada banyak sekali jenis pekerjaan yang tersedia di KAI yang menawarkan gaji menjanjikan. Selain tunjangan dan gaji, bekerja di KAI akan menjadi pegawai negeri sipil (PNS).

Oleh karena itu, tidaklah aneh jika perusahaan ini benar-benar disukai oleh para pencari kerja. Lulusan baru dan profesional dapat bergabung dengan KAI karena rekam jejak perusahaan dan gaji yang di janjikan.

Faktanya, penghasilan yang ditawarkan untuk posisi tertentu di BUMN yakni terdapat gaji yang terbilang fantastis. Salah satunya di Persero (PT Kereta Api Indonesia). Pencari kerja kerap mencari lowongan di perusahaan milik negara di bagian transportasi.

KAI menawarkan gaji antara Rp. 3.000.000 sampai Rp. 5.000.000 perbulan, dan belum termasuk beberapa tunjangan lain seperti tunjangan kinerja, transportasi pasangan dan anak.

Bahkan juga KAI menawarkan gaji sebesar kurang lebih Rp. 13.000.000 untuk posisi masinis. Dan untuk tingkat manajemen sampai manajer senior, gajinya sekitar antara Rp. 18.000.000 sampai nyaris Rp 30.000.000. Sangat menggiurkan bukan?

Baca Juga: Gaji Magang Bakti BCA 2022 Beserta Benefit dan Syarat Daftarnya

Tunjangan Masinis Kereta Api

Tunjangan masinis

Gaji Rp. 12.000.000 itu telah termasuk gaji pokok dan tunjangan yang diterima oleh seorang masinis. Besaran gaji ini tergantung pada tingkat pendidikan dan tunjangan yang di terima.

Posisi sebagai masinis PT KAI terbuka untuk lulusan perguruan tinggi sampai diploma. Gaji pokoknya berkisar antara Rp. 8.000.000 – Rp. 10.000.000 setiap bulannya. Selain gaji pokok, terdapat pula tunjangan anak dan istri sebesar 10% dari keseluruhan gaji pokok perorang, yang maksimal menanggung 3 orang anak.

Tunjangan kerja yang di terima mulai dari Rp. 200.000 sampai Rp. 600.000. Manfaat utama untuk posisi ini tergantung pada tingkat pendidikan dan masa kerja. Selain itu, terdapat pula tunjangan perjalanan dinas sebesar Rp. 375.000.

Menjadi masinin harus juga menghadapi resiko kerja yang tinggi, karena keselamatan orang dipertaruhkan. Maka dari itu, insinyur memperoleh tunjangan resiko khusus sekitar Rp. 1.000.000 perbulan.

Dan tunjangan lainnya yang di terima masinis ialah tunjangan kerja struktural, bonus badan KAI tergantung tunjangan tempat tinggal, kedudukan, kesehatan, transportasi, kinerja dan liburan.

Banyaknya keuntungan yang di tawarkan tersebut membuat profesi ini menjadi incaran banyak orang.

Syarat Menjadi Masinis PT KAI

Syarat masinis kai

PT Kereta Api Indonesia (Persero) (disingkat KAI atau PT KAI) ialah sebuah perusahaan milik negara Indonesia yang menyediakan layanan transportasi kereta api.

Jasa PT KAI mencakup angkutan barang dan orang. Pada akhir Maret 2007, DPR memerintah revisi Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1992, Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007.

Hal tersebut memperjelas jika investor swasta dan pemda di beri peluang untuk mengurus layanan transportasi kereta api di Indonesia.

Dengan begitu, undang-undang itu secara hukum mengakhiri monopoli PT KAI atas penyelenggaraan perkeretaapian di Indonesia.

Untuk kamu yang berminat ingin menjadi Masinis PT KAI, syaratnya tidak begitu susah. Bahkan sebenarnya tingkat pendidikan yang di perlukan tidak begitu tinggi.

Maka tidak heran jika profesi tersebut benar-benar disukai. Mengutip website resmi KAI, persyaratan yang harus di penuhi untuk menjadi masinis PT KAI ialah sebagai berikut:

  • WNI (Warga Negara Indonesia).
  • Pria.
  • Dalam pendidikan tingkat diploma, usia minimal adalah 20 tahun dan usia maksimal adalah 30 tahun.
  • Untuk tingkat perguruan tinggi, usia minimal 18 tahun dan maksimal 25 tahun.
  • Sehat jasmani dan rohani (dinyatakan dalam kondisi fisik dan mental yang baik).
  • Bebas narkoba.
  • Terdidik dengan baik.
  • Tidak ada tindikan.
  • Tidak ada hubungan suami istri dengan karyawan PT KAI.
  • Siap di tempatkan di mana saja di seluruh wilayah Indonesia.

Demikianlah pembahasan yang dapat kami berikan mengenai gaji Masinis Kereta Api perbulannya tahun 2022 serta tunjangan dan informasi lainnya yang terkait. Semoga pembahasan kalinini dapat berguna bagi kamu terutama yang berkeinginan mendaftarkan diri menjadi masinis PT KAI.

Tinggalkan komentar