Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud

Satupersen.co.id – Pernahkah kamu merasa memiliki keinginan dan ingin cepat dikabulkan oleh Allah? Banyak cara agar keinginan kita segera di kabulkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala, karena sebenarnya banyak waktu yang mustajab untuk berdoa. Namun ada ibadah sunnah yang bisa kamu amalkan untuk berdoa memohon atas keinginan kamu, baik itu memohon atas keperluan sesuatu, memohon agar masalah yang di hadapi segera selesai, ataupun permohonan lainnya demi kebaikan dunia dan akhirat. Ibadah sunnah yang di maksud yakni sholat sunnah tahajud dan doa sholat tahajud, yang biasa di lakukan saat keadaan hening waktu pada saat ketika orang tertidur pulas.

Pengertian Sholat Tahajud

Sholat tahajud adalah ibadah sunnah yang dikerjakan di malam hari (dalam kurun waktu setelah selesai sholat isya hingga menjelang subuh) dan setelah bangun tidur. Hal tersebut sesuai dengan arti dalam kata “tahajjada” yakni “bangun dari tidur”, jadi dilaksanakan setelah bangun dari tidur, meskipun sebentar. Sholat tahajud bisa dikerjakan paling sedikit 2 rakaat hingga tidak terbatas jumlahnya dengan 2 rakaat sekali salam kemudian di tutup dengan witir. Waktu yang paling utama mengerjakan tahajud yaitu diwaktu-waktu sepertiga malam. Sebagai mana tertuang dalam Al-Quran Surat Al-Isra ayat 79, yang artinya:

“Pada sebagian malam, hendaklah kau bertahajud sebagai tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke derajat terpuji,” (Surat Al-Isra ayat 79).

Waktu tersebut merupakan waktu mustajab untuk berdoa, sebagaimana janji Allah Subhanahu wa ta’ala akan mengabulkan doa di waktu tersebut. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi Muhammas Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ: مَنْ يَدْعُونِي، فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِي فَأُعْطِيَهُ، مَنْ يَسْتَغْفِرُنِي فَأَغْفِرَ لَهُ

Trending :  7 Aplikasi Belajar Bahasa Arab Terbaik + Link Download

“Allah Subhanahu wa ta’ala turun ke langit dunia setiap malam, ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Kemudian Allah berfirman: Siapa yang berdoa kepada-Ku akan Aku ijabahi doanya, siapa yang meminta-Ku akan Aku beri dia, dan siapa yang minta ampunan kepada-Ku akan Aku ampuni dia.” (HR Bukhari nomor 1145, Muslim 758, Abu Dawud 1315, dan yang lainnya).

Do’a Setelah Sholat Tahajud

Sebenarnya berdoa tidak di haruskan menggunakan Bahasa Arab, melainkan bisa menggunakan Bahasa Indonesia atau bahasa lainnya yang mudah di pahami. Akan tetapi alangkah lebih baik dan lebih afdhol jika menggunakan Bahasa Arab sesuai dengan tuntunan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Berdasarkan hadits riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah membaca dzikir dan doa sesudah sholat tahajud dengan bacaan, sebagai berikut:

Doa Arab

اَللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Allâhumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna, Wa lakal hamdu anta nûrus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna, Wa lakal hamdu antal haq, Wa wa’dukal haq, Wa liqâ’uka haq, Wa qauluka haq, Wal jannatu haq. Wan nâru haq. Wan nabiyyûna haq. Wa Muhammadun shallallâhu alaihi wasallama haq. Was sâ’atu haq. Allâhumma laka aslamtu. Wa bika âmantu, Wa alaika tawakkaltu, Wa ilaika anabtu, Wa bika khâshamtu, Wa ilaika hâkamtu. Fagfirlî mâ qaddamtu, wa mâ akhkhartu, wa mâ asrartu, wa mâ a’lantu, wa mâ anta a’lamu bihi minnî. Antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru. Lâ ilâha illâ anta. Wa lâ haula, wa lâ quwwata illâ billâh.

Trending :  5 Aplikasi Belajar Tajwid Terlengkap di Android + Link Download

Artinya:

Artinya, “Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya, Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar. Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah.

Untuk lebih mempermudah dalam menghafalkan doa dan dzikir setelah sholat tahajud, kamu bisa mendownload secara gratis aplikasi doa setelah sholat tahajud di smartphoe kamu. Salah satunya seperti aplikasi Doa Setelah Sholat Tahajud yang dikembangkan oleh New App Barokah dengan minimal Android versi OS 4.0.3 atau yang lebih baru untuk mendownloadnya. Dalam aplikasi ini selain menyediakan doa setelah sholat tahajud, juga menyediakan doa-doa lainnya seperti bacaan wirid dan dzikir, doa sholat witir, doa sholat hajat dan masih banyak doa-doa lainnya. Selain aplikasi ini, banyak aplikasi serupa yang tersedia di google Playstore yang bisa dengan praktis kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan kamu dalam beribadah.