5 Cara Membuat Screenshot iPhone

Satupersen.co.id –  bagaimana cara membuat screenshot di iPhone? Mungkin ini juga yang membuat Anda penasaran. Namun Anda nggak perlu khawatir karena di artikel kali ini akan membahasnya secara jelas. iPhone merupakan perangkat canggih yang mempunyai banyak keunggulan. Bukan hanya pada fitur utama seperti kamera atau jeroan perangkat yang keren, menu tambahannya pun tidak kalah.

Jika menggunakan HP biasa, kamu bakal mengalami masalah saat mengambil tangkapan layar, tidak dengan gawai satu ini. Setidaknya ada 5 cara membuat screenshot iPhone. Pada smartphone biasa, tangkapan layar sangat terbatas dan tidak bisa digunakan pada objek panjang. Sedangkan dengan iPhone bisa sehingga tidak perlu memutus gambar dan menyambungnya secara manual. Cara kedua ini beresiko kurang detail atau ada bagian yang tidak tertangkap.

Cara Membuat Screenshot iPhone

Setiap perangkat mempunyai spesifikasi untuk membuat menyimpan gambar. Bagi pengguna smartphone berbasis iOS ini mempunyai banyak cara yang simpel. Kamu bisa mempraktekkannya dengan mudah.

Langsung dengan perangkat

Untuk melakukan tangkapan layar, tergantung dari tipe perangkat. Namun secara umum yang dapat dilakukan adalah dengan menekan dan menahan tombol volume up dan power secara bersamaan.

Dengan demikian dapat membuat screenshot sesuai gambar yang ada pada layar. Sedangkan untuk perangkat seri tertentu yang tidak dapat menggunakan cara di atas, bisa mencoba dengan menekan tombol power dan home bersamaan. Jika dua cara tersebut belum berhasil atau dirasa kurang nyaman, bisa dengan mengaktifkan pengaturan pada Assistive Touch.

Menggunakan fitur pratinjau

Dalam perangkat terdapat menu untuk melihat pratinjau sebelum tangkapan layar dilakukan. Anda bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan gambar yang diinginkan. Posisinya berada di bagian bawah perangkat.

Trending :  Panduan Cara Mudah Melakukan Kalibrasi Baterai iPhone

Cara membuat screenshot iPhone ini dengan menekan menu tersebut dalam waktu yang cukup. Kemudian pilih pengaturan dan pengeditan. Ada dua opsi yang dapat digunakan menangkap layar secara sebagian atau parsi dan penuh.

Face ID

Untuk mendapatkan tangkapan layar menggunakan menu ini sama mudahnya. Pertama yang harus dilakukan adalah menekan tombol samping dan volume naik bersama. Lalu segera lepaskan. Pada layar akan muncul gambar mini. Posisinya berada di bagian kiri bawah. Ketuk untuk membukanya. Sedangkan jika ingin menutup, cukup dengan menggeser ke kiri.

Untuk model iPhone dengan Touch ID dan tombol samping

Cara untuk mendapatkan gambar layar adalah dengan menekan tombol samping dan utama bersamaan. Setelah itu, lepaskan secepatnya. Gambar mini akan muncul. Seperti pada cara sebelumnya, ketuk untuk membuka dan geser ke kiri jika ingin menutupnya.

Model dengan Touch ID dan tombol atas

Berikut ini caranya juga sama mudahnya. Untuk mendapatkan tangkapan layar cukup dengan menekan tombol atas dan utama secara bersamaan sehingga muncul tangkapan gambar berukuran kecil. Selanjutnya bisa menggesernya untuk mematikan. Cara membuat screenshot iPhone sangat mudah hanya dengan memanfaatkan tombol yang tersedia atau menu lain. Pilihan caranya tergantung dari tipe perangkat sehingga satu dan lainnya belum tentu sama.