Biaya Kuliah Telkom University (Tel-U) TA 2023/2024

Satupersen.co.id – Pelajar yang akan menghadapi kelulusan pasti segera mempersiapkan diri untuk melanjutkan studi di PTN maupun PTS. Tidak kalah dengan PTN, kini sudah banyak PTS yang kualitasnya sudah baik. Seperti Universitas Telkom yang juga menjadi incaran bagi sebagian calon mahasiswa baru. Namun apakah kamu sudah mengetahui berapa biaya kuliah di Univetsitas Telkom tersebut?

Universitas Telkom membuka beberapa jalur masuk yang dapat di pilih oleh calon mahasiswa.

Universitas yang awalannya bernama STT Telkom ini selalu mengalami perberkembangan sampai akhirnya berganti nama menjadi Universitas Telkom di tahun 2014 dan telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi).

Universitas Telekom senriri memiliki suatu sistem pendidikan yang berfokus pada riset dan pendidikan berbasiskan Information and Communication Technology (ICT) di bagian bisnis, industri kreatif, dan teknik.

Pencapaian atau prestasi lainnya dari kampus ini ialah mendapatkan penghargaan hingga menjadikan salah satu universitas terbaik di Indonesia yakni bintang 5 dari QS Star pada tahun 2017 untuk kategori pendidikan, pengembangan, inovasi, kelayakan kerja, dan inklusivitas.

Namun sbelum membahas mengenai biaya kuliah secara rinci, pastikan kamu memahami kampus ini lebih dalam lagi. Oleh karena itu, silahkan simak pembahasan berikut ini.

Tentang Telkom University

Tentang telkom university

Universitas Telkom atau Telkom University merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia. Kampus utamanya berlokasi di Kabupaten Bandung, persisnya di Jalan Telekomunikasi.

Telkom University atau populer dengan singkatan Tel-U, mempunyai kampus lainnya yang berlokasi di Bandung utara, wilayah Gegerkalong Hulu, di PT. Telekom (Pusat Inovasi dan Pengembangan Telkom dan Telekom Corporate University atau Pusat Pelatihan Telekom).

Telkom University di bangun pada tanggal 14 Agustus 2013 dan sebagai penggabungan dari 4 lembaga yang ada pada badan pengurus Yayasan Pendidikan Telkom (YPT).

Lembaga tersebut diantaranya ialah Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), dan Desain Telkom Indonesia (STISI Telkom), Politeknik Telkom dan Sekolah Tinggi Seni Rupa.

Universitas ini juga memiliki peluang atau langkah registrasi seperti universitas lainnya. Dan menetapkan biaya kuliah seperti di bawah ini.

Biaya kuliah Telkom University

Biaya kuliah telkom

Telkom University Bandung memiliki beberapa penyeleksian jalur masuk, yang mengakibatkan biaya yang lain tergantung pada program studinya.

Ada banyak elemen biaya kuliah di Telekom University Bandung, yakni sebagai berikut:

  • BPP (Biaya Penyelenggaraan Pendidikan)
  • Sumbangan SDP2 (Sumbangan Dana Pengembangan Pendidikan Reguler)
  • Dana Pengembangan UP3 (Uang Partisipasi Penyelenggaraan Pendidikan)

Biaya pendidikan BPP harus dibayarkan oleh mahasiswq tiap semesternya. Dan UP3 dan SDP2 di bayar hanya sekali pada awal perkuliahan.

Sekedar informasi, dana SDP2 dan BPP akan dibalikkan kepada calon mahasiswa yang putus sekolah karena masuk PTN dengan lewat jalur SBMPTN dan SNMPTN. Tetapi, untuk biaya UP3 tidak bisa dikembalikan.

Berikut perincian biaya kuliah di Telkom University Bandung, dilansir dari resmi penyeleksian mahasiswa tahun awal:

1. Biaya Kuliah Jalur Seleksi Reguler

  • Jalur BPP Reguler : Rp. 8.000.000 – Rp. 18.000.000
  • Seleksi Reguler UP3 : Rp. 8.000.000 – Rp. 20.000.000
  • Jalur Seleksi Reguler SDP2 : Rp. 4.000.000 – Rp. 38.000.000

2. Biaya Kuliah Jalur Kelas Internasional

Jalur Kelas Internasional : Rp. 18.000.000 – Rp. 20.000.000.

3. Biaya Kuliah Jalur Undangan Seleksi Mitra (USM)

  • Jalur Seleksi USM SDP2 : Rp. 15.000.000 – Rp. 38.000.000
  • Jalur Seleksi BPP USM : Rp. 8.000.000 – Rp. 18.000.000
  • Jalur Seleksi USM UP3 : Rp. 8.000.000 – Rp. 20.000.000

Bisa berkuliah di kampus impian tentu menjadi idaman bagi setiap orang. Namun sayang, permasalahan biaya sering menjadi penghalang orang untuk kuliah di universitas favoritnya.

Maka dari itu, sekarang sudah menawarkan sebuah solusi untuk masyarakat Indonesia yang ingin meneruskan studinya ke perguruan tinggi tetapi tidak mempunyai cukup uang untuk bayar semua biaya kuliah secara langsung.

Yakni salah satunya melalui beasiswa olej Finteach, yang mana nantinya kamu dapat mengirit dana mulai dari Rp. 200.000 sampai Rp. 300.000.000 yang dapat di pakai untuk biaya kuliah, biaya semester dan yang lainnya.

Suku bunga ialah suku bunga rata-rata dari 0% sampai 2% per bulan dengan periode waktu angsuran sampai 24 bulan.

Fakultas Telkom University

Fakultas di telkom

Telkom University terdapat 5 jurusan terbaik yang dapat di pilih sesuai dengan minat dan ketertarikan. Berikut beberapa jurusannya:

1. Teknik Elektro – Fakultas Teknik Elektro

Teknik elektro di Telekom University memiliki 3 bidang studi yaitu teknik kendali/sistem kontrol, studi teknik elektronika dan teknik biomedis. Dan tiap fokus belajarnya berbeda.

Dalam teknik biomedis, seperti elektronik intrik komponen elektronik, studi instrumen elektronik di bidang biomedis, dan teknologi kontrol sistem otomasi dan robot.

2. Manajemen Bisnis Telekomunikasi Informatika – Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Pelatihan yang cuma di berikan di Telekom University ini memberikan pengetahuan yang lebih dalam mengenai manajemen perusahaan berbasiskan ICT.

Di tengah-tengah cepatnya perubahan industri digital, ilmu ini tentu saja berkaitan untuk kamu sekarang ini buat menghadapi dunia kerja.

3. Teknik Telekomunikasi – Fakultas Teknik Elektro

Program pada suatu gelar yaitu Teknik Telekomunikasi sebagai salah satunya program gelar teknik ini yaitu sangat terkenal di Indonesia.

Mata kuliah Teknologi Telekomunikasi di Telekom University sudah terakreditasi, sebagai mata kuliah dengan tingkat ketegangan paling tinggi di universitas ini.

Teknologi telekomunikasi di Telekom University dipisah menjadi 3 bidanh studi, yaitu Signal, Jaringan, dan Transmisi.

4. Teknik Informatika – Fakultas Informatika

Sebagai salah satu program studi paling tua di Telekom Universuty, sudah menjadi bagian dari Fakultas Informatika Universitas Telekom Telekom (STT Telekom) sejak 1993, yang selanjutnya berganti nama menjadi Institut Teknologi Telekom (IT Telekom).

Dalam program riset ini ada istilah kelompok ahli yang terpusat dan meliputi tenaga pendidik yang mempunyai kompetensi dan keahlian dalam bidang keilmuan tertentu. Kelompok kompetensi tersebut antara lain ICM (Intelligence, Computing and Multimedia), Telematics, dan SIDE (System Information and Data Enggineering).

5. Teknik Industri – Fakultas Eksperimen Industri

Salah satu jurusan populer di Universitas Telekom ialah jurusan Teknik Industri. Di universitas lain, konsentrasi mata kuliah teknik industri lebih ke industri manufaktur, tetapi berbeda dengan di Telekom University.

Di kampus ini, mata kuliah teknik industri benar-benar berfokus pada industri jasa. Menurut Ario Adimas, VP Pemasaran Go-Jek dan lulusan Teknik Industri Telekom tahun 2006, ini menjadi point utama dalam perubahan industri digital yang sekarang dikuasai oleh bidang jasa.

Jika sudah memilih jurusan yanh diinginkan, kamu bisa memilih asrama untuk tempat tinggal. Banyak informasi mengenai guest house, apartemen atau rumah yang ingin kamu sewa, kamu tinggal memilih sesuai kebutuhan.

Demikianlah pembahasan yang dapat kami berikan mengenai biaya kuliah Telkom University Tahun 2023/2024 jalur USM dan informasi lainnya. Semoga pembahasan kali ini berguna bagi kamu yang mencari informasi mengenai biaya tersehut atau pun calon mahasiswa yang ingin kuliah di Telkom University.

Tinggalkan komentar