Biaya Kuliah UMRI Terbaru Tahun Akademik 2022/2023

Satupersen.co.id – Universitas UMRI (Muhammadiyah Riau) saat ini sudah berkembang begitu cepat dalam waktu kurang dari 10 tahun, terlihat perkembangannya dari sisi pendidikan dan kualitas infrastrukturnya. Bagi yang ingin melanjutkan studinya di UMRI pasti menyiapkan segala sesuatunya, termasuk biaya jika kuliah di UMRI.

UMRI yaitu sangat memprioritaskan terhadap kepercayaan masyarakat. Terdapat 8 fakultas di 2 kampus yang berbeda, UMRI sangat siap untuk mendidik dan menciptakan lulusan mahasiswa yang paling berkualitas.

Sebelum membahas mengenai besaran biaya kuliah di UMRI Pekanbaru. Pastikan kamu mengetau informasi mengenai kampus ini lebih banyak lagi. Oleh karena itu, silahkan simak pembahasan berikut ini.

UMRI (Universitas Muhammadiyah Riau)

Biaya kuliah Umri

Universitas Muhammadiyah Riau atau singkatannya adalah UMRI merupakan universitas swasta yang berada di Riau, wilayah Indonesia. Kampus yang pertama berada di Jalan Tuanku Tambusai dan kampus yang kedua berada di Jalan K.H Ahmad Dahlan No. 88 Sukajadi.

UMRI Merupakan salah satu kampus favorit bagi calon mahasiswa yang berasal dari daerah Riau. Universitas tersebut berdiri di tanggal 05 Juli 2008.

Di dalam Universitas tersebut terdapat berbagai program studi yang populer dan jenis jurusan di beberapa jenis fakultas yang ada.

Uang Registrasi Pendaftaran Rp. 350.000, Kartu Mahasiswa Rp. 100.000, Tes Kesehatan Rp. 150.000, PKKMB dan Almamater Rp. 300.000. Dan biaya kuliahnya berkisar Rp 3.000.000 per semester atau untuk lebih rincinya bisa kunjungi laman atau website resmi UMRI.

UMRI merupakan kampus yang selalu mengikuti perkembangan zaman atau bisa disebut kampus modern yang didalamnya terdapat disiplin ilmu. UMRI telah mengaplikasikan model pendidikan atas permintaan para pemangku kepentingan.

Terdapat sistem pendidikan seperti sudah mengaplikasikan SCL (Student Centered Learning) dengan kurikulum yang mempunyai tujuan supaya para mahasiswa menjadi mahasiswa yang praktisi dan pemikir di bidangnya.

Sejarah UMRI

Sejarah umri

Muhammadiyah sebagai pilar bangsa yang mempunyai kemauan tinggi untuk merealisasikan masyarakan yang adil dan makmur berdasarkan pada Pancasila dan UUD 1945 yang diridhai Allah.

Peranan Muhammadiyah di dunia pendidikan nasional dapat di lihat dengan berdirinya lembaga pendidikan mulai dari pendidikan pra sekolah sampai perguruan tinggi.

Dengan keloyalitasan dan kesadaran yang besar, Persyarikatan Muhammadiyah Daerah Riau telah membangun Akademi Teknologi Otomotif (ATOM) pada 23 Juli 1993, yang diikuti ditanggal 17 Juli 1994.

Telah di dirikan jenis fakultas AKPER (Akademi Keperawatan Muhammadiyah), lalu pada tanggal 5 November 1998 berdirilah Akademi Perbankan dan Keuangan Muhammadiyah (AKPM) di Jalan KH. Ahmad Dahlan No.88 Sukajadi, di daerah Pekanbaru.

Dengan adanya 3 akademi tersebut, Kepala Wilayah Muhammadiyah Riau terus memiliki cita-cita menjadikan perguruan tinggi, dengan keinginan dapat terus membuat peningkatan terhadap amal usaha pendidikan.

Salah satunya sebaga pilar pendakwah Amar Ma’ruf Nahi Munkar cukup melalui pendidikan, terutama di daerah Provinsi Riau.

UMRI (Universitas Muhammadiyah Riau) memiliki sebuah ruangan kuliah di dua kampus berbeda, yang di dalamnya terdapat 8 fakultas,, 26 program studi, dan proses pembelarannya yang  di dukung oleh laboratorium dan perlengkapan yang memberikan dukungan proses belajar mengajarkan yang berkualitas tinggi.

Sekarang Universitas Muhammadiyah Riau akreditasnya adalah “B”. Universitas Muhammadiyah Riau menjamin menjadikan mahasiswanya lulusan yang terbaik dan bermartabat.

Selain bagian dari Amal Muhammadiyah, didalamnya UMRI telah mengembangkan kurikulum yang berdasarkan akidah Islamiyah Muhammadiyah. UMRI juga bisa mengikuti perkembangan zaman yang semakin pesat.

Terdapat sebuah tipe Universitas Muhammadiyah Riau yang memiliki sistem informasi yang terkait untuk memberikan dukungan pada proses pengelolaan informasi yang cepat dan nampak nyata.

VISI dan MISI UMRI

Prinsip yang di miliki UMRI didasari pada Al-Quran, As-Sunnah, Pancasila dan UUD 1945. Adapun maksud dan tujuannya adalah menjadikan sarjanan mahasiswa yang bertakwa dan memiliki iman.

Mereka yang bermartabat harus mempunyai kemampuan akademik dan profesional dan melakukan perbuatan yang tujuannya untuk terbentuknya masyarakat yang paling utama, makmur, adil, dan di ridhai Allah SWT.

Membangun, menciptakan, mengembangkan, dan menyebar luaskan teknologi, ilmu pengetahuan, dan seni dalam rencana untuk memajukan Islam dan dapat meningkatkan kesejahteraan umat manusia.

Visi Universitas Muhammadiyah Riau adalah menjadikan perguruan tinggi yang pantas dan bermartabat serta dapat menciptakan sumber daya manusia yang telah mendalami ilmu dan pengetahuan dan teknologi berbasis IMTAQ di tahun 2030.

Misi Universitas Muhammadiyah Riau adalah dapat merealisasikan jenis keunggulan seperi dalam pengajaran, pendidikan, penelitian, dedikasi atau pengabdian ke masyarakatn dan Al-Islam Kemuhammadyahan.

Dapat menguasai dan menyelenggarakan sebuah pengajaran, penelitian, dedikasi dan pengabdian ke masyarakat yang mempunyai etika, nilai, dan moral Islam.

Membuat iklim bisa kondusif untuk tumbuh dan dalam mengembangkan budaya mutu, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan terlaksananya ketakwaan dan keimanan.

Baca Juga: Biaya Kuliah Universitas Gunadarma 2023/2024 Semua Jurusan

Fakultas dan Jurusan Biaya Kuliah UMRI

Fakultas umrik

Berikut merupakan beberapa jurusan dan fakultas yang berada di Universitas UMRI Pekanbaru, antara lain :

1. Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMRI merupakan jenis lembaga akademis yang dapat menghasilkan lulusan mahasiswa yang mampu bekerja di beberapa sektor bisnis, baik di perusahaan pemerintahan ataupun swasta.

Mahasiswa diajarkan untuk dapat berpikir secara kritis dan paham dalam legiatan ekonomi kontemporer dan aplikasinya. Sarjana Ekonomi UMRI professional dan mengusai dalam bidang ekonomi dan administrasi bisnis yang mendasar pada IMTAQ.

2. Fakultas Studi Islam

UMRI telah memiliki jenis fakultas yang baru pada bulan Juni tahun 2017, yaitu Fakultas Agama Islam. Di dalamnya terdapat jurusan Psikologi Islam dan Perbankan Syariah.

Pendidikan Psikologi Islam yaitu sangat di butuhkan dalam membentuk karakter sebagai manusia. Dan Perbankan Syariah penting sekali untuk pembangunan di Indonesia. Adapun maksud dan tujuan UMRI adalah supaya fakultas tersebut memperoleh akreditasi B.

3. Fakultas Ilmu Komunikasi

Tujian dari adanya fakultas Ilmu Komunikasi UMRI yaitu untuk dapat menghasilkan lulusan mahasiswa yang sudah dibekali kemampuan akademis dan profesional di bagian komunikasi.

Lulusan mahasiwa tersebut siap menjunjung tinggi budaya Melayu dan nilai-nilai Islam. Fikom UMRI bisa memberi pendidikan yang efektif, berkualitas, dan efisien yang telah sesuai di butuhkan oleh masyakarat.

4. Fakultas Teknik

Awalnya Fakultas Teknik UMRI yaitu ATOM (Sekolah tinggi Teknologi Otomotif Muhammadiyah). Dari tahun 1993-2008 cuma ada satu jurusan di dalamnya adalah teknik otomotif.

Dengan berkembang zaman modern saat ini, Fakultas Teknik UMRI sekarang telah memiliki tiga program studi yang di dalamnya terdapat tenaga pendidik atau pengajar yang professional dan fasilitas dan prasarana yang paling berkualitas.

5. Fakultas MIPA dan Kesehatan

Fakultas MIPA UMRI tercipta dari penggabungan antara fakultas Fisika, Kimia, Biologi dan Matematika. Sebelumnya fakultas ini hanya di ketahui oleh masyarakat Riau sebagai Program D3 Keperawatan Akademi Keperawatan Muhammadiyah.

Dengan berpindahnya Akper ke fakultas tersebut telah menjadikan lembaga yang progresif dan efektif untuk masyarakat. Ini ialah jurusan yang paling bagus.

6. Fakultas Ilmu Komputer

Fakultas Ilmu Komputer tepat seperti berdirinya UMRI di tahun 2008. Kampus ini telah menyiapkan lulusan mahasiswa yang mempunyai pengetahuan ilmu komputer dan teknologi yang berkualitas.

Kurikulum telah di rancang dan menyeimbangkan baik antara pembelajaran teoritis serta praktis. Dengan begitu, semua lulusan mahasiswa akan siap untuk dapat memulai karir di dunia profesional.

7. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

FKIP (Fakultas Pengetahuan Keguruan dan Ilmu Pendidikan) dengan 2 program studi baru di UMRI. Tetapi, jumlah mahasiswanya semakin meningkat tiap tahun.

Bahkan juga, mata kuliah Pedagogi Ilmu Komputer di FKIP UMRI sebagai salah satu mata kuliah yang di tawarkan oleh salah satu perguruan tinggi yang berada di propinsi daerah Riau.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan dalam artikel ini mengenai biaya kuliah UMRI Pekanbaru, sejarah UMRI, visi dan misi UMRI, fakultas dan jurusan UMRI. Semoga penjelasan tersebut dapat bermanfaat dan membantu kamu yang ingin mengetahui mengenai Universitas Muhammadiyah Riau. Dan bagi calon mahasiswa yang berkeinginan kuliah di kampus tersebut.

Tinggalkan komentar