Biaya Kuliah UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) TA 2022/2023

Satupersen.co.id – Bagi calon mahasiswa yang hendak masuk ke perguruan tinggi, pasti mencari banyak informasi mengenai kampus yang diinginkannya. Termasuk biaya kuliah di kampus tersebut. Seperti Universitas Pendidikan Indonesia atau dikenal sebutan UPI yang akan kita bahas dalam artikel ini. Calon mahasiswa ingin masuk ke kampus ini pasti mencari tahu berapa biaya kuliah di UPI.

Universitas selalu membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk tingkatan diploma, sarjana, dan pascasarjana tiap tahunnya. Oleh karena itu calon mahasiswa menyiapkan segala keperluan sebelum memasuki kampus impiannya. Tidak terkecuali menyiapkan biaya-biaya yang harus di keluarkan.

Tiap sistem pembayaran biaya kuliah di UPI mempunyai persamaan dan perbedaan tergantung pada jalur masuknya. Misalnya hanya terdapat biaya UKT (SPP Tunggal) yang di tanggung untuk biaya kuliah lewat jalur SBMPTN, SNMPTN, dan SM UPI Khusus Berprestasi. UKT ini hanya perlu di bayar tiap semester yang sudah di sesuaikan dengan penghasilan orangtua dari tiap mahasiswa.

Sementara biaya kuliah jalur seleksi mandiri UPI dikenakan beberapa biaya seperti Biaya Pendaftaran, Biaya Pengembangan Sarana dan Prasarana, Biaya Penyelenggaraan Pembelajaran, dan Dana Pengembangan Lembaga.

Sekilas Tentang UPI (Universitas Pendidikan Indonesia)

upi

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) didirikan pada tanggal 20 Oktober 1954 di Bandung, diresmikan oleh Menteri Pendidikan Pengajaran Mr. Muhammad Yamin. Semula bernama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG), didirikan dengan latar belakang sejarah pertumbuhan bangsa, yang menyadari bahwa upaya mendidik dan mencerdaskan bangsa merupakan bagian penting dalam mengisi kemerdekaan.

Sama seperti kampus lain, Universitas Pendidikan Indonesia UPI membuka pendafaran mahasiswa baru setiap tahunnya dan di tahun ajaran 2022/2023 ini lewat beberapa pilihan jalur masuk yakni SNMPTN, SBMPTN, seleksi Mandiri UPI Jalur Prestasi, dan seleksi Mandiri UPI.

Ada beberapa program gelar di UPI yang sudah terakreditasi dengan rangking A dari BAN PT. Dan bisa kamu pilih sesuai minat dan kecenderungan yang kamu inginkan.

UPI sudah mengumumkan besaran biaya kuliah yang perlu dibayarkan mahasiswa baru tahun ini. Biaya kuliah di UPI untuk mahasiswa baru jalur SNMPTN, SBMPTN dan SM UPI memperlihatkan tingkatan uang kuliah tunggal (UKT) yang terdiri jadi 8 kelompok.

Di halaman ini Anda akan mendapati semua info mengenai cara daftar mahasiswa baru di UPI tahun ajaran 2020/2021. Peserta yang sudah lulus ujian masuk UPI harus bayar SPP tiap semester selama masa studinya.

Dan biaya pendidikan yang berjalan untuk mahasiswa program UPI untuk seleksi Mandiri dan studi pascasarjana mencakup 4 pembiayaan, yakni biaya pendaftaran, biaya penataan sarana dan kualitas akademik, biaya kuliah, dan dana pengembangan kelembagaan.

Baca Juga: Biaya Kuliah UNISBA (Universitas Islam Bandung) TA 2022/2023

Jenis-jenis Jalur Masuk dan Biaya Kuliah di UPI (Universitas Pendidikan Indonesia)

biaya kuliah upi

Apabila kamu ingin menempuh pendidikan di perguruan tinggi, bukan hanya dapat menyaksikan serangkaian Perguruan Tinggi Negeri (PTN), banyak juga Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang kualitasnya terbilang baik.

Bila ingin kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), minimal harus lewat beberapa tingkatan, misalnya SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), dan jalur Mandiri.

Untuk lebih jelasnya lagi, kami akan memberikan rincian biaya kuliah di UPI tahun ajaran 2022/2023 seperti yang dikutip dari situs resminya. Simak beberapa jalur masuk UPI berikut ini:

1. Jalur SNMPTN, SBMPTN, dan SM UPI Khusus Prestasi

Masuk melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan SM UPI Khusus Prestasi memiliki biaya yang sama. Yang mana UKT nya di pisah menjadi 8 kelompok atau kategori dari Rp. 500.000 sampai Rp. 7.650.000, terkecuali program internasional dalam ilmu pendidikan yang bervariatif dari Rp. 500.000 sampai Rp. 8.190.000.

Besaran UKT yang perlu dibayar tiap semester oleh mahasiswa UPI yang lulus dengan SBMPTN, SNMPTN, dan SM-UPI prestasi tahun 2022/2023 di pisah menjadi tiga kategori yakni tinggi, sedang, dan rendah.

  • Kategori Tinggi (Rp. 500.000 – Rp. 7.650.000)

Dalam semua program studi di Fakultas MIPA kampus UPI Cibiru, Program Studi Teknologi Informasi, Program Studi Perawat di kampus UPI Sumedang, dan Program Studi Teknologi Telekomunikasi di kampus UPI Purwakarta.

  • Kategori Menengah (Rp. 500.000 – Rp. 6.330.000)

Berlaku di Fakultas Bahasa dan Sastra Didaktik, Fakultas Pendidikan Teknologi dan Pelatihan Kejuruan (FPTK) dan Fakultas Pendidikan Ekonomi Bisnis (FPEB) dan lainnya di kampus Tasikmalaya dan kampus UPI Serang.

  • Kategori Rendah: Rp. 500.000 – Rp. 5.650.000

Berlaku untuk beberapa fakultas yang mengadakan UKT kelompok berpendapatan paling rendah, misalkan dengan beberapa jurusan di Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS).

Untuk rincian lebih jelasnya, perhatikan tabel berikut yang menampilkan besaran biaya UKT Universitas Pendidikan Indonesia jalur SNMPTN dan SBMPTN tahun 2022.

biaya kuliah upi

upi

2. Jalur Seleksi Mandiri

Besaran SPP yang perlu di bayarkan oleh mahasiswa seleksi Mandiri lebih tinggi dibanding beberapa jalur masuk lainnya. Ada empat unsur biaya pendidikan yang terdapat dalam seleksi Mandiri ini, yakni:

  • Biaya Pendaftaran : Rp. 1.500.000
  • Biaya Organisasi Studi : antara Rp. 4.920.000 sampai Rp. 6.560.000
  • Dana Pengembangan Kelembagaan : antara Rp.5.000.000 sampai Rp.15.000.000.
  • Biaya Pengembangan Kualitas dan Fasilitas Akademik : Rp. 5.000.000 sampai Rp. 7.500.000 (terkecuali untuk mata kuliah internasional dengan jurusan pendidikan IPA sejumlah Rp. 15.000.000).

Berdasarkan info di atas, besaran biaya maksimal ialah Rp. 39.060.000 untuk program Pendidikan Sains Internasional. Namun biaya paling rendah ialah berkisar Rp. 19.920.000 yang berlaku untuk program studi pendidikan guru SD.

3. Program Diploma

Sama dengan biaya kuliah untuk mahasiswa Sarjana dari mata kuliah pilihan gratis, mahasiswa Diploma harus juga membayar biaya kuliah yang terdiri dari 4 unsur. Simak di bawah ini:

a. D3 Keperawatan

  • Biaya Pendaftaran : Rp. 1.500.000.
  • Biaya Pelaksanaan Pembelajaran : Rp. 5.990.000.
  • Dana Pengembangan Kelembagaan : Rp. 10.000.000.
  • Biaya Pengembangan Kualitas dan Fasilitas Akademik : Rp. 5.000.000.

b. D3 Survey Pemetaan dan Informasi Geografis

  • Biaya Pendaftaran : Rp. 1.500.000.
  • Biaya Pelaksanaan Pembelajaran : Rp. 5.040.000.
  • Dana Pengembangan Kelembagaan : Rp. 10.000.000.
  • Biaya Peningkatan Kualitas dan Fasilitas Akademik : Rp. 5.000.000.

c. D3 Keperawatan UPI Kampus Sumedang

  • Biaya Pendaftaran : Rp. 1.500.000.
  • Biaya Pelaksanaan Pembelajaran : Rp. 5.040.000.
  • Dana Pengembangan Kelembagaan : Rp. 10.000.000.
  • Biaya Peningkatan Kualitas dan Fasilitas Akademik : Rp. 5.000.000.

Itulah biaya-biaya yang berlaku di kampus UPI berdasarkan beberapa kateori jalur masuknya. Kamu bisa menentukan ngin melalui jalur yang mana, pastikan usahakan untuk jalur non-mandiri agar biayanya dapat terjangkau.

Pendidikan merupakan salah satu hal paling penting untuk menggali pengetahuan dan mendapati banyak jaringan yang hendak mendukung karier kamu di masa yang akan datang kelak.

Universitas di lihat oleh beberapa orang sebagai tempat yang siap memberi pendidikan ke mereka yang berpeluang dan memerlukan koneksi atau relasi yang luas dengan orang lain. Oleh karena itu, pendidikan sangat berguna dalam membuat jaringan yang lebih luas. Dan makin tinggi tingkat pendidikan seseorang, maka akan semakin bertambah kesempatan yang kamu punya untuk menggapai karier yang lebih tinggi.

Demikianlah pembahasan yang dapat kami berikan dengan jelas mengenai Biaya Kuliah UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) 2021/2022 dari beberapa kategori jalur masuknya. Mudah-mudahan berguna bagi kamu sebagai calon mahasiswa yang ingin menempuh pendidikan di UPI dan sedang mencari informasi terkait biaya kuliah tersebut.

Tinggalkan komentar