Satupersen.co.id – Industri telekomunikasi merupakan industri yang berkembang sangat cepat dikarenakan dunia teknologi atau digitalisasi yang perkembangannya memang sudah ada sejak lama. Industri dinilai sebagai salah satu pilihan banyak orang atau pencari pekerjaan melamar jadi karyawannya. Dikarenakan menurut mereka kalau menjadi karyawan telekomunikasi akan memperoleh gaji yang cukup besar serta akan mendapatkan fasilitas yang lengkap. Namun tahukah kamu berapa gaji Customer Engagement Telkom? Yuk simak pembahasannya hingga selesai.
PT Telekomunikasi Indonesia atau Telkom Indonesia merupakan perusahaan maju milik BUMN. Banyak para pencari pekerjaan yang ingin menjadi karyawan perusahaan Telkom tersebut. Dengan bekerja di bagian penyedia komunikasi dan informasi lalu jaringan dan jasa, selalu membuat banyak posisi atau jabatan yang perlu di isi.
Banyak orang selain menginginkan menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil dengan mendapatkan gaji yang lumayan tinggi, tentu saja menginginkan juga bekerja di BUMN seperti Telkom. Menjadi satu impian yang sangat diinginkan juga karena bekerja sebagai karyawan Telkom bayarannya cukup besar dan sudah pasti mendapat tunjangannya.
Kesejahteraan karyawan sangat diperhatian pada PT. Telkom Indonesia, karena para karyawan tersebut mempunyai peran dalam kegiatan perusahaan setiap harinya. Kesejahteraan tersebut terlihat dari banyaknya benefit yang diberikan oleh PT. Telkom Indonesia kepada semua karyawannya. Dengan begitu membuat karyawan tersebut bisa bekerja lebih rileks dan nyaman.
Kebanyakan orang mengira kalau bekerja di PT. Telkom Indonesia kerjaannya gampang dan bisa santai dengan gaji yang cukup tinggi atau memuaskan. Hal tersebut merupakan perkiraan yang salah karena kalau bekerja di PT Telkom Indonesia memiliki banyak kewajiban yang perlu dikerjakan dan diselesaikan dengan tepat waktu.
Customer Engagement Telkom
Customer Engagement Telkom merupakan sistem manajemen hubungan konsumen yang efektif dengan memakai semua data dari sebuah interaksi perusahaan dengan konsumen untuk dapat mempertahankan konsumen, tingkatkan keterlibatan dan meningkatkan penjualan.
Retensi pelanggan adalah hubungan komunikasi di antara produsen dengan konsumen. Hal tersebut terjadi dengan adanya reaksi, interaksi, dampak atau pengalaman yang telah dirasakan oleh konsumen, seperti kaitannya mengenai produk atau layanan yang di pilih.
Kesetiaan konsumen pada proses marketingnya bisa berjalan secara offline, seperti cukup dengan interaksi langsung dengan produsen, atau secara online dengan media sosial.
Kesetiaan konsumen setia benar-benar merupakan hal yang sangst penting. Dikarenakan dengan adanya hubungan yang baik antara produsen dengan konsumen maka akan membuat konsumen tersebut akan berkomitmen untuk selalu memakai produk atau layanan yang disediakan secara teratur atau terus-menerus.
Kalau sudah sukses membuat konsumen setia terhadap produk dan layanan yang disediakan, maka konsumen tersebut tentu akan senang dan merasakan kepuasan dengan layanan terhadap konsumen atau customer service yang diberikan.
Salah satu tanda adanya kesuksesan terhadap kesetiaan konsumen adalah dengan meningkatnya kesetiaan konsumen pada produk dan layanan jasa yang diberikan.
Jika kamu ingin tahu besaran gaji Customer Engagement Telkom, silahkan simak pembahasan berikut.
Gaji Customer Engagement Telkom Semua Jabatan Terbaru 2023
Perihal gaji untuk lulusan S1, maka akan memperoleh gaji sekitaran 4 juta/bulan belum termasuk tunjangan yang lainnya. Dengan jumlah gaji dan tunjangan tersebut maka membuat banyak orang tergiur dan ingin bekerja di dalamnya. Dan tentunya setiap posisi memiliki gaji yang berbeda. Berikut daftar gaji PT. Telkom Indonesia:
Jabatan |
Gaji/Bulan |
Security |
Rp 2.000.000 |
Junior Staff / Account Staff |
Rp 3.500.000 |
Helpdesk |
Rp 2.800.000 |
On Site Engineer |
Rp 3.200.000 |
Internship Student |
Rp 400.000 |
Software Engineer |
Rp 4.000.000 |
General Manager |
Rp 30.000.000 |
Vice President |
Rp 70.000.000 |
Director |
Rp 112.500.000 |
Marketing Staff Development Program |
Rp 4.000.000 |
Secretary |
Rp 6.000.000 |
Assistant Manager Corporate Finance |
Rp 12.000.000 |
Administration |
Rp 4.000.000 |
Solution Engineer |
Rp 4.000.000 |
Programmer Analyst |
Rp 4.000.000 |
Management Trainee |
Rp 5.000.000 |
Assistant Manager |
Rp 11.500.000 |
Manager |
Rp 16.500.000 |
IT Support |
Rp 3.000.000 |
Intern |
Rp 2.100.000 |
Trainee |
Rp 4.200.000 |
Technical Support |
Rp 3.100.000 |
Junior Officer |
Rp 4.500.000 |
Engineer on Site |
Rp 4.600.000 |
IT App Development (MT IT) |
Rp 4.300.000 |
Managerial |
Rp 17.700.000 |
IT Engineer |
Rp 3.100.000 |
Information Technology |
Rp 8.000.000 |
Senior Account Manager |
Rp 17.500.000 |
Internship |
Rp 300.000 |
Operator Telekomunikasi |
Rp 4.000.000 |
Call Center |
Rp 1.500.000 |
Cleaning Service Staff |
Rp 1.000.000 |
Maintenance |
Rp 1.500.000 |
Cost Control Staff and Site Engineer Staff |
Rp 4.000.000 |
Technical Supervisor |
Rp 1.500.000 |
Administration IT Support |
Rp 2.500.000 |
On The Job Training |
Rp 4.000.000 |
Teknik |
Rp 2.500.000 |
Senior SAP Consultant |
Rp 40.000.000 |
Pekerja |
Rp 900.000 |
Marketing Staff |
Rp 10.000.000 |
Mechanical Engineer Project Engineer |
Rp 2.500.000 |
Pembantu Pegawai Teknik |
Rp 4.000.000 |
Marketing Executive Marketing Communication |
Rp 2.500.000 |
Sales |
Rp 900.000 |
Technician |
Rp 2.500.000 |
Research Assistant |
Rp 2.500.000 |
Front Liner |
Rp 2.500.000 |
Junior Consultant |
Rp 4.000.000 |
Telemarketing |
Rp 300.000 |
Staf Promosi |
Rp 1.500.000 |
Staf Administrasi dan Teknis |
Rp 4.000.000 |
IT Admin |
Rp 4.000.000 |
Billing Staff |
Rp 2.500.000 |
Teknisi Listrik |
Rp 1.500.000 |
Sales |
Rp 4.000.000 |
Assistant Researcher |
Rp 2.500.000 |
PHP Programmer |
Rp 8.000.000 |
Strategic Account Manager |
Rp 16.500.000 |
Bagaimana Cara Menghitungnya?
Apa saja perusahaan yang ada, pasti loyalitas pelanggan merupakan hal yang penting untuk membangun sebuah bisnis.
Berikut contoh penghitungan yang dipakai untuk mengukur media sosial engagement:
Pikirkan sebuah akun yang diatur oleh model tertentu mengeluarkan 12 konten di Facebook dalam satu bulan dan secara keseluruhan menghasilkan 1.200 hasil. Maksudnya jumlah keseluruhan aktivitas reaksi yaitu 39.
Jadi untuk dapat mengetahui berapakah engagement ratio di content sosial media/bulan (full response /engagement activity: full view / diterima) x 100%
Dengan berdasar contoh di atas yaitu (39:1200) x 100% = 3,25%
Hal tersebut menjadi dasar untuk dapat menghitung tingkat interaksi atau engagement content pada media sosial. Persentase keterkaitan yang semakin tinggi perlu ditujukan dari waktu ke waktu.
Ini karena content yang di saksikan oleh 1.000 orang dan mereka menanggapinya dengan aktif lebih bagus dibandingkan content yang di saksikan oleh 100.000 orang tapi mereka tidak menanggapinya sama sekali. Semua itu bergantung pada sasaran atau target yang kamu tetapkan.
Baca Juga: Gaji Pegawai Bank BCA Semua Jabatan Terbaru 2023
Mengapa Customer Engagement Penting?
Loyalitas pelanggan akan tercipta dengan membuat hubungan baik antara kamu dengan konsumen, maka dengan begitu akan tumbuh kesetiaan pelanggan dalam jangka panjang pada merk yang kamu tawarkan.
Jika kamu dapat menjaga hubungan baik kamu dengan konsumen yang telah ada, maka akan membuat usaha kamu sukses di masa depan dalam waktu jangka yang panjang. Dalam menjaga loyalitas pelanggan, sebuah usaha apapun akan memberi respon dalam perubahan, menjadi bagian kehidupan setiap hari pada konsumen lalu harus selalu berhubungan atau berinterasi dengan baik terhadap pelanggan.
Retensi terhadap pelanggan akan menolong kamu yang masih tetap setia terhadap pelanggan dan memungkinkan kamu akan menambah nilai pada perjalanan para konsumen.
Retensi pelanggan adalah sebuah pemakaian komunikasi untuk memperlihatkan berapa besar kamu menghargai pelanggan dan bagaimana kamu mencoba membantu mereka untuk dapat meraih tujuan mereka. Beberapa prinsip yang harus di ingat:
- Keberhasilan kamu adalah kesuksesan kamu
- Kamu dapat membagikan sebuah data konsumen dengan semua tim.
- Komunikasi proaktif dan personal.
- Terus berkembang dan tumbuh.
1. Komunikasi Proaktif dan Pribadi
Dengan pengetahuan yang berkenaan terhadap pengalaman pelanggan, komunikasi kamu dengan konsumen tersebut akan menjadi lebih pribadi dan berkaitan dengan kehidupan setiap hari mereka.
Misalnya kalau kamu bisa mendapati konsumen kamu tidak memakai salah satu dari fitur penting terhadap produk yang kamu jual, kamu perlu mengajari mereka menenai jenis fitur tersebut dan langkah memakainya.
Pesan simpel seperti “Tahukah kamu? Fungsi X dapat menolong kamu untuk menuntaskan permasalahan Y secara mudah “. Ini akan menambahkan sebuah nilai pada produk kamu dan memberitahu konsumen jika kamu mengawasi perkembangan dan kemajuan mereka.
2. Keberhasilan Pelanggan Merupakan Kesuksesan Kamu
Dengan adanya keberhasilan kamu yaitu merupakan usaha tergantung pada kemampuan kamu untuk meningkatkan pengembangan pelanggan supaya masih tetap berhubungan dengan usaha kamu.
Keberhasilan pelanggan adalah adanya sebuah proses yang mendalam pahami dan lalu gunakan pemahaman tersebut untuk tentukan kebijakan dan memberi nilai sejauh perjalanan konsumen.
Untuk menggerakkan pertumbuhan tersebut, kamu perlu memahami konsumen secara mendalam. Yakinkan kamu dapat memahami tujuan kami, dengan begitu kamu bisa memberi support yang terpusat pada tujuan itu.
Mengumpulkan dan menganalisis data konsumen untuk mengawasi dengan jeli perkembangan terhadap konsumen yaitu dengan cara melihat peta perjalanan konsumen.
3. Share Data Konsumen Lintas Team
Dengan menshare data dengan setiap team yang bertemu langsung dengan konsumen, maka akan membanty team kamu untuk memperoleh pengetahuan yang serupa mengenai konsumen kamu.
Misalkan, dengan siapa kamu berbicara, tahapan apa yang dilewati konsumen setia, permasalahan apa yang dirasakan konsumen setia, produk apa yang di beli konsumen setia, dan lainnya.Pada akhirannya, ini bisa membuat team kamu memberi pengalaman konsumen setia yang lebih membahagiakan.
Dengan dapat memahami faktor apa saja yang menggerakkan keberhasilan terhadap konsumen dan fokus pada peningkatan sebuah produk atau layanan kamu mengenai faktor itu, kamu bisa meningkatkan ROI dan membuat hubungan dua arah dalam jangka panjang.
Mengumpulkan dalam semua data yang kamu perlukan, dengan begitu kamu bisa terlibat dengan konsumen dengan tepat waktu dan memberi pengalaman yang dipersonalisasi dan berkaitan.
Dengan langkah ini kami akan terus tumbuh bersama konsumen kamu. Maka dari itu berdiskusi mengenai 4 prinsip kenapa retensi konsumen penting untuk usaha kamu.
Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai gaji Customer Engagement Telkom semua posisi atau abatan terbaru 2023serta informasi lainnya. Semoga dapat membantu kamu bagi yang sedang mencari referensi mengenai gaji tersebut atau yang berminat mendaftar di lowongan perusahaan Telkom yang tersedia.