Gaji Pegawai BPJS Kesehatan & Ketenagakerjaan Terbaru 2023

Satupersen.co.id – BPJS adalah singkatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. BPJS dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Badan ini merupakan lembaga pemerintah non kementerian yang bertanggung jawab dalam menyelenggarakan jaminan sosial di Indonesia. Jaminan sosial yang diselenggarakan oleh BPJS meliputi jaminan kesehatan, jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, dan jaminan pensiun.

BPJS Kesehatan merupakan program jaminan kesehatan yang ditujukan untuk masyarakat Indonesia yang memiliki pendapatan rendah. Program ini menyediakan fasilitas pelayanan kesehatan yang dapat diakses oleh peserta di seluruh wilayah Indonesia. Peserta BPJS Kesehatan dapat mengakses pelayanan kesehatan di rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS, serta dapat mengakses pelayanan kesehatan di puskesmas dan posyandu.

BPJS Ketenagakerjaan merupakan program jaminan sosial yang ditujukan untuk pekerja formal di Indonesia. Program ini menyediakan jaminan untuk pekerja yang mengalami kecelakaan kerja atau sakit akibat pekerjaan. BPJS Ketenagakerjaan juga menyediakan jaminan hari tua dan jaminan pensiun bagi pekerja yang telah pensiun.

BPJS merupakan program jaminan sosial yang penting bagi masyarakat Indonesia. Program ini membantu masyarakat yang memiliki pendapatan rendah untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak, serta membantu pekerja formal untuk mendapatkan jaminan sosial yang diperlukan.

Sebaiknya sebelum membahas mengenai gaji pegawai BPJS, kamu ketahui lebih dulu sekilas tentang BPJS, berikut ini pembahasannya.

Sekilas Mengenai BPJS

Tentang BPJS

BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) adalah lembaga pemerintah yang dibentuk untuk menyelenggarakan jaminan sosial di Indonesia. Jaminan sosial yang diselenggarakan oleh BPJS meliputi jaminan kesehatan, jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, dan jaminan pensiun.

BPJS Kesehatan merupakan program jaminan kesehatan yang ditujukan untuk masyarakat Indonesia yang memiliki pendapatan rendah. Program ini menyediakan fasilitas pelayanan kesehatan yang dapat diakses oleh peserta di seluruh wilayah Indonesia. Peserta BPJS Kesehatan dapat mengakses pelayanan kesehatan di rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS, serta dapat mengakses pelayanan kesehatan di puskesmas dan posyandu.

Jaminan kesehatan yang ditangani oleh BPJS meliputi pelayanan kesehatan dasar seperti pemeriksaan dan pengobatan di fasilitas kesehatan, serta pelayanan kesehatan lanjutan seperti rawat inap di rumah sakit. Jaminan kesehatan ini diperuntukkan bagi masyarakat yang tidak memiliki asuransi kesehatan lain, seperti asuransi kesehatan swasta atau asuransi kesehatan perusahaan.

BPJS Ketenagakerjaan merupakan program jaminan sosial yang ditujukan untuk pekerja formal di Indonesia. Program ini menyediakan jaminan untuk pekerja yang mengalami kecelakaan kerja atau sakit akibat pekerjaan. BPJS Ketenagakerjaan juga menyediakan jaminan hari tua dan jaminan pensiun bagi pekerja yang telah pensiun.

Jaminan kecelakaan kerja yang ditangani oleh BPJS meliputi penanganan medis dan rehabilitasi bagi pekerja yang mengalami kecelakaan kerja, serta pembayaran tunjangan kepada pekerja yang mengalami cacat atau kematian akibat kecelakaan kerja. Jaminan ini diperuntukkan bagi pekerja yang bekerja di perusahaan yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan.

Adapun jaminan hari tua yang ditangani oleh BPJS meliputi pembayaran pensiun bagi masyarakat yang sudah tidak bekerja lagi dan sudah memenuhi syarat usia pensiun. Jaminan ini diperuntukkan bagi masyarakat yang sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan atau BPJS Kesehatan.

BPJS juga menyediakan layanan informasi dan bantuan kepada peserta melalui berbagai sarana seperti website, aplikasi mobile, dan layanan telepon. Peserta dapat mengecek status klaim, mengecek jadwal pemeriksaan kesehatan, dan mengetahui informasi lain yang diperlukan melalui layanan tersebut.

BPJS merupakan program jaminan sosial yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia. Dengan program ini, masyarakat dapat mengakses pelayanan kesehatan yang lebih baik, serta mendapat perlindungan dari risiko kecelakaan kerja dan risiko kebutuhan finansial pada masa pensiun. Namun demikian, masih banyak masyarakat yang belum terdaftar sebagai peserta BPJS, sehingga pemerintah masih harus berupaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam program ini.

Baca Juga: Daftar Gaji Pegawai PT PLN Terbaru Berbagai Posisi

Gaji Pegawai BPJS

Gaji pegawai BPJS

Gaji pegawai BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) merupakan salah satu topik yang sering dibicarakan dalam dunia kerja di Indonesia. BPJS merupakan lembaga yang menangani jaminan sosial di negara ini, yang meliputi jaminan kesehatan, jaminan kecelakaan kerja, dan jaminan pensiun.

BPJS memiliki berbagai jenis pegawai, mulai dari staf administrasi hingga profesional yang menangani permasalahan jaminan sosial. Gaji pegawai BPJS tentu berbeda-beda sesuai dengan posisi dan tingkat pendidikan yang di miliki.

Secara umum, gaji pegawai BPJS terdiri dari gaji pokok dan tunjangan. Gaji pokok merupakan jumlah uang yang di terima oleh pegawai setiap bulannya, sementara tunjangan merupakan uang tambahan yang di terima oleh karyawan sesuai dengan posisi dan kondisi kerja yang di milikinya.

Selain gaji pokok dan tunjangan, pegawai BPJS juga akan menerima berbagai jenis benefit lain seperti asuransi kesehatan, cuti tahunan, dan kesempatan untuk mengikuti berbagai macam pelatihan dan seminar.

Sistem pembayaran gaji di BPJS di bayarkan setiap bulan sesuai dengan jadwal yang telah di tentukan. Dalam sistem ini, pegawai akan menerima gaji pokok, tunjangan, dan bonus dalam satu kali pembayaran.

Secara keseluruhan, gaji pegawai BPJS cukup kompetitif dibandingkan dengan gaji karyawan di lembaga lain dengan posisi dan tingkat pendidikan yang sama. Namun pastikan untuk selalu memperhatikan aturan dan peraturan yang berlaku di BPJS.

Daftar Gaji Pegawai BPJS Kesehatan

Berikut ini gaji sebagai pegawai BPJS :

No Jabatan Gaji Per Bulan
1 Staff IT Rp 2.500.000
2 Claim Analyst Staff Rp 2.500.000
3 Staff Keuangan Rp 4.000.000
4 Staff Rp 6.300.000
5 Finance Rp 8.000.000
6 Staff Marketing Rp 8.000.000
7 Relationship Officer Rp 10.000.000
8 Keuangan Rp 10.000.000
9 Manager Rp 16.500.000
10 Senior Manager Rp 28.500.000

 

Daftar Gaji Pegawai BPJS Ketenagakerjaan

No Jabatan Gaji Per Bulan
1 Marketing Rp 2.500.000
2 MRO Specialist Rp 4.000.000
3 Customer Service Rp 4.200.000
4 Staff Marketing Rp 6.000.000
5 Junior Staff/Account Staff Rp 6.000.000
6 Officer Rp 6.000.000
7 Staff Rp 6.200.000
8 Public Relations Rp 8.000.000
9 Relationship Staff Rp 9.000.000
10 Relationship Officer Rp 9.000.000
11 Marketing Executive Marketing Communication Rp 10.000.000
12 Marketing Staff Rp 12.000.000
13 Manager Rp 16.000.000
14 Section Head Rp 32.500.000

 

Persyaratan Daftar Pegawai BPJS

Syarat daftar bpjs

Untuk mendaftar sebagai pegawai BPJS, calon pegawai harus memenuhi beberapa persyaratan yang ditentukan oleh BPJS. Persyaratan tersebut antara lain:

  1. Pendidikan minimal S1 dari berbagai jurusan yang sesuai dengan posisi yang dilamar.
  2. Berusia minimal 18 tahun dan tidak lebih dari 35 tahun pada saat mendaftar.
  3. Memiliki pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang dilamar.
  4. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan standar yang ditentukan oleh BPJS.
  5. Tidak pernah dihukum atau dikenakan sanksi administratif dalam jabatan sebelumnya.
  6. Dapat mengikuti tes seleksi yang ditentukan oleh BPJS, termasuk tes kompetensi, tes kesehatan, dan wawancara.
  7. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan dapat bekerja dalam tim.
  8. Memiliki integritas yang tinggi dan dapat dipercaya.
  9. Bersedia ditempatkan di wilayah kerja BPJS yang telah di tentukan.

Selain persyaratan di atas, BPJS juga dapat menambah atau mengubah persyaratan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi yang berlaku. Sebelum melakukan pendaftaran, calon pegawai disarankan untuk memeriksa persyaratan yang di tentukan oleh BPJS dan memastikan bahwa mereka memenuhi persyaratan tersebut.

Pendaftaran untuk menjadi pegawai BPJS dapat dilakukan secara online melalui situs resmi BPJS. Setelah mendaftar, peserta akan diikuti dengan tahap seleksi yang meliputi tes tulis, tes wawancara, dan tes kesehatan.

Peserta yang lulus seleksi akan diumumkan melalui situs resmi BPJS dan dapat melakukan pengambilan dokumen administrasi. Setelah itu, peserta akan mengikuti proses pengadaan dan pelatihan sebelum diangkat menjadi pegawai BPJS.

Demikianlah Informasi yang dapat kami berikan mengenai gaji pegawai BPJS semua posisi. Semoga dapat membantu kamu ketika ingin mengetahui mengenai gaji ataupun ingin mendaftarkan sebagai pegawainya. Tetapi kamu harus pastikan lebih dulu persyaratan yang harus di penuhi saat ingin mendaftar.