p.read-more-container { display: none; }
Gaji Pegawai Perum Perhutani

Gaji Pegawai Perhutani Semua Jabatan Terbaru 2023

Satupersen.co.id – Perlu di ketahui, berdasarkan hasil pemantauan hutan Indonesia tahun 2020, menunjukkan bahwa luas lahan berhutan seluruh daratan Indonesia adalah 50,9% dari total daratan. Tentunya terdapat institusi yang berwenang atas pengelolaan hutan tersebut. Seperti Perum Perhutani yang memainkan peran penting dalam menjaga dan memanfaatkan hutan tanaman industri di Indonesia khususnya Jawa dan Madura.

Perum Perhutani adalah Badan Usaha Milik Negara yang bertanggung jawab untuk mengelola dan memanfaatkan hutan tanaman industri milik negara. Dengan komitmen dan dedikasi yang kuat untuk pengelolaan hutan yang berkelanjutan, Perum Perhutani berusaha untuk memastikan masa depan hutan tanaman industri yang cerah dan menguntungkan bagi semua pihak.

Gaji pegawai Perum Perhutani merupakan salah satu gaji terbaik di industri kehutanan Indonesia. Dengan kondisi kerja yang baik dan program pendidikan dan pelatihan yang disediakan, pegawai Perum Perhutani memiliki potensi untuk memperoleh karier yang sukses dan meningkatkan gaji mereka dalam jangka panjang.

Namun sebelum mengetahui besaran gajinya, pastikan kamu mengetahui lebih banyak lagi mengenai Perum Perhutani. Silahkan simak pembahasannya di bwah ini.

Tentang Perum Perhutani

Tentang Perum Perhutani

Perhutani adalah Badan Usaha Milik Negara berbentuk Perusahaan Umum (Perum) yang memiliki tugas dan wewenang untuk mengelola sumberdaya hutan negara di pulau Jawa dan Madura. Peran strategis Perhutani adalah mendukung sistem kelestarian lingkungan, sistem sosial budaya dan sistem perekonomian masyarakat perhutanan.

Perhutani mendapat mandat dari negara pada tahun 1961 untuk mengelola lahan hutan dengan prinsip kelestarian. Kemudian pada tahun 2010 Pemerintah mengatur pengelolaan kehutanan negara dalam Peraturan Pemerintah No. 72 Perusahaan Umum Kehutanan Negara (Perum Perhutani).

Perum Perhutani memiliki tugas utama untuk melakukan pengelolaan hutan tanaman industri secara berkelanjutan, baik dari segi ekonomi, sosial, dan lingkungan. Hal ini dilakukan agar hutan tanaman industri dapat berfungsi sebagai sumber daya alam yang terjaga dan berkelanjutan untuk menunjang pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, Perum Perhutani juga memiliki peran penting dalam menjaga ekosistem hutan, memelihara keanekaragaman hayati, dan melindungi lingkungan. Perum Perhutani melakukan berbagai kegiatan, seperti pemeliharaan lingkungan, pengendalian hama dan penyakit, dan reboisasi, untuk memastikan keseimbangan ekosistem hutan dan menjaga kelestarian alam.

Perum Perhutani juga memiliki beberapa program untuk meningkatkan partisipasi masyarakat sekitar hutan tanaman industri, seperti program pemberdayaan masyarakat dan program pengembangan wisata hutan. Melalui program-program tersebut, Perum Perhutani berusaha untuk memberikan nilai tambah bagi masyarakat sekitar dan meningkatkan kesejahteraan mereka.

Visi dan Misi Perum Perhutani

Visi

Menjadi Perusahaan Pengelola Hutan Berkelanjutan dan Bermanfaat Bagi Masyarakat

Misi

  • Mengelola Sumberdaya Hutan Secara Lestari
  • Peduli Kepada Kepentingan Masyarakat dan Lingkungan
  • Mengoptimalkan Bisnis Kehutanan dengan Prinsip Good Corporate Governance

Tugas dan Fungsi Perum Perhutani

Adapun tugas dan fungsi Perum Perhutani berdasarkan maksud dan tujuan yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 72 Tahun 2010 tentang Perusahaan Umum (Perum) Kehutanan Negara.

Maksud dan tujuan perusahaan tersebut adalah menyelenggarakan usaha yang bertujuan untuk kemanfaatan umum berupa barang dan/atau jasa yang berhubungan dengan Pengelolaan Hutan dan hasil hutan yang berkualitas dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat berdasarkan prinsip Pengelolaan Hutan lestari dan prinsip tata kelola perusahaan yang baik.

Dan untuk mencapai maksud dan tujuan tersebut, Perum Perhutani menyelenggarakan kegiatan usaha utama. Diantaranya sebagai berikut :

  1. Tata hutan dan penyusanan rencana Pengelolaan Hutan
  2. Pemanfaatan hutan, yang meliputi pemanfaatan kawasan, pemanfaatan jasa lingkungan, pemanfaatan hasil hutan kayu dan bukan kayu, pemungutan hasil hutan kayu dan bukan kayu.
  3. Tata hutan dan penyusanan rencana Pengelolaan Hutan
  4. Rehabilitasi dan reklamasi
  5. Perlindungan hutan dan konservasi alam
  6. Pengolahan hasil hutan menjadi bahan baku atau bahan jadi
  7. Pendidikan dan pelatihan di bidang Kehutanan
  8. Pengembangan agroforestry
  9. Membangun dan mengembangkan Hutan Rakyat dan/atau Hutan Tanaman Rakyat
  10. Perdagangan hasil hutan dan hasil produksi sendiri maupun produksi pihak lain

Selain kegiatan usaha utama yang telah disebutkan diatas, Perum Perhutani juga dapat menyelenggarakan usaha lainnya, seperti berikut ini :

  1. Usaha optimalisasi potensi sumber daya yang dimililki untuk tarding house, agroindustrial complex, agrobisinis, properti, pergudangan, pariwisata, hotel, resort, rest area, rumah sakit, pertambangan galian C, prasarana telekomunikasi, pemanfaatan sumber daya air, dan sumber daya alam lainnya.
  2. Kegiatan usaha lain sesuai dengan maksud dan tujuan Perusahaan.

Baca Juga: Gaji Pegawai Pencetak Uang di Perum Peruri Terbaru 2023

Gaji Pegawai Perum Perhutani

Gaji Pegawai Perum Perhutani

Gaji pegawai Perum Perhutani dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti tingkat pendidikan, pengalaman kerja, dan jabatan yang diambil. Namun, secara umum, gaji pegawai Perum Perhutani termasuk dalam kategori gaji tinggi di industri kehutanan Indonesia.

Pegawai yang memiliki pengalaman kerja dan memiliki jabatan yang lebih tinggi akan menerima gaji yang lebih tinggi pula. Contohnya, pegawai Perum Perhutani yang berjabat sebagai manager bisa menerima gaji bulanan sekitar Rp 10 juta hingga Rp 15 juta.

Selain gaji bulanan, pegawai Perum Perhutani juga akan menerima beberapa tunjangan lain, seperti tunjangan kesehatan, tunjangan transportasi, dan tunjangan lainnya.

Sebagai perusahaan yang berfokus pada pengelolaan hutan tanaman industri, Perum Perhutani juga menyediakan beberapa program pendidikan dan pelatihan bagi pegawai untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka. Hal ini akan membantu pegawai Perum Perhutani untuk berkembang dan memperoleh karier yang lebih baik di masa depan.

Daftar Gaji Pegawai Perum Perhutani Berbagai Jabatan

No. Posisi/Jabatan Gaji/Bulan
1. HRD Rp 13.000.000
2. General manager Rp 9.000.000
3. Management Rp 9.000.000
4. Staff Rp 7.000.000
5. Adminitrasi Rp 3.000.000
6. Staf Pelaksana Rp 5.000.000
7. Teknik Rp 5.000.000
8. Staff IT Rp 3.000.000
9. Staff Rp 3.000.000
10. Teknologi Informatika Rp 3.000.000
11. Teller Bank Rp 3.000.000
12. Lainnya Rp 7.000.000

Fasilitas dan Tunjangan yang Diterima Pegawai Perhutani

Seperti yang telah di sampaikan sebelumnya, selain gaji pokok pegawai di perusahaan ini juga menerima benefit lainnya seperti tunjangan dan fasilitas untuk kesejahteraan tiap pegawai. Diantaranya yakni sebagai berikut :

  • Tunjangan Tetap
  • Apresiasi Kinerja
  • Tunjangan perumahan
  • Tunjangan pengobatan
  • Tunjangan transport
  • Tunjangan Premi Asuransi Kesehatan
  • Tunjangan Pemilikan Rumah
  • Tunjangan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan
  • Tunjangan BPJS Pensiun
  • Tunjangan Uang Pajak
  • Tunjangan Iuran Pasti (DPLK)
  • Tunjangan Perbaikan Penghasilan (TPP) Staf

Persyaratan Daftar Kerja di Perhutani

Persyaratan daftar Di Perum Perhutani

Apabila kamu ingin bergabung di perusahaan BUMN ini, tentunya terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, diantaranya sebagai berikut :

  • Wanita/Pria
  • Pendidikan minimal SMA/SMK/Sederajat untuk staff lapangan. Untuk staff office atau staff jenjang yang lebih tinggi, pendidikan minimal S1 jurusan disesuaikan dengan bidang di lamar, dengan IPK minimal 2.75
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Bersedia di tempatkan di seluruh wilayah kerja Perum Perhutani
  • Memiliki motivasi kerja yang tinggi

Demikianlah pembahasan yang dapat kami berikan mengenai gaji pegawai Perum Perhutani berbagai jabatan terbaru. Semoga pembahasan ini dapat membantu kamu yang ingin mengetahui besaran gaji yang di berikan oleh Perum Perhutani kepada para pegawainya. Dan apabila kamu ingin mendaftar kerja di perusahaan ini, pastikan kamu telah memenuhi semua persyaratan yang telah di tentukan oleh perusahaan tersebut.

Check Also

Tarif penyeberangan kapal

Daftar Tarif Penyeberangan Sumatera dan Bali Terbaru 2023

Satupersen.co.id – Untuk Anda yang berencana menggunakan transportasi ferry untuk menyeberang dari Pelabuhan Merak –  Bakauheni ...

Baca Selengkapnya