Gaji Pegawai Samsat Semua Golongan Terbaru 2022

Satupersen.co.id – Kita semua tentu sudah tidak asing dengan adanya instansi yang bernama Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap). Jika kamu ingin mengetahui gaji pegawai Samsat, maka silahkan simak pembahasan yang akan kami berikan.

Sistem satu atap ini di buat untuk mempermudah masyarakat dalam berbagai hal urusan administrasi seperti membayar pajak kendaraan, memperpanjang SIM, dan beberapa hal berkaitan kendaraan yang lainnya dengan mudah dan cepat tanpa perlu proses yang panjang.

Tidak seperti awalnya, bila ingin memperpanjang STNK atau SIM harus melewati tiga instansi dan proses yang panjang, dengan adanya perkembangan teknologi semua masyarakat menjadi lebih mudah.

Kerjasama Polri dengan Jasa Raharja dan direktorat provinsi mempunyai tujuan dalam meningkatkan penyauran dana ke kas negara, dan cukup dengan satu arah.

Selain itu, beberapa kegiatan di laksanakan secara bersama yang hanya digerakkan melalui satu instansi yakni kantor Samsat.

Adanya penerbitan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan), pengelolaan sumbangan wajib dana asuransi kecelakaan yang diatur Jasa Raharja, dan pajak atau retribusi kendaraan dan bea balik nama kendaraan yang ditangani langsung oleh kantor pajak provinsi.

Apa itu Samsat?

Samsat

Samsat ialah perangkat untuk administrasi berkaitan dengan suatu kendaraan. Ini termasuk perpanjang SIM, pembayaran pajak kendaraan, atau kepentingan administrasi lainnya.

Fasilitas Samsat ini termasuk alah satu bentuk kerjasama antara kepolisian dengan Jasa Raharja dalam menjalankan pekerjaannya. Samsat di dirikan dengan tujuan untuk mempercepat semua hal yang terkait dengan kendaraan.

Sebagai peraturan, adanya kenaikan biaya yang perlu di bayarkan, walaupun biaya yang tertera dalam STNK demikian tinggi, tetapi pengendara sepeda motor harus membayar biaya resmi yang lebih tinggi.

Di STNK misalkan Rp. 215.000, dan petugas memberi tahu harus membayar Rp. 250.000. Biaya tersebut bertambah karena adanya biaya administrasi, biaya pergantian stempel atau biaya tambahan lainnya.

Samsat atau sistem manajemen satu atap harus membantu masyarakat mengawali kegiatannya. Tujuan dibentuknya instansi ini ialah supaya layanan pemerintahan kepada masyarakat lebih lancar dan cepat.

Wujud kerjasama antara Polri dengan Jasa Raharja dan Ditjen Pajak ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan penyaluran dana ke kas negara dengan satu langkah.

Maka dari itu, beberapa kegiatan di laksanakan secara bertepatan di kantor Samsat yakni penerbitan STNK (Surat Pertanda Nomor Kendaraan), selanjutnya penatausahaan pungutan wajib dana kecelakaan dinas kesejahteraan penatausahaan kendaraan dan sosial.

Pada tahun 2017 terdapat banyak kenaikan biaya administrasi. Seperti biaya perpanjanh atau pembikinan sertifikat nomor kendaraan. Pembuatan awal dan perbaikan STNK hanya memerlukan biaya Rp. 50.000.

Tetapi di tahun 2017 bertambah 2 kali lipat menjadi Rp. 100.000. Selain itu, kendaraan roda 4 yang sebelumnya hanya Rp. 75.000 sekarang naik menjadi Rp. 200.000. Selain itu, terjadi kenaikan biaya penerbitan nomor kendaraan roda 2 dan tiga dari sebelumnya Rp. 30.000 menjadi Rp. 60.000.

Dan untuk roda 4 naik dari Rp. 50.000 menjadi Rp. 100.000. Belum juga dari penerbitan BPKB untuk kendaraan roda 2 dan tiga sudah naik drastis dari Rp. 80.000 menjadi Rp. 225.000.

Dan untuk kendaraan roda 4 yang awalnya hanya Rp. 100.000 naik nenjadi Rp. 375.000. Ini tentu saja berpengaruh pada gaji pegawai Samsat yang melayani pemilik kendaraan.

Tahun kemarin terdengar jika pemerintahan PP No. 60 Tahun 2016 revisi PP No. 50 Tahun 2010 dan dalam peraturan itu disebutkan kenaikannya akan mencapai 100% karena biaya administrasi tetap sama dibanding beberapa tahun sebelumnya.

Tetapi, beberapa masyarakat tidak sepakat dengan kenaikan sampai 100%, sehingga pemerintahan akan melangsungkan perbincangan dengan polisi untuk membahas rencana kenaikan biaya.

Dari sisi administrasi dan gaji, kira-kira berapa gaji pegawai Samsat? Silahkan simak pembahasannya di bawah ini.

Gaji Pegawai Samsat

Gaji pegawai samsat

Gaji pokok pegawai Samsat menurut informasi yang di terima ada yang menjelaskan penghasilan pegawai samsat antara Rp. 1.500.000 sampai Rp. 5.000.000 bahkan juga ada yang menjelaskan lebih.

Ada pula yang menjelaskan jika gaji pegawai Samsat ialah Rp. 3.000.000 – Rp. 7.000.000 dan bergantung pada kedudukan, pegawai, dan golongannya. Karena gaji pokok di berikan oleh instansi sesuai kedudukan dan golongannya, yakni pegawai itu sendiri.

Selain itu, banyak pula yang berasumsi jika gaji pegawai Samsat yang akn bertambah dengan pelunasan pembayaran STNK maka gaji pegawai Samsat akan bertambah.

Tugas dan Kewajiban Pegawai Samsat

Tugas pegawai samsat

Berikut ini adalah daftar pekerjaan atau tugas yang perlu di laksanakan oleh pegawai Samsat, di antaranya adalah:

  • Pendaftaran kendaraan bermotor yang masuk dan keluar kawasan.
  • Pendaftaran kendaraan bermotor diganti namanya setelah jual beli.
  • Persetujuan kendaraan bermotor untuk ganti mesin, perubahan bentuk.
  • Pendaftaran kendaraan bermotor pindah alamat di wilayah kerja Samsat yang sama.
  • Pendaftaran untuk mengubah nomor kendaraan.
  • TNKB atau STNK hilang atau rusak.

Sementara setiap layanan samsat mungkin berbeda dan memiliki tugas yang berbeda pula berikut pembahasan secara lengkapnya:

1. Samsat Master

Pelayanan Samsat pertama yang di lakukan secara manual di meja petugas.

2. Samsat Drive Thru

Hampir mirip dengan pesan makanan drive-thru, pendaftar tidak harus turun dari kendaraan ke loket khusus dan langsung di bayar.

3. Samsat Digital

Pelayanan digital ini di lakukan di Samsat Utama, namun semua formulir yang semula diisi secara manual dapat dilakukan secara digital.

4. Samsat Keliling

Layanan Samsat keliling menggunakan mobil Samsat dengan sistem ball-bearing dan kunjungi komunitas untuk layanan di tempat-tempat ramai.

5. Samsat Kecamatan

Pelayanan samsat di kecamatan agar masyarakat tidak menjangkau samsat utama.

6. Gerai Samsat

Biasanya berlokasi di pusat perbelanjaan atau mall untuk memudahkan masyarakat dalam membayar pajak jalan atau sekedar mendapatkan informasi.

7. E-Samsat

Layanan Samsat online yang dapat di lakukan secara online melalui website atau aplikasi dan pembayaran di kantor Samsat juga tidak harus di lakukan secara tunai.

Jika kamu butuh mengurus administrasi kendaraan di Samsat, yang terpenting janganlah lupa persiapkan berkas persyaratannya terlebih dahulu dan pastikan pula tidak ada yang lupa. Semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat dan berguna untuk kamu terutama bagi yang memiliki keinginan bekerja di kantor Samsat.

Tinggalkan komentar