Berapakah Gaji Pilot Pesawat Terbang? Ini Daftar Lengkapnya

Satupersen.co.id – Beberapa dari banyak orang ada yang bercita-cita ingin menjadi seorang pilot. Tetapi untuk menjadi seorang pilot tidaklah mudah karena di haruskan bisa mengemudi dan menerbangkan pesawat. Lantas berapa kira-kira gaji seorang pilot? Yuk simak pembahasannya kali ini.

Pekerjaan menjadi seorang pilot selalu dibuka karena di perlukan lebih dari 620.000 seorang pilot baru yang dapat menerbangkan pesawat dalam waktu 15 sampai 20 tahun kedepan.

Banyaknya seorang pilot yang dibutuhkan dikarenakan terdapat perkembangan industri dalam penerbangan nasional maupun internasional. Dengan begitu kebutuhan seorang pilot pada sebuah maskapai mengalami peningkatan.

Adapun tugas seorang pilot adalah bisa mengemudi atau menjalankan transportasi udara yaitu pesawat terbang dan helikopter. Seorang pilot mempunyai tugas yang tanggung jawab nya tinggi sekali karena dia harus membawa banyak orang ke tempat tujuan dengan selamat.

Maka dari itu dengan tanggung jawab yang besar seorang pilot mempunyai gaji yang cukup besar perbulannnya, bahkan bisa sampai ratusan juta. Berikut tugas dan gaji seorang pilot.

Tugas Seorang Pilot

Tugas pilot

Tugas seorang pilot tidak tentunya tidak banyak akan tetapi menjadi seorang pilot mempunyai tanggung jawab yang besar dan tentunya mempunyai kesulitan tersendiri.

Adapun tugas utamanya adalah harus dapat menerbangkan pesawat dari bandara awal ke tujuan bandara yang lainnya. terbang ke lapangan terbang lain. Mengemudi pesawat tersebut seorang pilot harus memastikan seluruh penumpang di pesawat dalam keadaan sehat dan tentunya aman.

Mempunyai tanggung jawab yang besar karena seorang pilot berkaitan dengan nyawa banyak penumpang, maka dari itu seorang pilot memiliki gaji yang lumayan besar. Bahkan di Indonesia pada maskapai Garuda Indonesia, gaji seorang pilot bisa mencapai puluhan juta.

Seorang pilot kesahatannya harus fit 100%, karena selain harus memastikan pesawat terbang mendarat dengan sempurna, mereka harus juga memastikan keselamatan seluruh penumpang yang ada, maka dari itu seorang pilot harus benar-benar dalam keadaan sehat.

Dengan kondisi sehat maka dapat menghilangkan kekhawatiran seluruh penumpang pada penerbangannya, mereka akan merasa aman dan keselamatannya terjamin.

Gaji Pilot

Gaji pilot

Pilot merupakan sebuah pekerjaan yang dipandang mempunyai penghasilan yang tinggi dikarenakan tugasnya berkatian dengan nyawa banyak orang. Tentunya kalau di Indonesia menjadi seorang pilot maskapai Garuda Indonesia menjadi pilihan.

Karena maskapai Garuda Indonesia merupakan perusahaan negara, Garuda Indonesia salah satu maskapai yang terbaik dan paling populer di Indonesia.

Tentu saja gaji seorang pilot tidak semuanya besar, karena terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi. Seperti setiap maskapai tentu saja gaji nya pun berbeda-beda, karena faktor pengalaman, ukuran pesawat yang di terbangkan, sampai status atau pangkat yang yang ada.

Kisaran tahun 2018, Garuda Indonesia memberikan keterangan mengenai penghasilan pilot pemula, dari gaji pokok sampai tunjangan yang di dapat bisa mencapai sebesar Rp. 60.000.000.

Pendapatan tersebut bisa bertambah tergantung pada jam terbang. Kalau seorang pilot yang berpengalam, maskapai Garuda Indonesia memberikan gaji dimulai dari Rp. 100.000.000 – Rp. 150.000.000.

Terdapat posisi Captain dan Cadet Pilot. Captain memiliki lencana emas 4 baris, walaupun ada beberapa yang memakai warna putih. Di saat menjalankan tugasnya, seorang captain disebut juga Pilot In Command (PIC). Yang mempunyai arti kalau dia menjadi eksekutif puncak di dalam keamanan dan keselamatan penerbangan. Adapun gaji posisi captain penerbangan maskapai Garuda Indonesia kisaran Rp. 50.000.000 setiap bulannya.

Lalu posisi Cadet Pilot, merupakan seorang co-pilot baru lulus dari sekolah penerbangan. Umumnya, sebagai pertanda pangkat, mereka memiliki tanda pangkat seperyi garis di pundak mereka.

Adapun gaji seorang Cadet pilot di antara Rp. 18.000.000 – Rp. 35.000.000 setiap bulannya. Gaji tersebut sebanding dengan besar biaya saat mereka menjalani pendidikannya.

Dan kalau di konversikan ke gaji bulanan pilot, kurang lebih Rp. 97,3 juta (anggapan kurs Rp 14.600/US$). Tentu saja seorang pilot yang bekerja di pada penerbangan internasional memiliki gaji yang lebih besar dibanding pada penerbangan domestik.

Rata-rata gaji untuk seorang pilot maskapai internasional kisaran $145.000 setiap tahunnya. Dengan begitu gaji seorang pilot yang bekerja di maskapai internasional kisaran Rp 176.000.000 setiap bulannya.

Selain mendapatkan gaji yang cukup besar, seorang pilot maskapai umumnya memperoleh beragam keuntungan, adapun bonus dan keuntungan yang lain seperti fasilitas atau akomodasi yang mewah. Adapun jumlah dan besaran ganti kerugian yang di terima pilot sudah pasti tergantung pada jenis ketentuan dari tiap-tiap maskapai.

Peran dan Tanggung Jawab Pilot

Peran pilot

Bukan hanya tugas, seroang pilot mempunya peran dan tanggung jawab yang besar.

Berikut beberapa jenis peran dan tanggung-jawab yang perlu di jalankan dengan seorang pilot pesawat, seperti :

  • Harus memastikan dan memeriksa jika semua faktor teknis dalam pesawat yang ingin di kemudikan atau di terbangkan dalam keadaan layak terbang setelah atau sesudah pesawat terlepas landas.
  • Memberikan penumpang keadaan nyaman sepanjang penerbangan.
  • Memberi layanan penerbangan pesawat secara profesional dengan co-pilot, mempertimbangkan cuaca dan teknik standar yang di berikan.
  • Dapat memberikan jaminan keselamatan kepada semua penumpang sepanjang penerbangan.
  • Selalu komunikasikan laporan penerbangan dan peralihan agenda penerbangan kepada otoritas bandara secepatnya.
  • Melaporkan kepada teknisi pesawat kalau ada permasalahan dengan pesawat.
  • Mempunyai ide yang tinggi untuk dapat memecahkan permasalahan dalam penerbangan.
  • Rekam komunikasi dari pengontrol lalu lintas udara dan implementasikan rencana penerbangan jika perlu. Dan juga saat menangani permasalahan, seorang pilot harus tetap tenang tanpa cemas berlebihan, supaya tidak membuat cemas pada seluruh penumpang.
  • Dapat menemukan solusi terbaik untuk menuntaskan permasalahan saat pesawat mengalami permasalahan yang mempunyai potensi berbahaya.

Cara Menjadi Pilot

Adapun persyaratan utama untuk menjadi seorang pilot yaitu harus menuntaskan training pilot dulu. Training ini bisa di laksanakan oleh siapa saja dengan syarat dapat memenuhi persyatan dan di nyatakan lolos. Untuk dapat di terima di sekolah penerbangan, berikut syarat yang harus di penuhi :

  • Tinggi badan minimum 160 cm.
  • Tidak buta warna
  • Memiliki keadaan fisik yang sehat.
  • Memiliki bahasa Inggris yang baik.

Kamu dapat temukan info secara detail tentang karir tersebut mengenai teknik, keselamatan , dan manajemen penerbangan pada Departemen Penerbangan.

Merupakan pekerjaan yang memerlukan keterampilan atau ketrampilan mengemudikan pesawat udara, seorang pilot harus lulus ujian tertulis resmi dan ujian terbang, yangdiadakan pada sekolah penerbangan dan otoritas penerbangan.

Jika tes di pastikan lulus, pihak penerbang akan memberikan sertifikat terbang atau lisensi penerbang, seperti surat pengakuan kemampuan (kompentensi menerbangkan pesawat udara jenis atau ukuran tertentu) penerbang.

Lisensi tersebut memiliki jenis dan level yang berbeda. Berikut Lisensi penerbangannya seperti CPL, PPL, ATPL dan Grameds, ME.

Jenjang Karir Pilot

Tunjangan pilot

Berikut jenjang karir seorang pilot :

1. First Officer

First Officer merupakan perwira pertama yang diperbolehkan mengemudi pesawat dengan ditemani kapten. Umumnya mereka membantu kapten untuk mengatur kecepatan pesawat dalam hubungannya dengan navigasi.

First Officer juga kadang menggantikan posisi kapten saat kapten tidak ada. Syarat yang perlu di penuhi untuk menjadi First Officer harus mempunyai lisensi ATPL dan ME

2. Second Officer

Untuk pilot pemula yang baru saka lulus dari sekolah pilot, tentunya pengalaman yang di miliki masih sedikit. Maka setiap maskapai tidak langsung memberi jam terbang lebih kepada lulusan baru.

Karena pihak maskapai tidak ingin mengambil resiko yang kemungkinan terjadi. Umumnya, petugas ke-2 cuma dibolehkan bawa pesawat kecil yang dijaga kapten.

3. Captain

Captain merupakan tingkatan karir paling tinggi untuk seorang pilot. Seorang Captain pilot bertanggungjawab untuk memantau FO saat menerbangkan pesawat. Captain bertanggungjawab atas segala hal yang terjadi sepanjang penerbangan.

Demikianlah pembahasan yang dapat kami berikan mengenai Gaji Pilot, tugas, peran dan tanggung jawab seorang pilot. Semoga dapat membantu kamu yang ingin mengetahuinya atau bahkan ingin menjadi seorang pilot.

Tinggalkan komentar