p.read-more-container { display: none; }
Gaji TKI di Romania

Mencengangkan! Gaji TKI di Romania Mencapai Ratusan Juta?

Satupersen.co.id – Romania adalah negara di Eropa Tenggara yang terkenal dengan kekayaan sejarah dan budayanya yang unik. Negara ini memiliki sejarah yang panjang dan kaya akan tradisi yang dipengaruhi oleh pengaruh dari berbagai kebudayaan. Di samping itu, negara ini juga memiliki alam yang indah dan tempat-tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Romania memiliki warisan budaya yang berasal dari berbagai pengaruh, seperti Romawi, Slavia, Turki, dan Hongaria. Ada banyak festival dan acara tradisional yang diadakan di Romania sepanjang tahun, termasuk Festival Dracula di Transilvania dan Festival Enescu, yang menampilkan musik klasik. Romania juga memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Beberapa tempat wisata yang paling populer di Romania antara lain Kastil Bran, Danau Balea, dan Biara Putna.

Selain kaya akan budaya dan tempat wisatanya, Romania juga menjadi salah satu negara dengan peluang kerja yang menjanjikan bagi tenaga kerja Indonesia atau TKI di berbagai sektor. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Peluang Kerja di Romania

Peluang kerja di Romania

Romania adalah negara di Eropa Tenggara yang memiliki banyak peluang kerja bagi tenaga kerja asing, termasuk Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Negara ini terkenal dengan sektor industri yang berkembang pesat, seperti manufaktur, teknologi informasi, logistik, dan sektor jasa lainnya. Selain itu, Romania juga memiliki kebutuhan tenaga kerja di sektor kesehatan, pendidikan, dan pariwisata.

Berikut ini peluang kerja bagi TKI di Romania dari berbagai sektor:

  1. Sektor Manufaktur. Romania adalah negara dengan sektor manufaktur yang berkembang pesat dan menawarkan banyak peluang kerja bagi TKI. Beberapa perusahaan multinasional yang beroperasi di Romania mencari tenaga kerja yang terampil dan terlatih di bidang manufaktur, seperti produksi mobil, komponen elektronik, dan produk-produk konsumen.
  2. Teknologi Informasi. Sektor teknologi informasi di Romania juga sedang berkembang pesat. Negara ini memiliki banyak perusahaan teknologi yang mencari tenaga kerja yang terampil dan terlatih di bidang pengembangan software, jaringan, dan teknologi informasi lainnya. TKI yang memiliki keahlian di bidang teknologi informasi dapat mempertimbangkan Romania sebagai tempat untuk mengembangkan karir mereka.
  3. Logistik. Romania memiliki posisi yang strategis di Eropa Tenggara dan merupakan pusat logistik untuk wilayah tersebut. Perusahaan logistik di Romania sering mencari tenaga kerja yang berpengalaman dan terampil di bidang logistik, seperti pengiriman, gudang, dan manajemen rantai pasok. TKI yang memiliki pengalaman di bidang logistik dapat mengeksplorasi peluang kerja di sektor ini di Romania.
  4. Sektor Kesehatan. Sektor kesehatan di Romania juga terus berkembang dan menawarkan peluang kerja bagi TKI yang terampil di bidang medis, seperti dokter, perawat, dan ahli farmasi. Beberapa rumah sakit di Romania sering merekrut tenaga kerja asing untuk mengisi kekurangan tenaga kerja medis di negara ini.
  5. Pendidikan dan Pelatihan. Romania juga memiliki kebutuhan yang besar untuk tenaga kerja di sektor pendidikan dan pelatihan. Beberapa universitas dan lembaga pendidikan di Romania sering merekrut tenaga kerja asing untuk mengajar di program-program mereka. TKI yang memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman pengajaran dapat mempertimbangkan peluang kerja di sektor ini di Romania.

Selain sektor yang telah disebutkan, tentu masih ada sektor-sektor lainnya. Namun untuk dapat bekerja di Romania, TKI harus memiliki visa kerja yang sesuai dan izin kerja dari pihak berwenang. Proses ini biasanya melibatkan perusahaan atau majikan yang merekrut tenaga kerja asing. Pihak majikan akan membantu dalam proses aplikasi visa dan izin kerja untuk TKI yang direkrut.

Baca Juga : Gaji TKI di Denmark Lengkap Semua Profesi 2023

Gaji TKI di Romania

Gaji TKI di Romania

Bagi seorang TKI di Romania, salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan adalah gaji yang akan diterima. Gaji TKI di Romania dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti bidang pekerjaan, pengalaman, kualifikasi, dan perusahaan tempat bekerja. TKI dengan pengalaman kerja yang lebih banyak atau kualifikasi yang lebih baik cenderung mendapatkan gaji yang lebih tinggi. Selain itu, TKI juga dapat melakukan negosiasi dengan perusahaan untuk mendapatkan gaji yang lebih baik.

Di sektor manufaktur, gaji TKI di Romania untuk pekerja di pabrik biasanya mendapatkan gaji yang relatif rendah, namun, TKI yang bekerja di posisi manajemen atau teknis di perusahaan-perusahaan besar mungkin mendapatkan gaji yang lebih tinggi.

Dan untuk sektor teknologi informasi di Romania menawarkan gaji yang relatif tinggi bagi TKI dengan kualifikasi yang baik. Gaji di bidang ini biasanya berkisar antara Rp 24 juta – Rp 48 juta per bulan untuk posisi pengembang software atau teknologi informasi. Terdapat juga pekerjaan di sektor kesehatan yang juga mendapatkan gaji yang relatif tinggi untuk profesi dokter, perawat, dan ahli farmasi.

Gaji TKI di Romania biasanya dibayarkan setiap bulan, pada tanggal yang telah ditentukan oleh perusahaan. Pembayaran gaji dapat dilakukan melalui transfer bank atau pembayaran langsung. Biasanya perusahaan juga menyediakan asuransi kesehatan dan program tunjangan lainnya untuk karyawan, termasuk TKI.

Untuk lebih jelasnya mengenai gaji yang diterima oleh TKI di Romania, berikut ini kami berikan rincian daftar gaji TKI di Romania berdasarkan bidang profesi dengan satuan mata uang Leu Romania (RON).

Daftar Gaji TKI di Romania Berbagai bidang Profesi

Profesi Gaji Rata-rata
Accounting and Finance
Accountant 5,940 RON
Accounting Assistant 4,550 RON
Accounting Manager 13,400 RON
Bookkeeper 3,840 RON
Chartered Accountant 7,970 RON
Corporate Treasurer 11,800 RON
Financial Analyst 10,700 RON
Financial Manager 17,100 RON
Internal Auditor 8,170 RON
Administration / Reception / Secretarial
Administrative Assistant 4,390 RON
Office Manager 7,370 RON
Receptionist 3,390 RON
Secretary 3,860 RON
Advertising / Grapic Design / Events
Art Director 8,800 RON
Creative Director 8,340 RON
Graphic Designer 5,250 RON
Photographer 4,900 RON
Airlines / Aviation / Aerospace / Defense
Aerospace Engineer 10,900 RON
Air Traffic Controller 9,150 RON
Flight Attendant 5,980 RON
Pilot 14,800 RON
Architecture
Architect 9,960 RON
CAD Drafter 4,290 RON
Automotive
Mechanic 3,090 RON
Service Advisor 6,030 RON
Banking
Bank Branch Manager 15,800 RON
Teller 3,180 RON
Bilingual
Teacher 6,900 RON
Translator 7,970 RON
Business Planning
Business Analyst 10,400 RON
Business Development Manager 13,300 RON
Project Manager 9,540 RON
Care Giving and Child Care
Nanny 3,460 RON
Nursery Teacher 3,270 RON
Construction / Building / Installation
Civil Engineer 8,070 RON
Construction Project Manager 14,200 RON
Health and Safety Officer 3,780 RON
Customer Service and Call Center
Call Center Representative 3,200 RON
Customer Service Manager 11,600 RON
Customer Service Representative 3,140 RON
Engineering
Electrical Engineer 8,040 RON
Engineer 8,190 RON
Mechanical Engineer 8,010 RON
Executive and Management
Chief Executive Officer 18,600 RON
Chief Financial Officer 18,300 RON
General Manager 15,000 RON
Food / Hospitality / Tourism / Catering
Chef 5,230 RON
Executive Chef 6,400 RON
Hotel Manager 16,200 RON
Travel Agent 5,450 RON
Waiter / Waitress 2,660 RON
Health and Medical
Dentist 21,000 RON
Dietitian 16,100 RON
Laboratory Technician 6,360 RON
Nurse 6,900 RON
Human Resources
Human Resources Manager 13,400 RON
Human Resources Officer 5,410 RON
Information Technology
Computer Technician 6,420 RON
Database Administrator 8,250 RON
Developer / Programmer 8,650 RON
Information Technology Manager 13,900 RON
Network Engineer 7,180 RON
Law Enforcement / Security / Fire
Police Officer 5,000 RON
Legal
Attorney 16,300 RON
Legal Assistant 4,740 RON
Media / Broadcasting / Arts / Entertainment
Journalist 9,480 RON
Pharmaceutical and Biotechnology
Biomedical Engineer 7,710 RON
Pharmacist 11,100 RON
Sales Retail and Wholesale
Cashier 3,350 RON
Sales Manager 15,300 RON
Sales Representative 5,630 RON
Teaching / Education
Elementary School Teacher 5,870 RON
Secondary School Teacher 7,070 RON

Demikianlah pembahasan yang dapat kami berikan mengenai gaji TKI di Romania berdasakan bidang profesinya. Semoga pembahasan ini dapat membantu kamu yang ingin mengetahui besaran gaji TKI di negara tersebut. Dan bagi TKI yang ingin bekerja di Romania, perlu untuk memperhatikan persyaratan dan kualifikasi yang dibutuhkan serta memastikan bahwa gaji yang ditawarkan memadai untuk memenuhi biaya hidup di Romania.

Check Also

Aplikasi Al Quran Digital

Yuk Install Aplikasi Al-Qur’an Digital, Baca Kapan Saja Dimana Saja

Satupersen.co.id – Al-Qur’an merupakan kitab suci umat Islam yang di wahyukan Allah SWT kepada Nabi Muhammad ...

Baca Selengkapnya