p.read-more-container { display: none; }
Gaji UMR pekerja di Australia

Berapa Gaji UMR di Australia? Segini Besarannya

Satupersen.co.id – Australia masuk dalam daftar negara dengan gaji UMR tertinggi di dunia. Sebab itu pula, banyak penduduk tanah air yang tertarik untuk bekerja di negara tersebut. Selain karena dekat dengan Indonesia, alasan lain banyak orang tertarik untuk bekerja di Australia yakni tentunya karena nominal gaji yang di tawarkan. Meski demikian, perlu diketahui bahwa biaya hidup di Australia juga relatif tinggi.

Karena standar gaji di Australia terhitung cukup tinggi, gaji pekerja di Australia cukup baik dan stabil, dan pekerja di sana memiliki hak yang baik dan perlindungan hukum. Negara ini juga memiliki tingkat pengangguran yang rendah, yaitu sekitar 5%, yang menunjukkan bahwa pasar tenaga kerja di sana cukup stabil dan banyak tersedia peluang kerja.

Jika ingin mengetahui besaran gaji UMR di Australia, maka kami akan memberikan penjelasannya. Namun sebelumnya, pastikan kamu menyimak pembahasan di bawah ini mengenai jenis-jenis pekerjaan di Australia.

Pekerjaan di Australia

Pekerjaan di Australia

Australia merupakan salah satu negara dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang stabil dan banyak peluang pekerjaan. Berbagai sektor bisnis, seperti teknologi, konstruksi, perawatan kesehatan, pariwisata, dan pertanian, memberikan banyak peluang pekerjaan.

  • Sektor Teknologi: Beberapa perusahaan teknologi besar beroperasi di Australia dan negara ini juga menjadi tuan rumah beberapa konferensi teknologi terkenal. Ini menciptakan peluang bagi profesional teknologi seperti pengembang perangkat lunak, analis data, dan profesional IT lainnya.
  • Sektor Konstruksi: Proyek-proyek konstruksi besar sedang berlangsung di seluruh Australia, memberikan peluang pekerjaan bagi insinyur, tukang bangunan, dan profesional konstruksi lainnya.
  • Sektor Perawatan Kesehatan: Sistem kesehatan Australia diakui sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Ini memberikan peluang pekerjaan bagi dokter, perawat, dan profesional kesehatan lainnya.
  • Sektor Pariwisata: Pariwisata adalah salah satu sektor terbesar di Australia dan memberikan banyak peluang pekerjaan bagi profesional pariwisata, termasuk pemandu wisata, pramugari, dan staf hotel.
  • Sektor Pertanian: Australia adalah salah satu produsen pertanian terbesar di dunia dan membutuhkan tenaga kerja untuk sektor ini, termasuk petani, ahli pertanian, dan staf pertanian lainnya.

Pekerjaan di Australia memiliki beberapa keuntungan, seperti gaji yang baik, kondisi kerja yang baik, dan kualitas hidup yang tinggi. Banyak orang yang datang dari berbagai negara untuk bekerja dan tinggal di Australia. Jika Anda tertarik untuk bekerja di Australia, pastikan untuk melakukan riset dan mempersiapkan diri Anda dengan baik sebelum berangkat.

Baca Juga : Beda Jauh dari Indonesia, Segini Gaji UMR di Amerika Serikat

Gaji Pekerja di Australia

Gaji UMR pekerja di Australia

Australia merupakan negara yang memiliki tingkat hidup yang tinggi, dan gaji pekerja di sana biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan negara lain. Menurut Fair Work Ombudsman, tercatat mulai 1 Juli 2020 National Minimum Wage atau Upah Minimum Regional (UMR) di Australia adalah $19,84 AUD per jam atau jika di konversi ke rupiah yakni sebesar Rp 212.770. Jika hitungan per minggu maka upah minimumnya sebesar $ 753,80 AUD atau Rp 8.084.000.

Namun menurut berita terbarunya, Australia kini menaikkan upah minimum sebesar 5,2 persen sebagai upaya mengatasi kenaikan biaya hidup warganya. Besaran upah minimumnya yakni menjadi menjadi $21,38 AUD atau sekitar Rp 217.000 per jam yang mulai berlaku 1 Juli 2022. Saat ini tingkat upah minimum yang berlaku sebesar $20,33 AUD per jam. Sementara bagi pekerja dengan tingkat gaji berdasarkan kontrak menurut industrinya masing-masing (atau biasa disebut award rates) akan di naikkan sebesar 4,6 persen. Dengan kenaikan minimum $40 AUD bagi mereka yang berpenghasilan di bawah $869,60 AUD per minggu.

Namun banyak juga pekerja yang menerima gaji yang lebih tinggi dari gaji minimum tersebut, tergantung pada tingkat pendidikan, pengalaman, dan bidang pekerjaan. Beberapa bidang pekerjaan dengan gaji tinggi di Australia antara lain adalah bidang teknologi, farmasi, konsultan bisnis, dan profesional medis.

Selain itu, Australia juga memiliki sistem pembayaran gaji yang baik dan teratur. Banyak perusahaan di sana menawarkan benefit seperti asuransi kesehatan, cuti tahunan, dan pensiun. Beberapa perusahaan juga menawarkan program pengembangan karier bagi para pekerja mereka.

Jadi, bagi mereka yang ingin tinggal dan bekerja di Australia, gaji pekerja adalah hal yang perlu di pertimbangkan. Namun, harus di ingat bahwa biaya hidup di Australia juga relatif tinggi, jadi pastikan untuk mempertimbangkan biaya hidup sekaligus dengan gaji yang akan di terima.

Demikianlah pembahasanan yang dapat kami berikan mengenai gaji UMR di Australia. Semoga dapat membantu kamu yang ingin mengetahui berapa besar gaji UMR yang di terima para pekerja di negara Australia.

Check Also

Tarif penyeberangan kapal

Daftar Tarif Penyeberangan Sumatera dan Bali Terbaru 2023

Satupersen.co.id – Untuk Anda yang berencana menggunakan transportasi ferry untuk menyeberang dari Pelabuhan Merak –  Bakauheni ...

Baca Selengkapnya