5 Cara Mengatasi iPhone Tidak Ada Suara

Satupersen.co.idiPhone kamu tidak berfungsi normal atau tidak ada suara? Sebelum membawanya ke service center, kamu bisa mencoba memperbaikinya sendiri lho. Karena kami akan membagikan beberapa cara yang bisa kamu ikuti untuk mengatasi masalah tersebut.

Banyak user yang mengalami iPhonenya tidak ada suara saat memutar musik atau video, suara dering panggilan telepon tidak berfungsi, suara speaker tidak berfungsi saat melakukan panggilan, suara alarm tidak berfungsi, atau kasus-kasus lainnya.

Hal-hal tersebut terjadi akibat dari beberapa faktor, yang salah satunya mungkin dari fitur-fitur pada iPhone itu sendiri. Oleh karena itu, kamu perlu mengecek beberapa fitur sebelum lanjut memperbaiki malahnya. Berikut penjelasannya.

Fitur yang Perlu Diaktifkan dan Dinonaktifkan

Sebelum melakukan cara-cara mengatasinya, pastikan iPhonemu sudah mengecek fitur-fitur dibawah ini.

Aktifkan Suara Pemberitahuan Aplikasi

Aktifkan suara pemberitahuan aplikasi yang ada pada perangkat iPhonemu. Karena bisa jadi suara yang tidak muncul diakibatkan dari suara pemberitahuan yang tidak diaktifkan.

Nonaktifkan Mode Silent

Jika tombol silent di sebelah kiri iPhonemu tidak terlihat warna orange, artinya mode silent sudah dalam keadaan off.

Nonaktifkan Bluetooth

Pastikan bluetooth pada perangkat iPhonemu sudah dalam keadaan off. Karena siapa tahu kamu pernah menghubungkan iPhone dengan speaker bluetooth eksternal sebelumnya.

Nonaktifkan fitur Do Not Disturb

Fitur Do Not Disturb atau Jangan Ganggu memang bertujuan untuk membuat semua pemberitahuan menjadi senyap. Oleh karena itu, pastikan fitur ini sudah dalam keadaan off.

Trending :  Perbandingan Kamera iPhone XR VS iPhone 11, Mana yang Lebih Baik Tahun 2022

Cara Mengatasi iPhone Tidak Ada Suara

1. Bersihkan Speaker

Salah satu kemungkinan penyebab suara tidak muncul pada iPhone adalah speaker yang kotor. Oleh karena itu, periksalah lubang speaker untuk melihat apakah tersumbat atau kotor.

Kamu bisa membersihkan speaker menggunakan cutton buds atau pun sikat lembut sambil menekan tombol volume up dan volume down.

Setelah membersihkan speaker kamu bisa mengetesnya melalui pengaturan nada dering. Caranya masuk ke menu Pengaturan > klik opsi ‘Bunyi’ > scroll dan klik opsi ‘Nada Dering’, lalu tarik penggeser Dering dan Peringatan maju dan mundur beberapa kali. Kemudian silahkan pilih nada dering untuk mengeceknya.

2. On-Off Airplane Mode

Cara pertama yang bisa kamu lakukan ketika iPhonemu tidak ada suara yaitu mengaktifkan Airplane Mode atau Mode Pesawat. Caranya bisa langsung buka Assesive Touch kemudian > klik Pusat Kontrol > klik ikon pesawat hingga menjadi On. Atau bisa melalui menu Pengaturan > geser panel Mode Pesawat menjadi On.

Diamkan iPhone dalam mode ini hingga kurang lebih 10 menit atau lebih. Setelah itu kamu bisa menonaktifkan mode pesawat dan cek dengan menekan tombol volume up. Jika masih belum berhasil, kamu bisa terus menekan volume up sampai full kemudian volume down (jangan sampai full) dan kembali ke volume up. Kemudian cek suara apakah sudah kembali normal.

3. Force Restart iPhone

Melakukan force restart cara yang termasuk ampuh saat mengatasi iPhone sedang mengalami masalah seperti crash atau yang lainnya. Speaker yang tidak berfungsi normal atau tidak ada suara juga bisa diatasi dengan cara ini.  Namun cara melakukan force restart berbeda-beda pada setiap device iPhone. Caranya sebagai berikut.

  • Untuk iPhone 6, 6S dan iPhon SE generasi pertama, caranya tekan tombol power dan tombol home secara bersamaan, tahan hingga iPhone mati dan muncul logo.
  • Untuk iPhone 7 dan 7 Plus, caranya tekan dan tahan tombol volume down bersamaan dengan tombol power sampai iPhone mati dan muncul logo Apple.
  • Untuk iPhone 8 sampai iPhone generasi terbaru yakni 13 series, caranya tekan tombol volume up kemudian tekan volume down (lakukan dengan cepat), kemudian tekan dan tahan tombol power hingga iPhone mati dan muncul logo Apple.
Trending :  Cara Mengubah Foto ke JPEG di iPhone, Anti Ribet!

4. Update iOS 

Suara yang tidak muncul pada iPhonemu, bisa jadi disebabkan dari iOS yang mengalami bug atau crash. Oleh karena itu tidak ada salahnya jika kamu mengupdate iOS ke versi yang terbaru. Caranya buka menu Pengaturan > klik pada opsi ‘Pembaruan Perangkat Lunak’, kemudian unduh dan isntal iOS versi terbaru. Atau kamu bisa juga baca artikel Cara Update iOS iPhone Melalui OTA dan iTunes.

5. Factory Reset

Jika cara-cara diatas sudah kamu lakukan namun belum juga berhasil, kamu bisa melakukan Factory Reset atau atur ulang ke pengaturan pabrik.

Mereset ke pengaturan pabrik akan mengembalikan iPhonemu seperti semula saat baru membelinya dan data di iPhonemu akan hilang, oleh karena itu lakukan backup data iPhonemu terlebih dahulu.

Caranya silahkan masuk ke menu Pengaturan > klik opsi ‘Umum’ > scroll kebawah dan klik pada opsi ‘Atur Ulang’ > klik ‘Hapus Konten & Pengaturan’.

Cara-cara itulah yang bisa kamu lakukan sendiri untuk memperbaikinya, jika sudah melakukannya namun iPhonemu masih tidak ada suara berarti ada kemungkinan hardwere speakernya yang rusak. Kamu perlu membawanya ke service center terpercaya.