7 Rekomendasi Aplikasi Backup Data Terbaik + Link Download

Satupersen.co.idAplikasi backup data. Sadarkah kamu seberapa penting sih kita untuk mencadangkan data dari smartphone? Atau hanya perlu jika ruang penyimpanan smartphone sudah penuh saja?

Sebetulnya, mencadangkan atau membackup data smartphone memang penting guna menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan. Karena banyak sekali kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi, seperti handphone rusak, hilang, ataupun suatu hal lainnya. Untuk menyelamatkan file-file penting, kita perlu mengantisipasi melakukan backup data dengan bantuan aplikasi yang bisa di download di smartphone. Berikut aplikasi yang kami rekomendasikan untuk membackup data.

7 Rekomendasi Aplikasi Backup Data Terbaik

1. Google Drive

Google Drive adalah layanan penyimpanan yang paling populer, hingga saat ini sudah terunduh lebih dari 5 milyar di google Playstore. Aplikasi Google Drive merupakan penyipanan data tersinkronisasi yang dikembangkan oleh Google dan diluncurkan pada tanggal 24 April 2012. Google Drive, bagian dari google Workspaces, adalah tempat yang aman untuk mencadangkan dan mengakses semua file kamu dari perangkat manapun. Kamu bisa mengundang orang lain dengan mudah untuk melihat, mengedit, atau memberikan komentar pada file atau folder kamu. Namun jangan khawatir, untuk menjaga keamanan kamu bisa berbagi serta menetapkan izin untuk file dan folder.

Akun Google mendapatkan penyimpanan sebesar 15 GB yang digunakan bersama Google Drive, Gmail, dan Google Foto. Untuk mendapatkan penyimpanan tambahan, kamu bisa meng-upgrade ke Google Workspace atau Google One sebagai pembelian dalam aplikasi.

2. Dropbox

Dropbox dirilis pada 4 Mei 2010 dikembangkan oleh Dropbox, Inc. Aplikasi Dropbox merupakan pesaing utama dari Google Drive. Hingga kini jumlah unduhannya sudah mencapai 1 milyar lebih di google Playstore. Untuk mendownloadnya membutuhkan OS Android versi 6.0 atau yang lebih baru dan IOS 13.1 atau versi yang lebih baru. Dropbox tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Dalam versi gratis, Dropbox akan memberikan ruang sebesar 2 GB. sedangkan untuk ruang penyimpanan yang lebih besar kamu bisa melakukan upgrade ke versi Dropbox Plus untuk mendapatkan penyimpanan 2 TB (2.000GB) atau Dropbox Professional 3 TB (3.000GB).

Fitur pada Dropbox yakni otomatis mengunggah video dan foto dari rol kamera ke penyimpanan, membagikan file dengan siapa saja tanpa mereka harus memiliki akun Dropbox, menyinkronkan folder di PC atau MAC ke Dropbox dengan pencadangan komputer dan memulihkan versi sebelumnya atau mengembalikan file terhapus dengan riwayat versi dan pemulihan file, serta masih banyak lainnya.

3. Microsoft OneDrive

Microsoft OneDrive adalah aplikasi yang di luncurkan pada 28 Agustus 2012 dan di kembangkan oleh Microsoft Corporation. Aplikasi ini berhasil meraih lebih dari 500 juta unduhan di google Playstore. Bisa di download pada Android dengan minimal OS versi 6.0 atau yang lebih baru dan IOS 14.0 atau versi terbaru.

Microsoft OneDrive mencadangkan foto dan video saat mengaktifkan unggah kamera. Kemudian bisa berbagi dokumen, foto, dan video dengan teman atau keluarga. Aplikasi ini juga bisa menyimpan file Word, Excel, PowerPoint dan OneNote dengan cepat.

Microsoft OneDrive memberi ruang penyimpanan sebesar 5 GB secara gratis atau jika menginginkan ruang penyimpanan yang lebih besar, bisa meng-upgrade dengan berlangganan Microsoft 365 untuk mendapatkan ruang penyimpanan  sebesar 1 TB (1000 GB).

4. G Cloud Backup

Aplikasi ini dikembangkan oleh Genie9 LTD dan tersedia di google Playstore dengan Android minimal versi OS 5.0 atau yang lebih baru untuk mendownloadnya. G Cloud Backup merupakan aplikasi pencadangan gratis yang sederhana dan aman untuk melindungi kontak, pesan, foto, video, musik, dokumen, log panggilan, file, dan lainnya ke lokasi penyimpanan. Serta dapat memulihkan semua berkas dan informasi tersebut bahkan seandainya ponsel Anda hilang. G Cloud Backup bisa mencadangkan hingga 10 GB.

5. Terabox

Aplikasi ini dikembangkan oleh Flextech Inc dan tersedia di google Playstore maupun App Store. TeraBox adalah aplikasi penyimpanan inovatif yang melindungi semua file di perangkat ponsel. Siapa pun dapat mengunggah dan mentransfer file ke TeraBox dan membaginya dengan teman dan keluarga. Terabox dapat mencadangkan foto, video, dokumen, dan file lainnya ke penyimpanan, serta akses file yang disinkronkan dengan komputer atau perangkat seluler mana pun. Serta melakukan pratinjau foto & pemutaran video online.

Dengan TeraBox, kamu dapat menyimpan sekitar 300,000+ foto, 250+ film, atau 6.5 juta halaman dokumen. TeraBox menyediakan 1024GB penyimpanan gratis permanen.

6. Easy Backup

Easy Backup di kembangkan oleh LSM Apps dan bisa di download pada Android dengan minimal OS 5.0 atau yang lebih baru. Aplikasi ini menyediakan cara termudah dan tercepat untuk mencadangkan, memulihkan, dan mentransfer file ke antar perangkat seluler. Kamu juga dapat mengirim kontak melalui berbagai layanan berbagi seperti WhatsApp, Gmail, Google Drive, SMS, Dropbox, Skype, Telegram dan masih banyak lainnya.

7. My Cloud Home

Aplikasi My Cloud Home di kembangkan oleh Western Digital Technologies dan juga tersedia di google Playstore maupun App Store. My Cloud Home dapat mencadangkan semua foto dan video secara otomatis dari ponsel  sehingga dapat memberi ruang penyimpanan yang lebih longgar. Dalam aplikasi ini, kamu bisa melakukan pencarian file dengan cepat berdasarkan nama atau lokasi, serta membagikan file dengan mudah kepada teman dan keluarga.

Itulah beberapa aplikasi yang kami rekomendasikan. Semoga berguna buat kamu yang penyimpanan ponselnya hampir penuh, atau hanya sekedar membackup untuk mengantisipasi sebelum kehilangan konten favorit.