Rincian Biaya Kuliah Trisakti 2022/2023 Lengkap Semua Jurusan

Satupersen.co.id – Siapa yang tidak mengenal Trisakti? Kampus ini termasuk salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia. Tiap tahunnya pendaftar Trisakti terus mengalami peningkatan. Oleh karena itu untuk kamu juga yang ingin mendaftar di kampus ini, perlu banget untuk mengetahui mengenai biaya kuliah di Universitas Trisakti terlebih dahulu.

Kampus Trisakti terletak di pusat ibukota Jakarta yang juga disebut sebagai pusat usaha, politik, dan pemerintahan.

Kampus yang di bangun pada tahun 1965 ini sudah menghasilkan banyak lulusan yang berprestasi. Seperti contohnya saja Basuki Tjahaja Purnama (Komisaris Umum PT Pertamina), Lula Kamal (dokter dan presenter), Yenny Top (aktivis Islam dan politisi), dan banyak lainnya.

Trisakti terdapat 9 fakultas yang di dalamnya terdapat banyak program studi. Diantaranya yakni Fakultas Hukum, Ekonomi dan Bisnis, Kedokteran, Kedokteran Gigi, Teknik Sipil dan Perancanaan, Teknologi Industri, Teknologi Kebumian dan Energi, Arsitektur Lanskap dan Teknologi Lingkungan, dan Fakultas Seni Rupa dan Desain.

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai biaya kuliah, sebaiknya ketahui informasi mengenai Trisakti pada pembahasan di bawah ini.

Sejarah Singkat Mengenai Trisakti

Sejarah trisakti

Universitas Trisakti adalah perguruan tinggi swasta di Indonesia. Kampus ini dibangun oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 29 November 1965 dengan Surat Keputusan Menteri PTIP No. Sharif Thajeb.

Tanggal 29 November selanjutnya di deklarasikan sebagai hari jadi Kampus Trisakti. Universitas Trisakti ialah sebuah universitas di pusat perkotaan Jakarta, persisnya di Jalan Kyai Tapa, Grogol, kawasan perkotaan padat penduduk di daerah Jakarta Barat.

Dari posisi itu, keadaan kampus Trisakti benar-benar strategis karena ada di pusat ibukota Jakarta yang disebut pusat pemerintah, ekonomi, politik nasional, dan bisnis.

Kampus Trisakti memiliki riwayat panjang untuk Indonesia, terutamanya berkaitan dengan bencana 12 Mei 1998 yang menyebabkan meninggalnya mahasiswa Trisakti. Mulai sejak itu, Universitas Trisakti di kenal juga dengan panggilan kampus pahlawan reformasi.

Profil Trisakti

Universitas trisakti

Melihat dari sejarahnya, kampus Trisakti di harapkan menjadi acuan peralihan dan kemampuan pembangunan dan pembangunan wilayah pada tingkat nasional.

Visi

Menjadi universitas yang mahir dengan standar internasional dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai lokal untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, seni, teknologi, dan budaya guna meningkatkan kualitas peradaban dan kehidupan.

Misi

Menciptakan sumber daya manusia melalui kegiatan pendidikan dan pengajaran yang memiliki keterampilan intelektual, standar internasional dan karakter Trisakti Trikrama.

Meningkatkan kegiatan penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni berbasis nilai-nilai lokal untuk menjawab permasalahan bangsa dan meningkatkan kualitas hidup dan peradaban.

Meningkatkan keterlibatan Trisakti untuk melayani kebutuhan masyarakat dan industri dengan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu, memperkuat komitmen Trisakti untuk menjaga tata kelola universitas yang baik.

Trisakti yaitu memiliki sebuah visi jadi universitas yang mengusai dengan standard internasional dengan masih tetap junjung tinggi nilai-nilai lokal untuk meningkatkan ilmu pengetahuan, seni, teknologi, dan budaya buat tingkatkan kualitas kehidupan dan peradaban.

Tujuan

  • Tujuan Trisakti ialah mempunyai standard internasional dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai dalam menguasai ilmu pengetahuan, teknologi dan seni rupa sesuai perubahan zaman dengan berdasarkan pada Nilai Murni Trisakti (Takwa, Terampil, Tekun, Asah, Asuh, Asih, Setia, Satria, Sportif).
  • Menghasilkan lulusan yang santun, mandiri, cerdas, sehat, inovatif, mampu berkomunikasi, bekerja bersama, dan meningkatkan jiwa wirausaha (entrepreneurship) dan menghargai kebhinekaan bangsa yang berpedoman semangat Pejuang Reformasi Kampus.
  • Hal ini merupakan budaya akademik yang mempromosikan pengembangan diri lewat proses evaluasi yang produktif, efisien dan efektif dalam peranan menciptakan masyarakat yang beradab.
  • Merealisasikan budaya penelitian sebagai kontributor pada karya nyata yang bermanfaat untuk kemanusiaan, bangsa, dan negara.
  • Menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang bisa menguasai, mengembangkan dan menghasilkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya berbasiskan nilai-nilai lokal sebagai keunggulan komparatif bangsa.
  • Meningkatkan kerja sama dengan institusi akademik lain, dalam dalam institusi publik dunia industri, pemerintah dan di dalam maupun luar negeri.

Trisakti memiliki semua fasilitas. Dimulai dari gedung aula kuliah yang luas, instansi riset, ruangan perpustakaan meliputi koleksi buku sekitaran 52.000 buku, laboratorium dan beberapa sarana pengajaran lainnya.

Di kampus sudah terdapat 4 program pada D3, 23 program pada jenjang Strata 1 (S1), 8 peminatan pada program Pasca Sarjana (S2) dan 3 Program Doktor (S3).

Rincian Biaya Kuliah Trisakti

Biaya kuliah di trisakti

Jika kamu berminat masuk ke kampus Trisakti, maka pastinya kamu mencari informasi terkait biaya kuliahnya sebagai persiapan nantinya.

Pembayaran SPP (Sumbangan Pengembangan Pendidikan) yang di tetapkan berbeda pada tiap fakultasnya dan terbagi menjadi 3 golongan. Dan biaya pengembangan bervariasi tergantung pada program studi yang dipilih.

Berikut daftar fakultas yang tersedia di kampus Trisakti khusus untuk tingkatan sarjana (S-1) :

  • Hukum
  • Teknik Sipil dan Perencanaan
  • Kedokteran Gigi
  • Kedokteran Umum
  • Ekonomi dan Bisnis
  • Teknologi Kebumian dan Energi
  • Teknologi Industri
  • Seni Rupa dan Desain
  • Arsitektur Lanskap dan Teknologi Lingkungan

Penentuan biaya pendidikan di Trisakti di dasari pada sistem penilaian dalam Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB). Berikut perincian biaya kuliah untuk mahasiswa baru tahun ajaran 2022/2023:

Rincian biaya kuliah trisakti

Baca Juga: Biaya Kuliah Unpad Jalur SNMPTN, SBMPTN & Mandiri 2022/2023

Program Magister (S-2)

Universitas Trisakti juga menawarkan pendidikan tinggi pascasarjana (S2) yang dijajakan kpadae masyarakat umum. Tingkat program pascasarjana yang telah tersedia ialah:

  • Manajemen
  • Teknik Elektro
  • Ilmu Ekonomi
  • Teknik Mesin
  • Ilmu Hukum
  • Teknik Sipil
  • Teknik Industri
  • Arsitektur
  • Ilmu Kedokteran Gigi
  • Desain Produk
  • Akuntansi
  • Teknik Perminyakan

Demikianlah pembahasan yang dapat kami berikan secara lengkap dan jelas mengenai biaya kuliah di Trisakti tahun ajaran 2022/2023 dan juga informasi terkait kampus tersebut.Semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat untuk kamu yang ingin melanjutkan studinya di kampus Trisakti.

Tinggalkan komentar