Biaya Kuliah UNILA (Universitas Lampung) TA 2023/2024

Satupersen.co.id – Mungkin sudah banyak yang mengetahui UNILA (Universitas Lampung). Kampus ini termasuk 10 besar perguruan tinggi terbaik se Indonesia dan peringkat 1 terbaik di luar Pulau Jawa menurut Webometrics. Maka dari itu, tak heran jika kampus ini semakin diminati calon mahasiswa baru. Ramainya peminat juga menyebabkan banyak yang mencari tahu biaya kuliah di UNILA. Oleh karena itu, kami akan membahas mengenai biaya kuliahnya dalam artikel ini.

UNILA merupakan salah satu universitas negeri yang berada di Pulau Sumatera khususnya Lampung. Kampus ini di dirikan pada tanggal 23 September 1965.

UNILA lahir dari keinginan dan kemauan masyarakat Lampung dalam memiliki universitas di wilayah itu. Karena dulunya banyak lulusan SMA di Lampung yang harus berpindah ke pulau Jawa untuk meneruskan pendidikan ke perguruan tinggi.

Keinginan tersebut berlanjut sesudah terciptanya dua panitia, yaitu P3SL (Panitia Pembinaan dan Perluasan Perguruan Tinggi) dan P3YPTL (Panitia Persiapan Pendirian Yayasan Perguruan Tinggi Lampung).

Kemudian di tanggal 19 Januari 1960, P3SL berganti nama menjadi Sekolah Menengah dan Panitia Pendidikan dan Perluasan Fakultas (P3SLF).

Pada 19 Juli 1960, P3SLF selanjutnya membangun Fakultas Hukum Ekonomi dan Sosial (FEHS) Lampung sebagai cikal bakal terbentuknya UNILA. Dan di tanggal 23 November 1960, P3YPTL, P3SLF menjadi satu dan menjadi Yayasan Pembina Perguruan Tinggi Lampung (YPPTL).

Yayasan tersebut bertanggungjawab atas organisasi dan pengendalian FEHS sebagai universitas negeri. Kemudian di tanggal 1 Februari 1961, FEHS menjadi cabang Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya.

Kedua fakultas itu yang selanjutnya bisa menjadi fakultas Universitas Lampung, dengan berdasar Surat Keputusan Menteri Pendidikan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) No.195/1965.

Sejarah Singkat UNILA (Universitas Lampung)

Sejarah unila

UNILA atau Universitas Lampung merupakan universitas negeri pertama dan tertua di Provinsi Lampung, Indonesia. Hari Jadi Unila diputuskan pada 23 September 1965, berdasarkan dikeluarkannya Keputusan Menteri PTIP yang mengukuhkan berdirinya UNILA.

Universitas Lampung memiliki misi jika Unila bisa menjadi sepuluh universitas terbaik di Indonesia di tahun 2025. Atas dasar ini, infrastruktur dan sarana yang berada di Unila terus akan dikembangkan untuk memperoleh kampus terbaik dan paling efisien secara internasional.

UNILA terus meningkatkan layanan dan bekerja bersama dengan beragam pihak supaya lulusannya mampu berkompetisi di skala global.

Keinginan membangun perguruan tinggi di Lampung menjadi mimpi beberapa tokoh masyarakat Lampung sejak tahun 1960-an, untuk dijadikan sarana melatih masyarakat pada tingkatan pendidikan yang lebih tinggi.

Karena lulusan SMA terbaik harus ke Jawa atau Palembang untuk meneruskan studi. Kebalikannya, Provinsi Lampung yang baru berdiri memerlukan banyak lulusan perguruan tinggi untuk melakukan kegiatan pembangunan di daerah Lampung.

Untuk kamu yang juga ingin mengetahui berapa biaya kuliah di UNILA, silahkan simak uraiannya berikut ini.

Biaya Kuliah UNILA (Universitas Lampung)

 

Biaya kuliah unila
Berikut beberapa perincian berkenaan biaya kuliah di Universitas Lampung (UNILA), salah satunya adalah:

1. BKT (Biaya Kuliah Tunggal)

Biaya operasional mahasiswa per semester pada mata kuliah di perguruan tinggi negeri. Biaya pendidikan 1x (BKT) di pakai sebagai dasar penentuan biaya untuk mahasiswa, pemerintahan, dan masyarakat.

2. UKT (Uang Kuliah Tunggal)

Biaya kuliah yang di tetapkan untuk tiap mahasiswa berdasarkan kemampuan ekonomi orangtuanya. Uang Kuliah Tunggal (UKT) di tetapkan berdasar biaya kuliah pribadi dikurangi biaya yang di jamin pemerintah.

Berikut ini ialah tabel biaya kuliah UNILA untuk tahun tuntunan 2023, yang mencakup biaya kuliah pribadi (BKT) Unila dan biaya kuliah pribadi (UKT) Unila untuk gelar sarjana (S1).

Uang Pangkal Min Max Rata-Rata
Cicilan Uang Pangkal/bulan (12x cicilan) Rp. 786.667 Rp. 15.733.333 Rp. 8.260.000
Uang Semester Rp. 1.000.000 Rp. 17.550.000 Rp. 9.275.000
Biaya Belajar Rp. 1.000.000 Rp. 17.550.000 Rp. 9.275.000
Cicilan per Bulan Rp. 145.333 Rp. 2.550.600 Rp. 1.347.967
Biaya Tahunan Rp. 12.000.000 Rp. 235.100.000 Rp. 123.550.000
Biaya Keseluruhan Rp. 50.000 Rp. 50.000 Rp. 50.000

 

Untuk lebih rincinya, berikut kami berikat daftar UKT jalur SNMPTN dan SBMPTN

Ukt unila

Keterangan:

  • UKT Kelompok I Rp. 0
  • UKT Kelompok II Rp. 1.000.000

Baca Juga: Biaya Kuliah UNSRI (Universitas Sriwijaya) 2022/2023 Semua Jalur

Daftar Fakultas di UNILA (Universitas Lampung)

Fakultas universitas lampung

1. Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) sebelumnya ialah Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya cabang Lampung. Setelah UNILA berdiri di tahun 1965, Fakultas Ekonomi pada akhirnya tergabung dengan UNILA. Di tahun 2001 Fakultas Bisnis dan Ekonomika berganti nama menjadi FEB UNILA.

2. Fakultas Hukum

Fakultas Hukum merupakan fakultas paling populer di UNILA. Hal tersebut terlihat dari ketertarikan mayoritas pendaftar pada jurusan IPS di UNILA.

Selain itu juga prospek kerja lulusan fakultas ini menawarkan banyak bidang pekerjaan kesempatan karier yang prospektif di masa depan.

3. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) terdapat banyak jurusan yang bisa di pilih. Beberapa jurusan filsafat UNILA merupakan program studi terkenal yang tiap tahun ramai diminati pelamar.

4. Fakultas Kedokteran

Fakultas Kedokteran Universitas Lampung termasuk salah satu fakultas yang relatif muda di UNILA, yang telah di bangun di tahun 2008. FK UNILA ini awalnya di bangun karena masyarakat Lampung menginginkan ada perguruan tinggi kedokteran negeri yang di buka pada tahun 1998.

Walaupun masih terbilang muda, fakultas ini mempunyai misi “Menjadi sepuluh besar fakultas kedokteran di Indonesia dengan peminatan agromedis pada tahun 2025”.

5. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Apabila kamu berkeinginan menjadi tenaga pendidik dan ingin mendedikasikan hidupmu untuk dunia pendidikan, melanjutkan studi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNILA adalah pilihan yang tepat. FKIP UNILA menawarkan program gelar yang komplit dan sebagai fakultas dengan mata kuliah paling banyak di kampus ini.

6. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Salah satu keunggulan FMIPA (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) UNILA ialah meraih OSN (Olimpiade Sains Nasional) dari tahun ke tahun, baik pada tingkat provinsi Lampung ataupun pada tingkat nasional.

Prospek karier lulusan FMIPA ini besar dan sebagai fakultas yang program studinya benar-benar diperlukan di dunia industri saat ini.

7. Fakultas Pertanian

Fakultas Pertanian UNILA telah memberikan beragam jenis prestasi dan kontribusi untuk dunia pertanian. Diawali dengan beragam penemuan misalkan energi terbarukan.

Beragam pengembangan dan inovasi di dunia pertanian, bahkan juga kontribusi dan membuat lapangan kerja baru untuk UKM di wilayah tersebut.

8. Fakultas Teknik

Salah satu pencapaian besar yang pernah di lakukan beberapa peneliti di Fakultas Teknik Universitas Lampung ialah teknologi navigasi penerbangan, yang di miliki oleh salah satun profesor dan peneliti UNILA di bagian robotika yang membantu meningkatkan kendaraan udara tidak berawak paling besar di Jepang.

Demikianlah pembahasan yang dapat kami berikan mengenai biaya kuliah UNILA terbaru 2022 beserta informasi lainnya. Semoga pembahasan yang kami berikan ini dapat bermanfaat untuk kamu yang ingin mengetahui biaya pendidikan di kampus tersebut terutama bagi calon mahasiswa baru yang berminat melanjutkan studinya.

Tinggalkan komentar