Biaya Kuliah Universitas Pasundan (UNPAS) Tahun 2022/2023

Satupersen.co.id – Persiapan masuk ke perguruan tinggi memang harus disiapkan jauh-jauh hari bahkan dari sebelum kelulusan Sekolah Menengah Atas. Persiapan tersebut salah satunya pertimbangan mengenai biaya perkuliahan dari universitas yang di tuju. Seperti contoh mencari informasi mengenai biaya kuliah UNPAS yang akan kita bahas ini.

Sistem perkuliahan dengan sekolah jelas berbeda, banyak istilah-istilah yang harus di ketahui bagi calon mahasiswa. Seperti, di perguruan tinggi tidak ada pembagian raport melainkan Karti Hasil Studi, sistem penilaian di ganti jadi Index Prestasi Kumulatif (IPK) dan masih banyak perbedaan lainnya.

Untuk elemen biaya kuliah, tiap perguruan tinggi memiliki suatu peraturan dan ketetapannya masing-masing, misalkan DP (Dana Pembangunan), DPP (Dana Peningkatan Pengajaran), Dana Laboratorium untuk program gelar tertentu dan biaya yang lain dibayar di UNPAS.

Lantas apa bedanya dan seperti apakah sistem pembayarannya? Untuk ketahui lebih banyak lagi, silahkan simak pembahasan secara lengkapnya di bawah ini.

Info Sekitar Universitas Pasundan (UNPAS)

Unpas

Universitas Pasundan (UNPAS) merupakan perguruan tinggi swasta di Bandung yang berdiri sejak tahun 1960.

Kampus UNPAS sendiri bukan hanya ada di satu lokasi, melainkan tersebar di lima lokasi, diantaranya adalah:

  • Kampus I Universitas Pasundan yang beralamat di Jalan Lengkong Besar No. 68
  • Kampus II Universitas Pasundan yang beralamat di Jalan Tamansari No. 6-8
  • Kampus III Universitas Pasundan yang beralamat di Jalan Reporter IV No. 22
  • Kampus IV Universitas Pasundan yang beralamat di Jalan Dr. Setiabudhi No.193
  • Kampus V Universitas Pasundan yang beralamat di Jalan Sumatera No. 41

Kamu dapat memilih jurusan kuliah di UNPAS sesuai minat dan bakat yang kamu miliki. Percakapan di kelas tidak terbatas pada pelajar dari Indonesia saja, tapi juga dari pelajar Internasional.

Mahasiswa dari beberapa negara yang belajar di kampus UNPAS antara lain mahasiswa dari Asia (Malaysia, Thailand, Singapura) dan dari beberapa negara di Eropa.

UNPAS juga menawarkan calon mahasiswa program doktoral fakultas yang bisa di tujukan untuk calon mahasiswa. Yang terdiri dari sampai 5 program master atau pascasarjana, 26 program sarjana, dan 2 program doktoral.

Walau jumlah program doktoral dan master sedikit, sesudah lulus dari UNPAS kamu bisa meneruskan studi ke tingkatan yang lebih tinggi lagi.

UNPAS telah terakreditasi A dan jalur umum. Aktivitas perkuliahan di UNPAS di laksanakan dalam kelas atau di luar kelas. Hingga bisa memberi peluang ke mahasiswa untuk mendapat banyak ilmu. Mahasiswa juga mempunyai peluang untuk mengikuti pelatihan bersama di Cina.

Daftar Fakultas di Universitas Pasundan

 

Daftar fakultas unpas
Berminat untuk kuliah di Kampus Pasundan? Cari info selanjutnya saat sebelum kuliah. Gelar yang kamu tentukan di UNPAS nanti akan menentukan materi kuliah yang hendak di ambil.

Selain itu, mata kuliah khusus kamu akan menentukan kegiatan kamu sepanjang studi. Oleh karena itu, memilih jurusan atau gelar kampus tidak boleh asal-asalan. Berikut ini beberapa fakultas yang berada di Universitas Pasundan, diantaranya adalah:

  • Ekonomi UNPAS
  • Filsafat UNPAS
  • Hukum UNPAS
  • Pengajaran Guru dan Pedagogi UNPAS
  • Pengetahuan Sosial dan Pengetahuan Politik UNPAS
  • Teknik UNPAS
  • Program Magister (S2) dan Program Doktoral (S3)

Peluang Beasiswa di Universitas Pasundan

Biaya kuliah di Kampus ini yaitu benar-benar mahal untuk mahasiswa yang tidak bergantung pada dukungan orang tua. Tetapi, kamu tak perlu cemas karena ada beberapa kesempatan atau peluang beasiswa di UNPAS yang bisa kamu raih.

Selama kamu menjadi mahasiswa aktif, peluang untuk terima beasiswa tetap ada. Saat ini benar-benar gampang untuk dapat memperoleh beasiswa di Universitas Pasundan. Berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk mengambil beasiswa:

  • Mengambil formulir dari fakultas, formulir itu di bagi dari Bagian Kemahasiswaan.
  • Melengkapi tanggal dan syarat yang sudah di tentukan.
  • Kirim formulir yang telah di isi dan kembali lagi ke fakultas.
  • Nantikan informasi lembaga kemahasiswaan untuk memeriksa kelengkapan berkas.
  • Selanjutnya Bagian Kemahasiswaan mengirim dokumen tersebut ke Kopertis untuk di teruskan.
  • Prosedur akseptasi beasiswa di beri tanda tangan oleh mahasiswa.
  • Jika memenuhi semua persyaratan dan di acc, mahasiswa nantinya akan menerima beasiswa ke rekening masing-masing dari Dikti.

Untuk kamu mahasiswa yang berasal dari luar daerah, sebaiknya mencari tempat tinggal di dekat kampus UNPAS. Kamu bisa memperoleh informasi dari teman0teman mengenai kos-kosan ataupun melalui aplikasi yang bisa di akses secara online.

Jenis-Jenis Biaya Pendidikan UNPAS

Jenis biaya unpas

Sebelum membahas mengenai rincian biaya kuliah di Universitas Pasundan, sebaiknya kamu ketahui jenis-jenis biayanya terlebih dulu. Di mana beberapa jenis biaya kuliah UNPAS yakni sebagai berikut:

1. DP (Dana Pembangunan)

DP (Dana Pembangunan) ialah biaya masuk yang perlu di bayarkan oleh mahasiswa baru (maba). Tujuan dari biaya kuliah ini adalah untuk di gunakan kampus untuk menyiapkan sarana utama. Biaya konstruksi perlu di bayarkan sekali selama perkuliahan.

2. DPP (Dana Penyelenggaraan Pendidikan)

Karena UNPAS merupakan kampus swasta, maka tentu saja tidak memakai sistem pembayaran UKT. Tetapi mempunyai sistem biaya pembayaran semester yang lain yakni DPP. Nantinya mahasiswa UNPAS harus membayar biaya DPP tiap semesternya sesuai yang telah di tetapkan.

3. Biaya Laboratorium

Biaya laboratorium di tanggung khusus untuk mahasiswa Fakultas FISIP, Hukum, dan FISS UNPAS, yakni biaya penyediaan fasilitas prasarana di laboratorium per semester.

4. Biaya OPMB

Biaya OPMB atau biaya tujuan sebagai biaya khusus untuk mahasiswa baru UNPAS. Sama seperti DP, biaya OPMB hanya perlu di bayar sekali selama perkuliahan.

5. Biaya Praktikum

Berbeda dengan biaya laboratorium, biaya praktik di tanggung oleh mahasiswa fakultas kedokteran dan teknik. Besaran pembayaran biaya ini pun tergantung dari jumlahnya mahasiswa mata kuliah praktik pada satu semester.

Rincian Biaya Kuliah UNPAS

Biaya kuliah unpas

Jika sudah mengetahui jurusan-jurusan yang ada di UNPAS, kami akan memberi perincian biaya kuliahnya berikut ini, dimulai dari program sarjana sampai pascasarjana.

Biaya Kuliah UNPAS Program Strata 1 (S1) dan Pascasarjana (S2) Terbaru 2022/2023

Biaya kuliah unpas

Perlu kamu ketahui jika Tabel Biaya Pendidikan UNPAS di atas belum terhitung dengan Biaya Magang atau Biaya OPMB (DPPS) yang ditetapkan berdasarkan kartu kurikulum untuk tiap mahasiswa.

Itulah daftar biaya kuliah di UNPAS terbaru tahun 2022-2023. Silahkan kamu pertimbangkan sesuai minat dan kemampuan dari biaya yang tertera.

Jika memang menurut kamu biaya kuliah dari jurusan yang di tuju masih terbilang tinggi, maka kamu bisa masuk ke  telah bayar biaya kuliah yang tinggi coba mendaftarkan di kampus lain yang biayanya relatif lebih murah.

Banyak kampus favorit di Bandung yang bia kamu compare dari segi biaya pendidikannya. Seperti salah satu kampus politeknik favorit di Bandung yaitu Polban. Polban sendiri tidak hanya perguruan tinggi pilihan, namun juga menerapkan biaya kuliah yang relatif rendah.

Demikianlah pembahasan yang dapat kami berikan mengenai seputaran kampus UNPAS dan biaya kuliah UNPAS terbaru update 2022/2023. Mudah-mudahan dapat membantu kamu calon mahasiswa atau siapaun yang sedang mencari refrensi mengenai biaya kuliah di Universitas swasta yang ada di Bandung ini.

Tinggalkan komentar