Fantastis! Intip Kisaran Gaji Pegawai BUMN yang Perlu Diketahui

Satupersen.co.id – Setiap orang pastinya mempunyai keinginan di tempat yang mereka impikan. Salah satunya seperti bekerja di BUMN (Badan Usaha Milik Negara) dengan gaji yang tinggi. Khususnya untuk beberapa pencarian kerja yang baru lulus kuliah. Pasalnya gaji yang di dapatkannya lumayan tinggi walau baru menjadi fresh graduate. Lantas berapa gaji pegawai BUMN yang bikin menarik perhatian para pencari kerja? Yuk simak pembahasannya sampai akhir.

Selain pembukaan CPNS, lowongan kerja untuk BUMN selalu di nanti oleh beberapa pencari kerja. Adanya penawaran gaji yang tinggi dari perusahaan-perusahaan BUMN menjadi salah satu alasan mengapa bekerja di BUMN sangat diminati. Belum lagi tawaran tunjangan dan fasilitas lainnya.

Kami akan mejelaskan secara lengkap dan jelas mengenai gaji pegawai BUMN. Namun sebelumnya pastikan kamu memahami apa itu BUMN, maka silahkan simak pembahasannya berikut ini.

Tentang BUMN

Bumn

 

BUMN (Badan Usaha Milik Negara) merupakan unit usaha yang beberapa atau semuanya dimiliki negara, yakni Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ada pula BUMN yang bukan perusahaan nirlaba. Tujuan dibuatnya BUMN nirlaba ini ialah untuk menyediakan barang dan jasa kepada masyarakat.

BUMN hadir sebagai realisasi negara dalam peranannya sebagai pelaku ekonomi. Selain itu, pengeluaran modal untuk badan usaha milik negara yang beberapa atau semuanya dipunyai oleh pemerintahan Indonesia.

Pengertian BUMN sendiri diatur dalam undang-undang yakni UU Nomor 19 Tahun 2003 Pasal 1, menyatakan jika badan usaha milik negara ialah perusahaan yang semua atau sebagian modalnya dimiliki oleh pemerintah.

Modal sendiri di dapat dari kekayaan negara melalui penyertaan langsung dan sengaja dipisah. Karena itu mencatat jika kegiatan utama BUMN ialah mengurus cabang-cabang produksi yang perlu untuk negara.

Gaji Pegawai Beberapa Perusahaan BUMN

Daftar gaji pegawai bumn

Selain alasan gaji BUMN yang besar, bekerja di BUMN akan memberikan beragam keuntungan untuk masyarakat. Selain itu, terdapat perusahaan milik negara yang menawarkan pendidikan gratis kepada pegawainya.

Dengan gaji dan tunjangan yang dirasa lumayan besar, pegawai juga bisa menyisihkan beberapa untuk membeli asuransi kesehatan. Lifepal sebagai tipe marketplace asuransi yang komplit dan menyediakan produk asuransi terbaik.

Tiap tahun, diperlukan tenaga kerja dari BUMN. Maka apabila kamu berminat untuk berkarier di perusahaan milik negara, kamu harus rajin memantau informasinya. Masalahnya keinginan dapat mencapai puluhan ribu, hingga otomatis persaingannya ketat. Terdapat beberapa perusahaan milik negara yang mengincar banyak pencari kerja.

Dalam beberapa perusahaan bahkan berani menawarkan gaji yang besar. Berikut ini ialah informasi mengenai gaji beberapa perusahaan BUMN:

1. KAI

PT KAI (Kereta Api Indonesia) sebagai salah satu perusahaan milik negara yang dinanti-nantikan para pencari kerja. PT KAI berani memberi gaji hingga Rp. 13.000.000 perbulan kepada yang pegawai sebagai posisi masinis.

Selain itu, terdapat sarana pendidikan yang berjalan dari 6 bulan sampai satu tahun. Pegawai PT KAI mendapat gaji rata-rata Rp. 3.500.000 – Rp. 6.000.000.

Sudah memiliki beragam jenis tunjangan salah satunya adalah tunjangan rumah, tunjangan anak istri, tunjangan kinerja, tunjangan transportasi, dan tunjangan yang lainnya.

Dan gaji paling tinggi yang di tawarkan PT KAI untuk posisi manajemen sebesar Rp. 17.900.000, posisi Executive Vice President ialah sebesar Rp. 42.500.000, Senior Manajer Rp. 28.400.000, hingga General Manajer sebesar Rp. 28.500.000.

Gaji besar ini belum terhitung ulang tahun dan THR, yang masing-masing mendapatkan satu tunjangan gaji. Ada pula faedah lainnya, misalkan tunjangan perumahan, tunjangan wisata dan transportasi.

2. Pertamina

Pada umumnya, beberapa perusahaan milik negara menawarkan gaji tinggi kepada pegawainya. Beberapa pegawai di Pertamina memperoleh gaji sekitar Rp. 4.000.000 – Rp. 7.000.000 perbulannya.

Gaji paling tinggi di perusahaan ini ialah Rp. 75.000.000, yang di berikan untuk status Manager Umum. Selanjutnya ada status Direktur Pengeboran dengan gaji Rp. 55.000.000, Direktur Rp. 47.500.000, dan Manager Pembelian Rp. 42.500.000.

Benefit lainnya yang di berikan Pertamina tidak kalah menarik. Misalkan, dana pensiun, pesangon untuk yang pensiun, kendaraan dinas, tunjangan kesehatan, rumah dinas dan tunjangan makan. Pertamina dipandang sebagai BUMN yang terbanyak disukai para lulusan maupun mahasiswa baru untuk mengajukan lamaran.

3. BRI

Bank BUMN yang tidak kalah menarik menawarkan gaji tinggi ialah BRI (Bank Rakyat Indonesia). Untuk tingkat pegawai, BRI tawarkan gaji di antara Rp. 4.000.000 – Rp. 6.000.000. Semakin tinggi karir pegawainya, makin akan semakin tinggi pula gaji yang di terima.

Gaji paling tinggi di BRI di pegang oleh jabatan Direksi yang menerima hingga Rp. 220.000.000 perbulan. Selanjutnya ada gaji Senior Manajer sebesar Rp. 32.500.000, Senior Auditor Rp. 25.500.000, Deputy Vice President Rp. 25.000.000, Branch Manajer Rp. 22.800.000, dan Quality Assurance sebesar Rp. 19.500.000.

4. Bank Mandiri

Perusahaan BUMN selanjutnya yang sering dicari para pencari kerja ialah Bank Mandiri. Ada beberapa informasi yang menyebar jika Bank Mandiri adalah bank yang memberi gaji besar.

Hingga banyak yang mencari lowongan kerja di BUMN ini. Untuk lulsan baru, bisa mengikuti program Manajemen Trainee dengan gaji sekitar Rp. 5.300.000.

Sementara gaji untuk orang yang berstatus Direktur kemungkinan lebih tinggi. Kurang lebih nominalnya mencapai Rp. 271.000.000 perbulan.

Untuk beberapa status lainnya mereka memperoleh gaji yang cukup tinggi. Untuk Senior Software Developer ebesar Rp. 8.000.000, ODP-Assistant Manajer Rp. 6.500 000, Auditor Rp. 9.200.000, Kepala Cabang Rp. 14.000.000, Senior Relationship Manajer Rp. 12.400.000, Area Manajer Rp. 29.000.000, dan Branch Manajer UKM sebesar Rp. 17.600.000.

Keuntungan yang di berikan Bank Mandiri kepada pegawainya lumayan besar, mulai dari bonus tahunan, asuransi, sampai bonus cuti tahunan.

5. BTN

Penawaran dari BTN tidak kalah menarik dengan penawaran dari Bank Mandiri. Menurut Detik, BTN berani memberi gaji Rp. 6.000.000 – Rp. 8.000.000 kepada mereka yang mengikuti ODP (Officer Development Program).

Program ini khusus untuk fresh graduate dan harus siap di tempatkan di semua cabang BTN nantinya. Gaji paling tinggi terang di terima Direksi, yakni mencapai Rp. 187.000.000 perbulan. Dan mereka yang menempati status managerial akan memperoleh gaji sekitar Rp. 10.000.000 – Rp. 28.000.000.

Selain gaji pokok, pegawai memperoleh beragam tunjangan, misalkan tunjangan istri, tunjangan insentif kinerja, tunjangan anak, tunjangan kematian, tunjangan perumahan, dan tunjangan lain-lain.

Itulah beberapa perusahaan milik negara yang populer di kalangan pencari kerja. Tidak hanya gaji dan tunjangan, rata-rata para pencari kerja yang ingin bekerja di situ yakni ingin mendapatkan pengalaman yang berharga untuk masa depannya. Karena pengalaman menjadi modal untuk maju ke karir yang lebih tinggi. Baik itu lompatan karir di satu perusahaan atau lompatan karir saat bekerja di perusahaan lain.

Baca Juga: Gaji Kurir SAP Express 2022 : Tunjangan, Bonus dan Jam Kerja

Ciri-Ciri Perusahaan BUMN

Ciri perusahaan bumn

Berikut sebagai beberapa tanda di perusahaan BUMN:

1. Pemerintahan Memiliki Kekuatan Penuh

Beberapa perusahaan milik negara ini di pantau, di kontrol, dan di awasi seutuhnya oleh negara dalam menjalankan operasinya. Usaha persaingan perebutan kekuasaan keseluruhannya diperuntukkan untuk menahan penyimpangan oleh beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab.

2. Sebagai Sumber Pendapatan Negara

Ciri-ciri utama BUMN ialah sumber penghasilannya berasal dari negara. Dana yang di gabungkan negara sejauh ini umumnya hadir dari sini. Perusahaan milik negara kerap ikut serta dalam menyediakan dan melayani beberapa barang untuk masyarakat. Ini merupakan pendapatan rutin negara.

3. Semua Risiko di Tanggung Negara

Karena semua kekuasaan berada di tangan negara atau pemerintah, maka risiko di jamin sepenuhnya. Pada hakekatnya pemerintah atau negara memiliki tanggungjawab dan hak penuh atas berjalannya badan usaha milik negara. Jadi bagaimana BUMN bekerja bergantung seberapa besar kekuasaan yang di miliki pemerintah.

4. Pemilikan Saham Dapat Dimiliki oleh Masyarakat

Untuk penyertaan, BUMN bukan hanya di miliki oleh negara, tetapi pada pihak lain yang memegang kendali lain. Namun, pihak selain negara peserta bukanlah pemilik saham yang sewenang-wenang. Pemilik saham BUMN tidak boleh melebihi 50% kepemilikan negara.

5. Melayani Kepentingan Umum dan Layanan Publik

Tujuan utama BUMN di dirikan yakni salah satunya untuk melayani masyarakat. Hal ini terlihat dalam kegiatan bisnis. Mulai dari komunikasi, layanan listrik, air dan yang lainnya.

6. Menyediakan Produk yang Sesuai dengan Kebutuhan Masyarakat

BUMN juga memiliki kapasitas untuk menyediakan produk atau jasa sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Bisa dikatakan bahwa akan sangat sulit bagi publik untuk memenuhi kebutuhannya apabila perusahaan milik negara tidak menawarkan produk atau layanan yang mereka butuhkan.

Demikianlah pembahasan yang dapat kami berikan mengenai gaji Gaji Pegawai BUMN perbulannya dari berbagai perusahaan. Semoga dapat bermanfaat dan berguna untuk kamu, terutama bagi yang ingin mendaftarkan diri di perusahaan-perusahaan BUMN yang diimpikan.

Tinggalkan komentar