Hati-Hati Jika Hp Kamu Sering Muncul Iklan. Bisa Jadi Itu Adware Berbahaya

Perangkat LunakSatupersen.co.id – Pernahkan kamu terganggu dengan pop up iklan yang muncul tiba-tiba dengan konten random  ketika sedang asyik scroll layar handphone kamu? Jika pop up iklan tiba-tiba muncul dan terjadi lumayan sering, perlu waspada ya. Karena ada kemungkinan perangkat handphone kamu  terkena adware yang berbahaya. Adware menjangkit smartphone berbasis Android.

Apa sih adware itu? Adware merupakan singkatan dari advertising supported softwere atau mudahnya softwere yang dikembangkan untuk mendistribusikan iklan online secara otomatis ke dalam screen milik penggunanya. Sebetulnya adware tidak hanya bisa menjangkit perangkat handphone, tetapi juga laptop.

Lantas kenapa sih berbahaya? Karena adware termasuk dalam golongan malwere (softwere berbahaya) dan berpotensi untuk mengganggu dengan mendistribusikan data pribadi penggunanya. Adware juga bisa mengurangi performa perangkat serta produktifitas kerja  lho. Di era digital ini, adware justru dijadikan lahan untuk mencari penghasilan melalui iklan.

Contoh yang paling sering terjadi seperti ketika pengguna sedang pergi ke halaman browsing dan tiba-tiba adware terpasang dengan tidak sengaja. Pada browser, adware mampu menginstall dan mengganti search engine default user. Hal itulah yang menjadi faktor mengapa handpone penggunanya sering tiba-tiba mendownload file tertentu yang tergolong berbahaya. Kemunculan adware pada handphone juga bisa disebabkan karena penggunanya itu sendiri. Mereka sering mengakses website yang tidak terpercaya, seperti mendownload lagu, film, hingga game.

Cara kerja adwere yaitu dengan menampilkan iklan yang menarik untuk di klik oleh pengguna, maka ketika link sudah di klik adware bisa melakukan akses data dan melakukan pembajakan di handphone maupun laptop.

Solusinya, sebagai pengguna kamu harus lebih bijak dan  berhati-hati lagi dalam menginstall aplikasi pada smartphone kamu. Jangan lagi menggunakan aplikasi ilegal, usahakan hanya menggunakan aplikasi resmi yang tersedia di PlayStore, App Store, maupun sumber terpercaya lainnya.

Trending :  6 Skill Programmer yang Wajib Diketahui

Tips Agar Terhindar Dari Serangan Adware Berbahaya

Bahaya Adwere

Bahaya adware menjadi salah satu fokus penting pada dunia per-gadget-an. Sebagai bentuk kepedulian, Kementerian Kominikasi dan Informatika (Kominfo) menginformasikan tentang bahaya serangan adware ini dengan memberikan beberapa tips agar handphone terhindar dari serangan adware.

  • Jangan mengklik iklan pop up atau berupa link yang ada pada website, terlebih lagi website dan situs-situs ilegal seperti pada aplikasi ilegal, streaming ilegal, maupun aplikasi game ilegal.
  • Gunakan  antivirus pada perangkat handphone ataupun laptop, agar jika ada bahaya adware bisa langsung terdeteksi.
  • Lakukan pengecekan kembali pada bagian deskripsi jika ingin menginstall aplikasi pada perangkat handphone ataupun laptop.

Jika sudah terlanjur terjangkit adware pada perangkat handphone, apakah bisa dihilangkan? Tentu ada beberapa langkah jika kamu ingin menghilangkan serangan adware. Pertama, segera hapus aplikasi yang mencurigakan yang berkemungkinan penyebab munculnya adware. Kedua, jika sudah menghapus aplikasi namun adware tidak hilang maka kamu bisa melakukan factory reset pada handphone kamu di mana akan kembali seperti kondisi baru dari pabrik.