Gaji Teknik Sipil dan Prospek Kerjanya di Indonesia

Satupersen.co.id – Siapa di sini yang mempunyai passion atau minat terhadap desain atau perancangan bangunan? Jika kamu salah satunya, maka kamu bisa mempertimbangkan sudut pandang proyek Teknik Sipil beserta prospek kerja dan gaji yang akan kita bahas kali ini.

Teknik Sipil sendiri memiliki banyak prospek kerja yang menjanjikan. Salah satunya yakni Surveyor , yang mana tugasnya bertanggungjawab atas bangunan dan mempunyai pekerjaan untuk memastikan kepatuhan pada semua hukum dan ketentuan yang berlaku sepanjang konstruksi berjalan.

Bila kamu tidak mematuhinya, kamu sebagai kewenangan pengawas gedung harus menawarkan jalan keluar kepada klien. Ia akan menolong penyiapan dokument izin bila perlu dan harus mengevaluasi pondasi dan sistem drainase dari property yang hendak di bangun tersebut. Hal tersebut bermaksud demi keselamatan semua orang yang turut serta.

Jika kamu ingin mengetahui lebih banyak lagi mengenai pekerjaan yang berhubungan dengan Teknik Sipil ataupun penasaran seberapa sih gaji yang di terima dari pekerjaan tersebut? Silahkan simak artikel ini hingga akhir. Karena kamu akan memberikan pembahasan secara lengkapnya di bawah ini.

Mengenai Teknik Sipil

Teknik sipil

Teknik Sipil merupakan salah satu cabang ilmu teknik yang mempelajari tentang merancang, membangun, dan merenovasi gedung, infrastruktur, hingga lingkungan yang berkaitan dengan keberlangsungan kehidupan manusia.

Mahasiswa yang mengambil jurusan Teknik Sipil harus memerhatikan fungsi bangunan atau sarana umum untuk warga dalam aktivitasnya.

Karena jurusan arsitektur fokus pada perancangan wujud satu bangunan, maka sarjana Teknik Sipil adalah  eksekutor atau pelaksana dari design yang di buat.

Apabila kamu tertarik dengan tugas di bagian Teknik Sipil, kamu bisa mencari tahu pengetahuan yang berkaitan dengan gelar Teknik Sipil dari suatu universitas. Ilmu yang di pelajari dalam Teknik Sipil berkaitan erat dengan fisika dan matematika.

Lantas berapa sih gaji lulusan Teknik Sipil itu? Yuk simak pembahasan berikut ini.

Daftar Gaji Teknik Sipil dan Prospek Kerjanya

Gaji teknik sipil

Gaji standard rata-rata alumni Teknik Sipil atau lulusan baru berkisaran antara Rp. 5.000.000 – Rp. 7.000.000, nilai nominalnya biasanya lumayan tinggi di banding pekerjaan lain.

Namun, nominal gaji yang dibayarkan tergantung dari perusahaan dan wilayah yang di lamar. Berikut beberapa daftar prospek kerja Teknik Sipil dan beberapa perincian gajinya.

1. Surveyor Konstruksi

Penilai bertanggungjawab untuk memastikan jika proyek pembangunan yang sudah di lakukan sesuai ketentuan dan peraturan resmi yang berlaku. Maka dari itu, dalam karier ini kita harus dapat pelajari semua design bangunan dengan detail, di mulai dari susunan sampai fondasi bangunan.

Selain itu, sebagai tenaga pakar tentu saja berkewajiban memberi dokumentkesepakatan pembangunan. Kendalanya ialah saat kita mendapati seseorang yang menyalahi hukum yang berlaku, maka seorang surveyor harus dapat memberi solusi.

Khusus sektor teknik sipil terbuka untuk lulusan baru. Gaji standard untuk seorang surveyor ialah Rp. 3.000.000 – Rp. 6.000.000.

2. Quality Control Proyek Bangunan

Quality kontrol dalam proyek bangunan atau konstruksi di pakai untuk mengawasi kualitas bahan bangunan di lapangan. Sebagai kontrol kualitas, mempunyai hak untuk lakukan pengetesan yang mengikuti pengembangan.

Selain itu, pengawas kualitas diperbolehkan mengeluarkan peringatan kepada kontraktor bangunan dan pengurus proyek apabila ada penyimpanan dalam penyediaan bahan bangunan.

Karenanya, dalam jalankan pekerjaan yang satu ini harus kuat. Gaji standard untuk seorang quallity control proyek bangunan ialah berkisaran Rp. 10.000.000 – Rp. 25.000.000.

3. Konsultan Perencana

Konsultan perencana mempunyai pekerjaan atau jobdesk memberi strategi rencana untuk penerapan proyek konstruksi. Sebagai konsultan, biasanya akan sering berbicara dengan kontraktor untuk mengulas keadaan lapangan dan penghitungan sistematis untuk konstruksi.

Menjadi konsultan perencana profesional, kamu perlu mengawali sebagai pendamping penasihat untuk menyerap pengetahuan sebanyak mungkin.

Gaji standard rata-rata seoran konsultan perencana proyek kurang dari 10 juta dan terus akan bertambah sampai jadi direktur, yang umumnya berpendapatan Rp. 30.000.000 sebulan. Gaji standard konsultan perencana berikisaran Rp. 7.000.000 – Rp. 30.000.000.

4. Pelaksana Proyek

Pelaksana proyek sipil

Pekerjaan selanjutnya yang dapat dilaksanakan ialah menjadi seorang pelaksana proyek. Pada konsepnya pekerjaan ini bisa di ambil alih oleh alumni perguruan tinggi dengan pengalaman kerja yang relatif baru.

Perlu di catat jika tugas ini mempunyai resiko yang lumayan tinggi, karena seorang pelaksana proyek harus langsung ke lapangan tiap hari untuk bekerja.

Gaji pelaksana proyek dapat berkisar antara Rp. 7.000.000 – Rp. 12.000.000 per bulan, tergantung dengan beragam faktor.

5. Manager Proyek

Tugas seorang manager proyek di bagian Teknik Sipil cukup penting. Di mana seorang manager di kasih kekuasaan untuk memimpin semua proses implementasi pengembangan di lokasi dan bertanggungjawab penuh.

Dari manajemen proyek sampai penganggaran sampai potensi resiko pengembangan lanjutan, semua menjadi tanggungjawab manager proyek.

Menjadi manager proyek, kamu di haruskan memiliki minimal lima tahun pengalaman profesional. Gaji standard seorang manager proyek sekitaran Rp. 8.000.000 – Rp. 12.000.000.

Baca Juga: Gaji Lulusan STIN dan Estimasi Tunjangan Yang Didapatkan

6. Manager Konstruksi

Sebagai manager konstruksi, telah di percaya untuk mengurus proyek konstruksi. Maka dari itu, tugas ini pas untuk kamu yang mempunyai tingkat kepimpinan yang tinggi.

Kamu akan bekerja bersama dengan surveyor, arsitek, dan departemen perencana lainnya. Tugas yang ditangani oleh manager konstruksi umumnya ialah proyek perumahan, industri, infrastruktur, dan komersil.

Sebagai manager konstruksi, biasanya memerlukan minimal 3 tahun pengalaman di bidang Teknik Sipil. Tetapi, ada pula beberapa perusahaan yang memperkerjakan seorang manager konstruksi yang baru saja lulus. Gaji standard seorang manager konstruksi berkisaran Rp. 7.000.000 – Rp. 30.000.000.

7. Kontraktor Insinyur Sipil

Kontraktor Insinyur Sipil ialah seorang insinyur sipil yang bertanggungjawab untuk mewujudkan gagasan yang di bikin oleh konsultan bangunan menjadi bangunan nyata.

Posisi ini harus sanggup mengurus sumber daya manusia dan material di lokasi. Tetapi perlu di catat jika ada pula proyek pembangunan yang tidak memiliki sebuah layanan konsultasi.

Maka dari itu, kontraktor harus siap untuk membuat gagasan sendiri dan mengaplikasikannya dalam gedung. Gaji standard untuk kontraktor ini sekitar Rp 5.500.000.

8. Drafter Sketsa Infrastruktur

Sama dengan namanya, Drafter ini sudah bertanggungjawab untuk membikin gambar atau sketsa infrastruktur yang selanjutnya bisa disiapkan untuk konsumen setia atau kliennya. Luar biasanya, di jaman kuno, pendesain menggambar sketsa di atas kertas besar.

Sketsa infrastruktur saat ini bisa di bikin dengan metode yang lebih canggih yaitu AutoCAD. Maka dari itu, perusahaan biasanya cenderung pilih pendesain dengan background pendidikan minimal D3.

Ini karena memakai AutoCAD memerlukan keterampilan teknis yang umumnya diberikan di perguruan tinggi. Gaji standard untuk Drafter Sketsa Infrastruktur berkisaran antara Rp. 3.800.000 – Rp. 9.000.000.

9. Insinyur air

Bila kamu berminat untuk membuat waduk atau pembangkit listrik tenaga air, kamu bisa menjadi insinyur air.

Di sini pekerjaan khusus kamu ialah menuntaskan permasalahan yang berkaitan dengan pengembangan operasionalisasi gedung dan teknis. Gaji yang di terima seorang Insinyur air juga lumayan tinggi, berkisaran antara Rp.15.000.000 – Rp. 40.000.000 per bulan.

10. Dosen

Prospek kerja yang terakhir kami bahas dari lulusan Teknik Sipil yakni bisa menjadi seorang dosen. Pekerjaan ini benar-benar pas untuk kamu yang menyukai ilmu pengetahuan dan penelitian. Untuk menjadi dosen, minimal harus menuntaskan pendidikan magister dari pemerintahan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di tanah air.

Range gaji insinyur sipil yang profesinya sebagai dosen berkisaran antara Rp. 10.000.000 – Rp. 30.000.000 per bulan, tetapi tergantung pengalaman.

Itulah beberapa prospek kerja dengan gaji yang bervariasi sesuai beban pekerjaan dan tanggungjawab yang di emban. Jika kamu tergiur dengan gaji yang di tawarkan, kamu bisa menempuh pendidikan dengan mengambil jurusan Teknik Sipil.

Mata kuliah Teknik Sipil sama dengan mata kuliah lainnya. Tahun awal selalu diawali dengan mata pelajaran umum seperti Matematika, Bahasa, Fisika dan mata kuliah dasar lainnya.

Kemudian di tahun ke-2 perkuliahan, akan di beri pengetahuan yang lebih detail, misalkan Statistik, teknik Mesin  dan lain-lain. Selanjutnya semester tengah, mahasiswa Teknik Sipil dapat memilih minat yang di sukai seperti konstruksi bangunan, pengendalian air dan masih banyak lagi. Tetapkan bidang profesi yang kamu inginkan sepanjang studi kamu dan menyesuaikan dengan pelatihan.

Saat menjalankan pekerjaan ini, pastikan kamu mempunyai pelindungan asuransi. Asuransi bisa membuat perlindungan dari resiko misalkan biaya kecelakaan berat, penyembuhan karena penyakit berat, dan musibah yang lainnya yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Demikianlah pembahasan yang dapat kami berikan secara jelas dan lengkap mengenai gaji Teknik Sipil dari berbagai posisi pekerjaan. Mudah-mudahan pembahasan ini bisa bermanfaat dan berguna untuk kamu jika merasa tertarik ingin memperdalam dan bekerja di bidang yang berkaitan dengan Teknik Sipil.

Tinggalkan komentar