Gaji Lulusan STIN dan Estimasi Tunjangan Yang Didapatkan

Satupersen.co.id – Kebanyakan orang banyak yang menginginkan menuntut ilmu atau melanjutkan studinya ke sekolah kedinasan. Karena seperti yang kita ketahui, ketika kamu masuk ke sekolah kedinasan, kamu tentu memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Berbicara soal prospek kerja, lantas berapa gaji lulusan STIN? Yuk simak artikel ini hingga akhir.

Di Indonesia sendiri memiliki banyak sekolah kedinasan, seperti STIN, PKN STAN, STTD, STPN, STIS, dan masih banyak lainnya. Maka apabila kamu bisa masuk atau lulus di salah satu sekolah kedinasan, itu merupakan sebuah peluang untuk diperjuangkan.

Keinginan tersebut juga tak luput dari besaran gaji yang yang sudah lulus dari sekolah kedinasan tersebut. Seperti yang akan kita ulas kali ini yakni gaji lulusan STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara). Sudah pasti ada pula yang ingin tahu atau menanyakan masalah gaji lulusan sekolah kedinasan yang satu ini.

Lantas kira-kira berapakah gaji bulanan dengan ijazah STIN paling akhir? Bila kamu ingin tahu, silahkan simak penjelasan selengkapnya yang kami berikan sampai selesai.

Profile STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara)

Profile stin

STIN merupakan perguruan tinggi kedinasan di bawah naungan BIN (Badan Intelijen Negara). Kampus STIN ini berada di Bogor, Sentul, sisi Jawa Barat.

Pendirian STIN mempunyai tujuan untuk menyiapkan taruna jadi anggota komunitas intelijen yang mempunyai kemampuan akademik atau keterampilan untuk ilmu dan pengetahuan, mengaplikasikan dan meningkatkan kecerdasan, teknologi, dan seni di bagian kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia atau intelijen untuk persatuan.

Pendirian sekolah ini di tahun 2002 atas prakarsa kepala dinas rahasia negara, Jenderal TNI (A.D.) Dr. A. M. Hendropriyono sebagai penggagasnya yang mengawali berdirinya STIN. Disamping itu, Presiden Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri buka pendirian STIN dalam tanggal 9 Juli 2003 dan mengawali kuliah pertama di tahun 2004.

VISI

Menjadi taraf International yang memiliki keunggulan dan otoritas untuk membantu mewujudkan keamanan nasional.

MISI

  • Pengelolaan lembaga sesuai prinsip pengelolaan universitas yang baik dan berpedoman pada prinsip pengelolaan universitas yang bersih dan baik.
  • Mengembangkan menciptakan inovasi, ide-ide kreatif, dan berinovasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan, keterampilan dan teknologi intelijen yang fokus pada lembaga intelijen mainstream.
  • Mengelola kemitraan, kolaborasi, dan aliansi yang sejalan dengan perkembangan dan tantangan dunia intelijen di tingkat regional, nasional, dan global untuk mengarah pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi intelijen.
  • Menyiapkan dan melatih personel intelijen yang memiliki sikap dan orientasi yang baik terhadap institusi mainstream untuk berperan aktif dalam mewujudkan kepentingan dan keamanan nasional.
    -Mengelola dan mengembangkan pendidikan intelijen yang unggul dan berstandar internasional di bidang akademik dan nonakademik, serta berpedoman pada kejujuran, keunggulan, dan otoritas akademik yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, demokrasi, hak asasi manusia, dan supremasi hukum.
  • Terwujudnya suprastruktur dan infrastruktur untuk mendukung pelatihan dan pengembangan kompetensi, ilmu pengetahuan, dan teknologi intelijen yang unggul dan bertaraf internasional.

Tujuan dan Strategi STIN

Tujuan stin

Berikut ini sebagai beberapa tujuan strategi STIN, berikut uraiannya:

  • Mewujudkan kurikulum dengan berdasarkan kompetensi nyata.
  • Peningkatan jumlah dan kualitas institusi akademik dan infrastruktur serta penunjang di wilayah sekitar kampus STIN.
  • Mencapai lulusan berdaya saing internasional yang memenuhi kebutuhan masyarakat.
  • Mewujudkan pengembangan program studi kecerdasan dan analisis kecerdasan pada jenjang pendidikan atau dalam pengembangan kajian dan kompetensi kecerdasan dan kecerdasan.
  • Mencapai pelibatan sivitas akademika STIN dalam berbagai kegiatan di lingkungan sekolah menengah maupun di bidang lokal, internasional, dan nasional.
  • Membuat sistem informasi studi berbasis data dan teknologi informasi berupa Ethernet, LAN, dan Internet sehingga mahasiswa dapat melakukan registrasi ulang atau supervisi KRS dan melihat nilai secara online.
  • Terwujudnya pengelolaan kelembagaan yang sinergis, efisien dan produktif dengan melalui cara kerja dan pengelolaan yang profesional.
  • Membangun jaringan kerjasama kelembagaan dengan berbagai pihak, lembaga publik dan swasta di tingkat lokal maupun internasional.
  • Mewujudkan apresiasi pendidik, pendidik dan peserta didik atas dasar prestasi sesuai dengan peran dan tugasnya.
  • Melalui partisipasi aktif, komprehensif dan terbuka dari civitas ilmiah dan dengan memperkuat peran aktif unit-unit dasar, untuk menerapkan kepemimpinan yang transparan secara konsisten dan juga untuk mempromosikan kerjasama.
  • Mewujudkan profesionalisme civitas akademika dan kompetensi sesuai dengan peran dan tugas di bidang yang digelutinya.
  • Penyediaan layanan bagi mahasiswa berupa layanan administrasi dan ketersediaan layanan penggunaan perangkat teknologi untuk akses informasi secara online dengan berbagai sumber.

Prospek Kerja Lulusan STIN

Prospek kerja stin

Sebelum kita masuk ke pembahasan besaran gaji, sebaiknya ketahui terlebih dahulu mengenai prospek kerja lulusan STIN. Karena akan memengaruhi besar-kecilnya gaji tiap bulannya.

Sesudah lulus dari STIN sebagai lulusan dari program pascasarjana yang sukses, ada banyak opsi. Ada 2 program studi di STIN, yaitu program Analitis Intelijen dan program Intelijen Agen. Ya, prospek kerja umum lulusan STIN ialah:

  • Pengangkatan Aparatur Sipil Negara (ASN).
  • Ditempatkan pada Badan Intelijen Negara (BIN).
  • Menjadi intelijen militer, intelijen polisi, analis intelijen, penyelidik, detektif, dan masih banyak lainnya.

Gaji Lulusan STIN

Gaji lulusan stin

Kebanyakan orang bercita-cita masuk ke STIN selain sesuai minat yang diinginkan, ada pula prospek kerja lulusan STIN yang terbilang mapan yang nantinya bisa memengaruhi gaji bulanan mereka. Gaji BIN, ASN, dan yang lain sudah pasti berbeda. Ini serupa dengan gaji lulusan STAN di mana tiap status berbeda.

Jika ASN, besaran gajinya bergantung golongan PNS dan jam kerjanya. Karena di antara golongan PNS IIA dan IIIA akan berbeda. Makin lama kamu mengabdi atau bekerja, maka akan semakin tinggi gaji yang kamu terima. Termasuk dari gaji pokok dan tunjangan kinerja.

Kamu dapat memperoleh gaji yang serupa atau semakin tinggi saat bekerja di BIN. Sama seperti yang di ketahui, beberapa orang yang bekerja sebagai anggota BIN mempunyai tanggungjawab dan resiko yang tinggi.

Namun lulusan STIN telah menempuh pendidikan STIN, umumnya para lulusannya ditempatkan di golongan II dan III, dengan variasi yang berbeda. Berikut besaran gaji pokok untuk golongan II dan belum terhitung dengan tunjangan-tunjangan yang lainnya.

No. Golongan

Gaji/Bulan

1. IIa Rp 2.022.200 – Rp 3.373.600
2. IIb Rp 2.208.400 – Rp 3.516.300
3. IIc Rp 2.301.800 – Rp 3.665.000
4. IId Rp 2.399.200 – Rp 3.820.000

Sedangkan gaji pegawai lulusan STIN di golongan IIIa sebesar Rp 2.579.400 – Rp 4.236.400 setiap bulannya.

Jadi bisa di perkirakan atau estimasikan, total gaji lulusan STIN bisa mencapai Rp 8 juta/bulan sudah termasuk gaji pokok dan tunjangan.

Siapa yang tidak tergiur? Tidak salah jika banyak yang tertarik melamar kerja di BIN karena banyak memiliki keuntungan yang di dapatkan di masa depan.

Baca Juga: Gaji Pegawai Perum Bulog Perbulan Semua Posisi Terbaru 2022

Tunjangan Kerja dari Lulusan STIN

Banyak keuntungan yang hendak kamu perole apabila kamu ialah anggota sama seperti yang di sebut di atas. Tunjangannya pun berbeda, yakni PNS mendapatkan tunjangan yang relatif tinggi.

Misalkan, bonus kinerja lulusan STIN dengan prospek semacam itu dapat Rp. 1.960.00 – Rp. 26.320.000 bergantung tahun kelas dan dinas. Disamping itu, kamu tunjangan-tunjangan seperti berikut:

  • Tunjangan suami/istri (5%/gaji pokok)
  • Sokongan anak (2%/gaji pokok)
  • Tunjangan Jabatan
  • Tunjangan makan
  • Biaya perjalanan bisnis

Karena itu, dapat disebutkan bahwa tunjangan itu bila dipadukan kelak dapat meningkatkan gaji lulusan STIN bahkan juga berpendapatan sampai beberapa puluh juta. Tidaklah aneh, beberapa orang berlomba-lomba untuk masuk ke sekolah kedinasan ini, salah satunya karena prospek kerjanya yang menjanjikan.

Program Studi STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara)

Jurusan stin

STIN selalu menyiapkan pemuda dan pemudi Indonesia di pilih yang berpotensi jadi tenaga intelijen yang handal, kompeten, dapat di andalkan, dan professional.

Membuat perlindungan training personil intelijen, STIN mempunyai beberapa lembaga akademik dan multidisiplin yang direncanakan dalam menyiapkan calon alumni STIN untuk peranan selanjutnya di ajang nasional dan internasional sebagai personil intelijen pemerintah.

Agar tampilkan info dengan pas, cepat, dan tepat untuk menjaga dan memelihara kedaulatan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Program Studi yang tersedia di STIN dari S1 hingga S3 yaitu:

Strata 1 (S1)

  • Jurusan Agen Intelijen
  • Jurusan Cyber Intelijen
  • Jurusan Ekonomi Intelijen
  • Jurusan Teknologi Intelijen

Program Pasca Sarjana (S2)

  • Biological Hazard
  • Chemistry dan Nuclear Hazard
  • Magister Aplikasi Intelijen Medik
  • Magister Aplikasi Intelijen Medik
  • Magister Aplikasi Teknologi dan Cyber
  • Magister Kajian Intelijen
  • Magister Terapan Intelijen Ekonomi

Program Doktoral (S3)

Analisis Strategi Intelijen atau dapat mengawasi siapa yang mempunyai handphone dari jauh atau lingkungan, dan bisa melacak siapa saja karena peretasan GPS. Karena semua handphone mempunyai alamat IP, maka bisa melacak kamera, galeri informasi, rekaman, dan lain-lain.

Demikianlah pembahasan yang dapat kami berikan secara jelas dan lengkap mengenai gaji lulusan STIN, serta profile, jurusan dan prospek kerja lulusan STIN. Mudah-mudahan pembahasan kali ini bisa bermanfaat dan berguna untuk kamu yang tertarik ingin mendaftarkan diri ke sekolah kedinasan STIN.