Cara Menghapus Data iPhone dengan Mudah dan Aman

Satupersen.co.id – Pengguna iPhone biasanya memerlukan langkah untuk menghapus data ketika pindah ke device yang baru, karena biasanya device yang lama akan dijual kembali. Namun tahukah kamu bagaimana cara menghapus data iPhone dengan mudah dan aman? Untuk penjelasannya, simak terus artikel ini.

Tidak hanya berfungsi sebagai sebagai alat komunikasi, iPhone saat ini juga bermanfaat sebagai penyimpan berbagai jenis data. Termasuk data-data penting penggunanya.

Sebagai pengguna iPhone, Anda tentu harus tahu cara pengelolaan data yang tepat. Termasuk tahu bagaimana cara menghapus atau mengosongkan data di perangkat iPhone dengan mudah dan aman.

Karena sebetulnya ada langkah-langkah yang harus Anda lakukan agar data aman dan justru tidak membuatya hilang. Simak langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Menghapus Data iPhone dengan Mudah dan Aman

Saat perangkat iPhone akan dijual atau digunakan oleh orang lain, maka Anda secara otomatis harus menyelamatkan semua data yang tersimpan di dalamnya.

Sebenarnya tidak sulit untuk mengosongkan iPhone dari semua jenis data yang sudah Anda simpan. Silakan ikuti saja langkah-langkah berikut ini:

Buatlah Cadangan di iCloud

Langkah pertama, Anda harus membuat cadangan dokumen di iCloud terlebih dahulu. Pengguna iPhone tentu sudah tahu betul apa fungsi dari iCloud itu sendiri.

iCloud merupakan media penyimpanan data untuk perangkat iOS. Jika semua data sudah kamu cadangkan ke iCloud maka artinya data-data tersebut sudah tersimpan dengan aman.

Sebenarnya, semua pengguna iPhone sangat di sarankan untuk melakukan back up data ke iCloud ini secara berkala.

Berikut adalah petunjuk langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk memindahkan data menuju ruang penyimpanan iCloud:

  • Masuk ke menu Settings
  • Klik ID Apple dan pastikan bahwa Anda sudah masuk ke akun iPhone yang Anda miliki, jika belum maka silakan lakukan login.
  • Langsung saja klik menu iCloud lalu pilih iCloud Backup dan geser opsinya ke posisi ON.
  • Scroll ke bagian bawah layar lalu pilih Back Up Now.
  • Tunggu sampai proses back up selesai.
Trending :  Cara Memblokir Panggilan di iPhone dari Nomor yang Tak Dikenal

Perlu di catat bahwa proses back up data ke iCloud ini hanya bisa Anda lakukan jika ada koneksi internet. Jadi pastikan bahwa iPhone sudah terhubung dengan internet yang lancar dan koneksinya stabil. Semakin lancar koneksi internetnya maka akan semakin singkat pula waktu yang dibutuhkan untuk melakukan back up.

Namun, lamanya back up juga tetap akan dipengaruhi oleh jumlah dan besaran file data yang akan dipindahkan.

Baca Juga: Cara Backup dan Restore iPhone di iTunes dan 3uTools

Lakukan Reset Perangkat

Jika sudah memastikan bahwa semua data tersimpan aman di iCloud maka langkah berikutnya adalah lakukan reset perangkat.

Reset ini merupakan pengaturan ulang yang akan membuat proses pembersihan perangkat jadi tuntas. Jika sudah melakukan reset, maka dijamin perangkat iPhone Anda sudah bersih dari berbagai jenis data.

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa anda ikuti:

  • Masuk ke menu Settings.
  • Pilih opsi General kemudian scroll ke bawah dan temukan opsi Transfer or Reset iPhone
  • Langsung saja pilih opsi Reset
  • Sentuh opsi Erasa All Content and Settings untuk menghapus semua jenis data yang tersimpan.
  • Anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi perangkat.
  • Jika sudah memasukkan kata sandi maka pilih opsi Erase iPhone.

Setelah proses ini berhasil, maka perangkat iPhone Anda kembali murni seperti baru seperti pengaturan pabrik. Semua data dan pengaturan yang Anda simpan sebelumnya sudah benar-benar terhapus.

Kunci penting dari proses reset ini adalah pastikan semua data yang ada di iPhone sudah di back up ke iCloud. Jika Anda tidak ingin kehilangan data-data tersebut, maka pastikan back up berjalan lancar.

Proses reset untuk mengosongkan data iPhone ini memang sangat mudah untuk dilakukan. Namun dibutuhkan ketelitian dari si pemilih iPhone supaya tidak ada data penting apapun yang tertinggal.

Trending :  Wajib Coba! Fitur Kamera iPhone Kece Parah

Pastikan saat memilih opsi reset, semua data sudah ada di iCloud jadi Anda tidak akan kehilangan jenis data apapun walaupun perangkat di reset.