Cara Setting Email di iPhone

Satupersen.co.id – Cara setting email di iPhone penting Anda pahami, terutama Anda yang punya jenis Smartphone Ini dan ingin melakukan pengaturan email baik itu Gmail, Yahoo, dan lain-lain.

Bahkan, ternyata Anda bisa mengakses dengan memakai domain sendiri. Biasanya, hal tersebut berlaku pada email perusahaan atau pribadi berbayar.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai bagaimana cara set up email menggunakan akun Anda di perangkat iPhone.

Memang, ada berbagai versi iOS, dan di artikel ini  akan mengulas versi 8.4. Namun pada prinsipnya tidak jauh berbeda dengan apabila Anda menggunakan versi terbarunya.

Bagaimana Cara Setup Email di iPhone ?

Sebelum Anda mengikuti langkah-langkah yang ada pada artikel kali ini, baiknya terlebih dahulu persiapkan dua hal.

Pertama, akun email di cpanel hosting dan yang kedua yaitu perangkat iPhone. Setelah Anda mempersiapkan kedua hal ini maka bisa mulai mengikuti cara-cara set up email sebagai berikut.

Memeriksa Pengaturan Email

Anda harus tahu informasi bagaimana cara pengaturan di server dahulu sebelum set up email dengan benar.

Ini dapat dilihat pada layanan kontrol panel. Kalau memang memakai Cpanel, cara pengaturannya yaitu cPanel> Email Accounts> Set Up Mail Client.

Pada artikel ini, saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara set up email di iPhone memakai non SSL setting. Panduan ini juga bisa Anda terapkan pada secure ssl/tsl setting.

Menambahkan Alamat Email

Anda selanjutnya harus menambahkan email di perangkat iPhone dan bisa mengikuti panduan berikut:

  • Di handphone iPhone, pilih menu setting dan selanjutnya terus ke bagian bawah hingga menemukan opsi Mail, Contact, Calendars.
  • Berikutnya, Anda dapat memilih add account.
  • Akan muncul jendela akun yang dapat ditambahkan ke perangkat, dan bisa Klik tombol other.
  • Lalu, tap add mail account.
Trending :  Cara Mengunci Aplikasi iPhone dengan Touch ID atau Face ID

Melakukan Konfigurasi

Dalam melakukan konfigurasi, Anda harus menginput beberapa info penting pada kolom yang tersedia. 

  1. Pada tahapan ini Anda diharuskan untuk mengkonfigurasi email dengan cara menambahkan sejumlah Informasi seperti berikut:
  2. Name. Ini bisa diisi dengan nama lengkap Anda yang selanjutnya menjadi nama pengirim.
  3. Email. Masukkan alamat email Anda di iPhone.
  4. Password. Masukkan kata kunci login ke email yang dibuat pada hosting.
  5. Description. Pada bagian ini bisa Anda isi dengan penjelasan atau deskripsi akun email dan yang bisa melihatnya hanya Anda sendiri. 
  6. Kalau sudah selesai mengisi kolom yang tersedia, dapat klik next. Pada tahapan Ini Anda harus menginput pengaturan server email berarti pada langkah 1.
  7. Host Name. Pada pilihan ini bisa menggunakan non SSL setting dan pada outgoing dan incoming server bisa diisi dengan mail.namadomain.com.
  8. Username. Pada kolom ini, Anda bisa lengkapi dengan alamat email Anda.
  9. Password. Di sini Anda bisa isi dengan kata kunci.
  10. Berikutnyaa, Anda bisa tekan tombol next untuk menyelesaikan proses pengaturan email di iPhone.

Jika Anda mengikuti panduan di atas secara benar, maka seharusnya akun email telah berhasil dan bisa Anda gunakan. Selanjutnya, cobalah untuk membuka aplikasi mail.

Kesimpulan

Anda sudah belajar tentang bagaimana setup email di iPhone. Kalau masih menemukan kendala, maka ada kemungkinan, yaitu server tidak respon dengan baik atau pengaturan kurang tepat. Cobalah untuk mengulanginya kembali dari awal.

Selanjutnya, kalau sudah mengikuti semua langkah, namun tetap masih belum berhasil juga meskipun Anda telah mengulanginya lagi, maka lebih baik untuk menghubungi layanan customer service. Tujuannya, untuk memperoleh solusi masalah tersebut.