Cara Backup dan Restore iPhone di iTunes dan 3uTools

Satupersen.co.id – Sebenarnya penting bagi kita untuk selalu melakukan backaup data, karena kita tidak akan pernah tau kapan file-file di handphone bisa hilang akibat hal-hal yang gak kita inginkan seperti handphone hang dan error. Untuk menghindari hal tersebut, perlu banget bagi kalian untuk memahami cara backup data melalui iTunes dan 3uTools.

Melansir dari situs resmi support.apple.com, mencadangkan berarti menyalin file dan pengaturan tertentu dari perangkat Apple seperti iPhone. Pencadangan adalah salah satu cara terbaik untuk memastikan kamu agar tidak akan kehilangan informasi di perangkat kamu jika perangkat rusak atau hilang. Cadangan juga berguna saat kamu memperoleh perangkat baru dan ingin mentransfer pengaturan sebelumnya ke perangkat tersebut.

Sebenarnya cara melakukan backup dan restore data itu sangat mudah, apalagi jika menggunakan iTunes dan 3uTools. Asal kamu benar-benar memahami dan mengikuti langkah-langkahnya dengan benar, maka prosesnya akan berjalan lancar. Simak caranya pada penjelasan berikut.

Cara Backup dan Restore iPhone Via iTunes dan 3uTools

Dengan melakukan backup, semua data dan informasi di perangkatmu akan tersalin persis. Mulai dari file media (seperti foto, video, dan lagu) hingga ke catatan, kontak, bahkan pengaturan. Setelah melakukan backup data, kamu bisa merestorenya kapan saja mau di perangkat lama ataupun baru.

Backup dan Restore Data iPhone Via iTunes

Cara pertama dalam melakukan backup data iPhone adalah menggunakan iTunes, yang nantinya data tersebut juga bisa kamu restore kembali ke devicemu. Caranya juga sangat mudah, kamu bisa simak langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Pastikan iTunes sudah terinstal di Mac ataupun PC Windows dengan versi yang terbaru.
  2. Selanjutnya buka iTunes, kemudian sambungkan iPhone dengan Mac atau PC menggunakan kabel lightning.
  3. Jika sudah terkoneksi, klik ikon iPhone pada bar diatas. Setelah itu akan muncul tampilan Summary device kamu dan pada opsi back up akan muncul pilihan back up ke iCloud ataupun komputer.
  4. Untuk mengenkripsi data backup kamu, centang kotak ‘Encrypt iPhone backup’. Kemudian ketik kata sandi dan klik Atur Kata Sandi.
  5. Selanjutnya klik ‘Back Up Now’. Dan tunggu hingga proses backup selesai.
Trending :  Cara Mentransfer Kontak Dari iPhone ke iPhone 

Untuk merestore data yang telah di backup, langkahnya sama seperti membackup. Agar lebih jelas lagi, simak caranya sebagai berikut.

Karena nantinya pada proses backup ada perintah untuk menonaktifkan fitur Find My Phone, maka kita masuk ke tahap ini dulu ya. Cara menonaktifkannya masuk ke menu ‘Setting’ kemudian klik iCloud dan klik opsi Find My iPhone’ dan geser panel menjadi off. Selanjutnya akan diminta untuk memasukkan Apple ID dan password. Setelah selesai klik ‘Ok’, maka Find My iPhone sudah nonaktif.

Selanjutnya masuk ke tahap restore data. Perhatikan langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka iTunes, kemudian sambungkan iPhone dengan Mac atau PC menggunakan kabel lightning.
  2. Jika sudah tersambung, klik ikon iPhone pada bar diatas. Setelah itu akan muncul tampilan Summary device kamu dan pada opsi back up akan ada pilihan ‘Restore Backup’ dan kamu tinggal memilih backupan mana yang ingin di restore, biasanya yang paling baru.
  3. Kemudian klik ‘Restore’ dan selanjutnya anda diminta untuk memasukkan password. Setelah itu klik ‘Ok’ dan tunggu proses restore hingga selesai.
  4. Setelah selesai, koneksi dengan iTunes akan terputus dan iPhone akan melakukan proses restart.

Backup Data iPhone Via 3uTools

3uTools merupakan aplikasi all-in-one yang bisa di download di PC windows. Banyak fitur yang ada pada aplikasi ini, salah satu kegunaannya untuk melakukan backup dan restore data. Seperti apa caranya? Simak langkah-langkah berikut.

  1. Pertama, buka aplikasi 3uTools dan sambungkan iPhone dengan PC menggunakan kabel lightning.
  2. Setelah terbuka, masuk ke menu Toolbox dan pilih ‘Backup/Restore’.
  3. Pilih file apa saja yang ingin anda backup
  4. Selanjutnya klik ‘Backup iDevice’, kemudian pilih lokasi folder dimana ingin menyimpan backup-an tersebut.
  5. Setelah itu klik ‘Backup Now’ dan tunggu hingga prosesnya selesai.
Trending :  Cara Mengubah Foto ke JPEG di iPhone, Anti Ribet!

Untuk merestorenya juga sangat mudah dan hampir mirip dengan cara backup tadi. Ikuti langkah dibawah untuk merestore data.

  1. buka aplikasi 3uTools dan sambungkan iPhone dengan PC menggunakan kabel lightning.
  2. Setelah terbuka, masuk ke menu Toolbox dan pilih ‘Backup/Restore’.
  3. Kemudian klik ‘Restore Data’. Setelah itu aplikasi ini akan menampilkan backup-an terakhir kamu.
  4. klik ‘Restore’ dan tunggu hingga prosesnya selesai.

Kamu bisa memilih cara backup dan restore data melalui dua metode diatas yang menurut kamu paling mudah. Dan pastikan juga ya kamu melakukannya sendiri agar data kamu tidak disalahgunakan oleh orang lain. Selamat mencoba!