Cara Blokir Panggilan Spam di iPhone

Satupersen.co.id – Pernah gak kamu mendapati panggilan spam dari nomor yang tidak dikenal? Pasti sangat menganggu, kan? Sebenarnya ada cara untuk menghindari panggilan spam tersebut lho.

Kebanyakan saat ini spammer melakukan panggilan dengan tujuan untuk kejahatan, seperti modus penipuan terhadap pengguna nomor untuk mengikuti instruksi transaksi yang dapat menguntungkan spammer. Bahkan ada juga yang mengelabui korban dengan mengatasnamakan intitusi perusahaan, Bank, ataupun platform ecommers. Bagi orang awam, bisa saja percaya dan tertipu sejumlah uang.

Oleh karena itu, jangan membiarkan panggilan spam begitu saja ya. Kamu bisa melakukan cara untuk menghindari panggilan tersebut. Karena selain mengganggu, perlu juga sebagai antisipasi agar kita tidak mengalami penipuan.

Kita dapat melakukan pemblokiran panggilan spam pada semua perangkat smartphone, termasuk  iPhone. Hanya saja mungkin caranya berbeda sesuai dengan versi smartphone tersebut. Caranya pun cukup simple, untuk lebih jelasnya simak artikel ini sampai akhir ya.

Cara Memblokir Panggilan Spam di iPhone

Kamu dapat menghindari panggilan spam yang mengganggu dengan memblokir orang tertentu dan mengirimkan penelepon spam langsung ke pesan suara. Dengan begitu, kamu dapat memblokir pesan suara, panggilan FaceTime, hingga pesan.

  • Pertama, buka menu ‘Telepon’ pada layar homescreen.
  • Kemudian klik menu panggilan ‘Terbaru’.
  • Selanjutnya pilih nomor spam tidak dikenal yang ingin kamu blokir. Setelah itu klik ikon tombol Info Lainnya yang terletak  di samping nomor.
  • Terakhir, klik pilihan ‘Blokir Penelepon ini’ dan klik ‘Blokir Kontak’.

Selain cara diatas, ada cara lagi yang bisa dilakukan sebagai antisipasi agar panggilan dari nomor tidak dikenal kelak tidak mengganggu kamu. Ikuti langkah berikut.

Trending :  Cara Mengubah Foto ke JPEG di iPhone, Anti Ribet!

Cara Memblokir Panggilan yang Tidak Dikenal di iPhone

Kamu dapat mengaktifkan Heningkan Nomor Tak Dikenal untuk mencegah panggilan dari orang yang tidak dikenal. Fitur ini sudah tersedia pada perangkat iPhone dengan iOS 13 dan yang terbaru.

Melalui langkah ini, kamu akan memblokir nomor telepon yang tidak pernah tersimpan dalam daftar kontak dan belum pernah melakukan kontak denganmu. Caranya sama mudahnya, simak langkah-langkah berikut.

  • Pertama, buka menu ‘Pengaturan’ pada layar homescreen.
  • Kemudian scroll ke bawah dan klik pada menu ‘Telepon’.
  • Setelah itu klik ‘Umumkan Panggilan’ dan klik opsi ‘Jangan Pernah’.
  • Selanjutnya back dan klik ‘Di Perangkat Lain’ dan geser panel untuk mengaktifkan opsi ‘Izinkan Panggilan di Perangkat Lain’.
  • Setelah itu back, kemudian klik pada opsi ‘Heningkan Nomor Tak Dikenal’ dan geser panelnya menjadi on.

Dengan cara tersebut, panggilan dari nomor tak dikenal akan diheningkan dan akan dikirim ke pesan suara, lalu ditampilkan dalam daftar panggilan terbaru.

Menyaring dan Mendeteksi Panggilan Spam Menggunakan App

Melansir dari situs resmi support.apple, selain cara-cara untuk memblokir panggilan, ada juga cara yang bisa kamu lakukan untuk menyaring dan mendeteksi panggilan spam yang mengganggu. Caranya dengan menggunakan aplikasi pihak ketika. Langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Buka App Store, lalu unduh app yang mendeteksi dan memblokir panggilan telepon spam. Ada beberapa aplikasi yang tersedia dari berbagai developer yang bisa kamu unduh.
  • Selanjutnya buka menu ‘Pengaturan’ kemudian klik opsi ‘Telepon’.
  • Seterlah itu klik ‘Blokir Panggilan & Identifikasi’.
  • Dalam Izinkan App ini Memblokir Panggilan dan Menyediakan ID Penelepon, aktifkan atau nonaktifkan app. Kamu bisa menyusun ulang app berdasarkan prioritas. Caranya klik  ‘Edit’ dan letakan app sesuai urutan yang kamu inginkan.
Trending :  Fenomena Jasa SS iPhone: Cara Flexing Anti Ribet

Ketika kamu menerima panggilan, perangkat akan memeriksa nomor penelepon dan membandingkannya dengan daftar nomor telepon di app spam tersebut. Jika menemukan kecocokan, iOS akan menampilkan label identifikasi oleh app, misalnya Spam atau Telemarketing. Jika nomor telepon tersebut terdeteksi sebagai spam, app akan memblokir panggilan telepon tersebut secara otomatis.