Cara Mengunci Aplikasi iPhone dengan Touch ID atau Face ID

Satupersen.co.id – Buat pengguna iPhone yang ingin menjaga keamanan privasinya, pasti merasa mengunci layar saja tidak cukup. Rasa-rasanya ingin mengunci aplikasi-aplikasi yang kamu anggap sebagai privasi agar lebih aman kan? Tenang, kali ini kita akan membahas cara mengunci aplikasi menggunakan Touch ID dan Face ID.

Sebelum masuk ke caranya, kita sebagai pengguna pasti sudah tahu bahwa Apple meng-klaim bahwa ia menyediakan produk dengan fitur yang mencakup teknologi dan teknik privasi inovatif yang didesain untuk meminimalkan jumlah data yang dapat mereka akses atau diakses orang lain. Dengan adanya fitur keamanan, dapat membantu mencegah siapa pun mengakses informasi kita, kecuali kita sendiri. Melalui update-an iOS, Apple terus mengembangkan cara untuk mengamankan informasi pribadi penggunanya.

Pada model perangkat yang didukung, iPhone telah menyediakan keamanan data dengan sistem lock menggunakan Face ID, Touch ID, dan juga Passcode.

Mengunci aplikasi memang penting untuk menjaga privasi ataupun melindungi data-data penting. Jika kamu masih bingung bagaimana caranya mengunci aplikasi pada iPhonemu. Yuk simak penjelasan berikut

Cara Mengunci Aplikasi di iPhone

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengunci aplikasi agar tetap aman dari orang lain. Langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan pengaturan timer. Masuk ke menu Jam, kemudian pilih timer.
  • Selanjutnya klik ‘Saat Berhenti’ dan pilih opsi ‘Berhenti Memutar’.
  • Setelah itu masuk ke pengaturan Pintasan untuk mengaktifkan timer yang sudah di setting tadi, kemudian klik ‘Automasi’ pada ikon yang terletak dibawah.
  • Selanjutnya Buat Automasi Pribadi. Pada Automasi Baru silahkan kamu pilih ‘App’.
  • Kemudian pilih opsi ‘Dibuka’ dan silahkan kamu tentukan aplikasi mana saja yang ingin kamu kunci.
  • Setelah dipilih, klik ‘Selesai’ pada pojok kanan atas dan klik ‘Berikutnya’.
  • Selanjutnya Tambah Tindakan, kemudian ketik timer maka akan muncul opsi Mulai Timer.
  • Ketik pada opsi timer selama 1 detik saja, setelah itu klik ‘Berikutnya’.
  • Jangan lupa matikan fitur Tanya Sebelum Menjalankan, dan Selesai.
Trending :  4 Fitur iPhone Data Recovery, Kembalikan Data Hilang dengan Gampang

Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, kamu bisa mengetes langsung menggunakan aplikasi yang telah kamu kunci. Iphonemu akan otomatis me-lockscreen saat membuka aplikasi yang telah kamu kunci. Dan untuk membukanya harus dengan Touch ID, Face ID, atau Passcode sesuai dengan iPhone yang kamu gunakan.

Selain menggunakan pintasan, kamu juga bisa mengaturnya langsung dari pengaturan Touch ID dan Face ID. Penjelasannya sebagai berikut.

Kunci dengan Touch ID

Fitur keamanan dengan Touch ID memang hadir lebih dulu dalam perangkat iPhone. Fitur ini dilakukan dengan pemindaian sidik jari penggunanya. Selain mengunci homescreen, kamu juga bisa mengunci aplikasi melalui Touch ID. Untuk menguncinya, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut.

  • Pertama, silahkan buka menu Pengaturan pada perangkat iPhonemu.
  • Pilih opsi Touch ID & Kode Sandi. Setelah itu masukkan kode sandi kamu jika ada.
  • Kemudian pilih aplikasi yang ingin kamu kunci dengan Touch ID. Setelah itu kamu akan diminta untuk menambahkan beberapa sidik jari.
  • Setelah selesai, silakan masuk ulang ke menu Pengaturan dan pilih opsi Touch ID & Kode Sandi. Dan aktifkan Touch ID untuk aplikasi yang kamu inginkan.

Kunci dengan Face ID

Salah satu upaya Apple dalam mengembangkan keamanan privasi penggunanya yaitu dengan meluncurkan fitur keamanan baru pada sistem iOSnya. Fitur Face ID hadir setelah fitur Touch ID. Namun keduanya memiliki sistem yang mirip. Jika pada Touch ID menggunakan sidik jari, maka pada Face ID menggunakan metode pengenalan wajah. Fitur ini tersedia pada perangkat iPhone X dan versi yang lebih baru.

Untuk mengunci aplikasi menggunakan Face ID, kamu bisa ikuti langkah berikut.

  • Pertama, silahkan buka menu Pengaturan pada perangkat iPhonemu.
  • Setelah itu klik opsi ‘Akun’ dan klik ‘Privasi’.
  • Selanjutnya cari dan klik opsi ‘Kunci Layar’, kemudian pilih Face ID,
  • Setelah itu kamu bisa memilih aplikasi yang sekiranya ingin kamu kunci menggunakan Face ID.
Trending :  Cara Mengunci Hidden Album di iPhone Paling Mudah

Setelah kamu berhasil mengatur Face ID, fitur ini akan aktif untuk membuka lockscreen, pembelian aplikasi atau musik, mengunci aplikasi dan lainnya.