Cara Pindahin Data iPhone ke Android Menggunakan Google Drive

Satupersen.co.id – iPhone dan Android merupakan perangkat yang sama-sama canggih. Tetapi dalam sistemnya terdapat perbedaan yang cukup mencolok. Begitu juga dengan tampilan antar muka. Hal ini menyebabkan transfer file antara keduanya tidak dapat dilakukan secara mudah. Namun jangan khawatir, karena kami akan memberikan cara pindahin data iPhone ke Android sebagai solusinya.

Sebagai alternatif, pengguna dapat memanfaatkan fasilitas dari salah satu perambah yang banyak digunakan. Hanya dengan melakukan beberapa tahap saja, maka semua berkas dalam ukuran besar maupun kecil dapat dimigrasi.

Bagi kamu yang menginginkan caranya seperti apa, langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Transfer File dari iPhone ke Android dengan Google Drive

Untuk berbagai kepentingan, tidak sedikit orang yang memindahkan berkas antar perangkat. Jika menggunakan sistem sama, memang cukup mudah.

Namun apabila berbeda, perlu melakukan langkah yang tepat agar bisa berjalan. Salah satunya dengan menggunakan Google Drive. Sebelum mulai perlu memastikan:

  • Kedua perangkat terkoneksi internet dengan jaringan stabil
  • Daya cukup sampai proses selesai
  • Tersedia memori sesuai kebutuhan kapasitas
  • Jika yang akan dipindahkan berupa Chrome, perbaharui terlebih dulu ke versi terbaru

Setelah beberapa poin tersebut terpenuhi, selanjutnya dapat melakukan pemindahan. Perambah memberi kemungkinan untuk transfer file tanpa batas.

Berapapun ukuran dan jenisnya dapat migrasi dengan mudah. Kecepatan akan dipengaruhi oleh ukuran dan ketersediaan koneksi. Cara pindahin data iPhone ke Android tanpa menggunakan aplikasi tambahan yakni sebagai berikut:

1. Unduh Google Drive

Pertama, buka internet dan download aplikasi yang akan digunakan. Pada umumnya perambah tersebut sudah tersedia dari setting pabrikan. Jika belum ada, bisa dengan mudah menemukannya pada App Store dan langsung menggunakannya.

Trending :  Cara Mudah Mengedit Video di Perangkat iPhone tanpa Aplikasi

Dengan demikian tidak perlu menambahkan lagi dan dapat langsung memanfaatkannya.

2. Back Up Data

Beberapa orang sudah setting pengamanan dengan membuat duplikat pada Google Drive. Hal ini untuk mengantisipasi jika terjadi kerusakan perangkat agar tidak kehilangan berkas. Namun jika belum melakukannya, maka bisa copy sebelum mentransfernya.

Langkahnya adalah masuk ke bagian menu setting dan back up. Pengguna dapat melakukan pencadangan untuk semua data karena tersedia space yang cukup longgar.

Selain itu, tampilan interface sangat mudah untuk dipahami dan memungkinkan semua orang menggunakannya. Tidak heran jika pemindahan data lewat Google Drive banyak menjadi pilihan.

Kecepatan proses transfer tergantung dari ukuran file dan koneksi internet. Jika kuat dan stabil, waktunya cepat. Begitu pula sebaliknya.

Untuk pemindahan sendiri bisa per file atau sekaligus dalam sebuah folder. Karena base nya adalah menyimpan data ke dalam drive, maka apapun jenisnya bisa di transfer tanpa kendala.

Pengguna dapat memantau proses pemindahan dari tampilan. Ketika sudah selesai dan berhasil akan muncul informasi di layar. Dengan demikian dapat berpindah ke perangkat selanjutnya untuk mengecek dan membukanya.

3. Login di Android

Setelah proses selesai, selanjutnya tinggal masuk ke GDrive pada smartphone berikutnya. Biasanya aplikasi ini sudah tersedia dari pertama mengaktifkan perangkat setelah membelinya, jadi dapat langsung masuk untuk membuka.

Langkah yang perlu dilakukan adalah sign in dan kemudian menunggu proses sinkronisasi sampai selesai.

Proses ini bisa berjalan cepat jika ukuran file tidak terlalu besar dan jaringan stabil. Sebaliknya, apabila kurang mendukung, maka membutuhkan waktu untuk menunggu sampai selesai.

Cara pindahin data iphone ke android tanpa menggunakan aplikasi dan hanya memanfaatkan Google Drive menjadi pilihan banyak pengguna.

Trending :  Cara Mengubah Foto ke JPEG di iPhone, Anti Ribet!

Langkah ini tidak membutuhkan memori dalam perangkat maupun eksternal disk. Selain itu juga tidak membuat smartphone menjadi lemot meski ukurannya besar.