Perbandingan Kamera iPhone XR VS iPhone 11, Mana yang Lebih Baik Tahun 2022

Satupersen.co.id – Dua smartphone yang paling ditunggu-tunggu buat di compare di tahun 2022 ini adalah iPhone XR dengan iPhone 11, karena keduanya memiliki spesifikasi yang beda tipis. Kamera merupakan salah satu hal utama yang harus dipertimbangkan jika ingin membeli smartphone. Oleh karena itu, banyak yang mencari perbandingan antara kamera iPhone XR VS iPhone 11 sebagai bahan pertimbangan. Kira-kira mana yang lebih worth it ya di tahun sekarang ini?

Dua smartphone ini tidak terpaut jauh jika dilihat dari segi harga. Perbedaannya pun tidak terlalu signifikan antara kedua smartphone ini. Dari segi ukuran dan material bodynya juga sama persis. Yang tampak berbeda dari dua iPhone ini yaitu terletak pada kameranya. IPhone XR masih menggunakan single kamera, sedangkan untuk iPhone 11 sudah menggunakan dual kamera atau yang dilengkapi dengan kamera ultra-wide.

Kamera ultra-wide sendiri sedang menjadi trend di smartphone keluaran terbaru, dimana dapat berguna untuk menangkap objek yang luas ketika memotret, yakni hingga 120 derajat.

Untuk kamu yang penasaran seperti apa detail perbedaannya kedua kamera pada iPhone XR dan iPhone 11 ini, simak sampai akhir ya.

Kamera iPhone XR VS iPhone 11

Kamera Depan

Untuk kamera depan iPhone XR beresolusi 7 MP, sedangkan pada iPhone 11 beresolusi 12 MP. Jika untuk mengambil video, kamera depan iPhone XR dapat mengambil video 1080p hingga 60 Fps (frame per second). Sedangkan pada kamera iPhone 11 lebih unggul yakni dapat mengambil video hingga 4K 60 Fps. Jadi bisa mengahsilkan video yang jauh lebih detail dan warna yang lebih padat.

Kamera Utama (Belakang)

Perbedaan pertama mengenai kamera utama (kamera belakang) yaitu pada iPhone XR memiliki kamera berlensa tunggal dengan resolusi 12 MP. Sedangkan iPhone 11 memiliki kamera ganda dengan resolusi 12 MP yang salah satu lensanya bisa digunakan untuk mengambil foto ultra-wide atau membuat jarak pandang objek lebih luas yakni hingga 120 derajat.

Trending :  Cara Mentransfer Kontak Dari iPhone ke iPhone¬†

Perbedaan lainnya yaitu kalau iPhone XR hanya dapat melakukan zoom digital (memperbesar) hingga 5 kali. Sedangkan pada iPhone 11 lebih unggul yaitu selain dapat melakukan 5x zoom digital juga disertai 2x zoom optik (memperkecil).

Keunggulan lain yang dimiliki iPhone 11 tetapi tidak dimiliki pada kamera iPhone XR yaitu adanya fitur mode malam (night mode), jadi bisa mengambil gambar dengan baik walaupun hanya mendapatkan cahaya yang minim.

Kedua iPhone ini sama-sama sudah dilengkapi fitur Optical Image Stabilization (OIS). Tetapi hasil dari perekaman video menggunakan iPhone 11 lebih stabil dan smooth dibandingkan iPhone XR. Kedua iPhone ini juga memiliki mode potret dengan bokeh yang disempurnakan dan Deep Control, namun keunggulan pada iPhone 11 dibekali pencahayaan khusus.

Hasil jepretan kamera belakang dari kedua iPhone ini bisa dilihat pada contoh gambar dibawah.

contoh perbedaan kamera belakang iphone xr vs iphone 11