10 Tips Agar Hemat Baterai iPhone: Battery Health Jadi Awet Banget!

Satupersen.co.id – Sadarkah kamu, banyak hal-hal atau kebiasaan yang gak kita sadari yang mengakibatkan baterai handphone jadi cepat boros? Mulai sekarang harus lebih di perhatikan ya, dengan mempraktekan tips untuk menghemat baterai. Karena melalui upaya penghematan baterai akan bepengaruh positif terhadap persentase kesehatan betarai (Battery Health).

Battery health sendiri merupakan sebuah fitur yang dikeluarkan Apple untuk perangkat yang dikeluarkannya, termasuk iPhone. Fitur ini adalah indikator kesehatan baterai (dalam bentuk persentase) sesuai standar yang dianggap layak untuk menunjang kinerja perangkat handphone. Fitur Battery health tersedia pada perangkat iPhone 6 dan generasi selanjutnya dengan versi iOS 11.3 dan versi terbaru.

Memang, seiring berjalannya waktu jika handphone terus digunakan maka performa baterainya pun akan semakin berkurang atau menurun. Namun setidaknya kita bisa meminimalisir hal tersebut dengan mengikuti tips agar kesehatan baterai menjadi awet dan juga tahan lama. Oleh karena itu, kami akan membagikan 10 Tips agar battery health jadi awet. Simak sebagai berikut.

10 Tips Agar Battery Health Awet

1. Gunakan Mode Gelap (Dark Mode)

Jika iPhone kamu sudah support dark mode, kamu bisa mengaktifkan mode ini. Pixel-pixel warna hitam akan dimatikan saat mode ini aktif, jadi bisa lebih menghemat daya baterai dan lebih awet. Caranya masuk ke Pengaturan > Tampilan > pilih opsi Mode Gelap.

Trending :  Cara Menghapus Background Foto & Video di Perangkat iPhone

2. Mengaktifkan Mode Daya Rendah

Aktifkan mode daya rendah jika kamu mau perangkat iPhonemu hemat baterai. Saat mengaktifkan mode ini, kecerahan layar akan berkurang dan perangkat akan dioptimalkan. Caranya buka Pengaturan > Baterai > geser panel pada Mode Daya Rendah menjadi On.

3. Nonaktifkan Cadangan iCloud

Karena iCloud ini bekerja di latarbelakang, maka akan memakan daya baterai dari iPhone kalian. Oleh sebab itu, sebaiknya nonaktifkan cadangan iCloud secara otomatis. Caranya masuk ke Pengaturan > klik pada ID Apple > pilih iCloud > matikan Cadangan iCloud.

4. Nonaktifkan Fitur Siri dan Pencarian

Jika kamu jarang menggunakan fitur ini, lebih baik di nonaktifkan ya. Karena fitur ini lumayan menguras penggunaan baterai. Caranya buka Pengaturan > pilih Siri dan Pencarian > nonaktifkan semua panel yang tersedia.

5. Nonaktifkan Segarkan App di Latar Belakang

Langkah ini merupakan langkah penting jika kamu ingin menghemat baterai, karena halaman yang sedang kamu buka akan terus memperbarui meskipun sedang tidak aktif di halaman tersebut dan hal inilah yang membuat baterai boros. Caranya buka Pengaturan > Umum > Segarkan App di Latar Belakang, kemudian pilih Mati.

6. Atur Pemakaian GPS

Semua aplikasi yang kita instal membutuhkan akses lokasi. Saat akses lokasi dihidupkan meskipun kita sedang menutup aplikasi, maka aplikasi tersebut akan terus-terusan menggunakan GPS. Oleh karena itu, kamu bisa menonaktifkan akses lokasi pada beberapa aplikasi yang tidak dibutuhkan. Caranya buka Pengaturan > Privasi > Layanan Lokasi. Kemudian pilih aplikasi-aplikasi yang tidak membutuhkan GPS dan pilih opsi Jangan pernah atau Saat App Aktif.

7. Setting App Store

Langkah ini dilakukan agar aplikasi yang sudah kita instal tidak mendownload pembaruan secara otomatis menggunakan data. Karena dengan pembaruan otomatis, penggunaan daya dari baterai pun akan berkurang. Maka untuk mencegahnya kamu bisa menonaktifkan setting ini dengan cara pergi ke Pengaturan > App Store > nonaktifkan opsi Pengunduhan Otomatis dan Data Seluler.

Trending :  Cara Merekam Layar di iPhone

8. Gunakan Charger Original atau Kualitas Baik

Karena jika memakai yang abal-abang akan merusak baterai iPhone kalian dan mengakibatkan bettery health turun drastis. Tips terpenting, jangan charge sambil memainkan handphone ya, karena hal tersebut akan mengakibatkan baterai menjadi panas dan memungkinkan bocor. Lebih baik lagi jika kamu charge handphone dalam keadaan off.

9. Hindari Baterai Sampai Habis Total

Charging handphone tidak baik saat baterai habis total. Karena, saat mati total akan membutuhkan tenaga ekstra untuk mengisinya dan membuat menjadi panas. Selain itu menyebabkan gas berlebih yang membuat sel-sel baterai menjadi cepat rusak. Maka dari itu, sebaiknya kamu charging handphone saat daya minimal 20% untuk menghindari kerusakan.

10. Hindari Suhu Panas

Hindarkan handphonemu pada suhu ruang yang panasnya esktrem, karena di suhu yang panas bisa mengakibatkan kapasitas baterai menjadi rusak. Oleh sebab itu, saat penggunaan handphone yang terus-terusan pun kita disarankan untuk melakukan cooling down dengan cara meletakkan handphone di lantai atau ubin yang dingin.

Seperti itulah tips-tips upaya penghematan baterai dan menjaga performa battery health agar lebih awet yang bisa kamu ikuti dan praktekan pada perangkat iPhonemu.