Panduan Cara Mudah Melakukan Kalibrasi Baterai iPhone

Satupersen.co.id – Pengguna iPhone sebenarnya memiliki banyak kemudahan karena produk ini memiliki kualitas yang sangat bagus. Termasuk dari segi baterainya yang bisa bertahan lama dan performanya memuaskan. Namun, ada satu kondisi baterai iPhone mungkin akan mengalami penurunan performa dan jadi bermasalah. Jika hal ini terjadi maka Anda perlu melakukan kalibrasi baterai iPhone tersebut untuk mengatasinya.

Tetapi tidak semua pengguna tahu cara melakukan kalibrasi baterai tersebut, oleh karena itu kami akan memberikan caranya bagi kamu yang belum mengetahuinya.

Sebelum masuk ke pembahasan langkah mengkalibrasi baterai iPhone Anda, maka pastikan anda memerhatikan persiapan apa saja yang diperlukan terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut ini.

Persiapan Kalibrasi Baterai iPhone

Kalibrasi pada dasarnya merupakan penyesuaian masa pakai baterai. Tujuan dari kalibrasi ini adalah untuk membuat daya baterai jadi lebih stabil.

Pengguna iPhone sangat untuk melakukan kalibrasi baterai paling tidak 3 bulan sekali. Namun saat muncul kendala pada daya baterai iPhone, maka tidak masalah jika langsung mengambil tindakan kalibrasi.

Sebelum melakukan kalibrasi, ada beberapa hal yang penting untuk dilakukan. Berikut adalah tahap-tahap persiapan proses kalibrasi:

1. Matikan Fitur GPS

Langkah pertama, silakan matikan dulu fitur GPS-nya. Mudah sekali, langsung saja buka menu Pengaturan di iPhone lalu klik opsi Privacy dan cari Location Service.

Di sana akan ada tombol On/Off, jadi tinggal langsung klik saja pilihan Off untuk mematikan fitur GPS.

Trending :  Cara Memblokir Panggilan Spam di Iphone

2. Matikan Background Refresh

Berikutnya matikan dulu background refresh supaya nanti iPhone bisa melakukan update konten bawaan, bahkan dalam kondisi layar mati sekalipun.

Langsung saja masuk ke menu Pengaturan, kemudian pilih opsi General dan Background App Refresh. Klik kembali opsi Background App Refresh lalu pilih opsi Off.

3. Kurangi Intensitas Cahaya

Kalibrasi iPhone bisa berjalan lancar jika perangkat memiliki tingkat brightness yang rendah.

Jadi, langsung saja kurangi brightness layar iPhone dengan masuk ke menu pengaturan. Lalu, pilih opsi Display dan Brightness.

4. Matikan Fitur Update Otomatis

iPhone umumnya akan melakukan update secara otomatis karena fitur ini memang akan aktif dalam posisi default.

Saat melakukan kalibrasi, sebaiknya Anda mematikan semua fitur update otomatis.

Caranya, masuklah ke menu pengaturan kemudian klik opsi iTunes & App Store. Lalu pilih kategori Automatic Downloads dan pilih opsi Off.

Tahapan Kalibrasi Baterai iPhone

Jika sudah melakukan langkah-langkah persiapan tadi, langsung saja lakukan kalibrasi baterai iPhone. Kalibrasi ini berjalan melalui beberapa tahap.

Berikut adalah prosedur kalibrasi baterai iPhone yang dapat Anda ikuti:

1. Habiskan Baterai iPhone

Langkah pertama, habiskan dulu daya baterai sampai habis. Anda bisa gunakan untuk menonton video, main game, video call, dan lain sebagainya.

Pastikan untuk memakai iPhone sampai daya baterainya benar-benar habis. Setelah baterai benar-benar habis, kemudian diamkan selama kurang lebih 3 jam dalam kondisi mati.

Cara di atas tujuannya adalah untuk menghabiskan sisa daya yang masih tersimpan di baterai.

2. Isi Baterai Sampai Penuh

Selanjutnya, silakan isi baterai sampai penuh. Saat mengisi daya, pastikan Anda menggunakan charger yang original dari Apple.

Selain itu daya baterai harus terisi sampai 100% dan dibiarkan terus mengisi kurang lebih selama 2 jam.

Trending :  4 Cara Atasi iPhone dan iPad Tidak Bisa Dicas

3. Habiskan Daya Baterai

Jika daya baterai sudah terisi penuh dan waktu pengisian daya sudah dilebihkan, maka langsung saja habiskan lagi daya baterai.

Gunakan iPhone sepuasnya sampai daya baterai 0 dan diamkan dalam kondisi mati selama 3 jam seperti langkah semula.

4. Isi Daya Sampai Penuh

Tahap berikutnya, lakukan kembali pengisian daya sampai baterai penuh. Ini merupakan tahap pengisian daya terakhir saat kalibrasi. Prosesnya sama seperti tadi, pengisian daya dilakukan sampai 100% lalu dilebihkan selama 2 jam.

5. Gunakan iPhone seperti Biasa

Pakailah iPhone seperti biasa karena di tahap ini baterai iPhone sudah selesai dikalibrasi. Jangan lupa, aktifkan dulu beberapa fitur yang tadi dimatikan sebelum proses kalibrasi.

Penting sekali untuk bijak menggunakan perangkat iPhone demi menjaga ketahanan daya baterainya.

Performa baterai juga bisa lebih terjaga jika Anda menggunakan perangkat ini secara normal. Jika masih ada kendala pada baterai, jangan ragu untuk berkonsultasi di tempat servis Apple resmi.