p.read-more-container { display: none; }
Batasan nominal qris

Cara Bayar Pakai QRIS yang Mudah dan Cepat

Satupersen.co.id – QRIS adalah sistem pembayaran yang menggunakan kode QR sebagai metode pembayaran di Indonesia. Dengan menggunakan QRIS, Anda bisa melakukan pembayaran dengan mudah dan cepat tanpa perlu mengeluarkan uang tunai. Namun, seperti halnya sistem pembayaran lainnya, QRIS juga memiliki batasan nominal yang harus diikuti. Dan jika Anda ingin mengetahui bagaimana cara bayar pakai QRIS, maka pastikan menyimak pembahasannya hingga selesai.

Saat ini, dengan QRIS, seluruh aplikasi pembayaran dari Penyelenggara manapun baik bank dan nonbank yang digunakan masyarakat, dapat di gunakan di seluruh toko, pedagang, warung, parkir, tiket wisata, donasi (merchant) berlogo QRIS, meskipun penyedia QRIS di merchant berbeda dengan penyedia aplikasi yang di gunakan masyarakat.

Dengan menggunakan QRIS, konsumen dapat melakukan pembayaran dari berbagai macam alat transaksi elektronik seperti e-wallet (misalnya Dana, OVO, GoPay, ShopeePay, LinkAja, dan lainnya), mobile banking, hampir semua bank yang memiliki aplikasi di iOS maupun Android mendukung fasilitas ini Jadi hanya dengan satu QR Code konsumen dapat melakukan pembayaran lintas platform.

Jika Anda masih bingung atau belum mengetahui bagaimana cara bayar pakai QRIS, maka pastikan kamu menyimak pembahasannya hingga selesai. Karena kami akan menjelaskannya secara lengkap. Namun sebelumnya perlu untuk Anda ketahui lebih detail mengenai QRIS. Oleh karena itu, silahkan simak pembahasan berikut ini.

Apa Itu QRIS?

Qris

QRIS (QR Code Indonesia Standard) adalah sistem pembayaran yang menggunakan kode QR sebagai metode pembayaran di Indonesia. QRIS di kembangkan oleh Bank Indonesia bersama dengan beberapa bank dan perusahaan teknologi finansial lainnya dengan tujuan untuk meningkatkan inklusi finansial di Indonesia.

Sederhananya, QRIS merupakan standar QR Code untuk pembayaran melalui aplikasi uang elektronik berbasis dompet elektronik, atau mobile banking. Setiap penyedia Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) berbasis QR (termasuk PJSP asing) wajib menggunakan QRIS yang telah diatur dalam ketentuan Bank Indonesia dalam PADG No.21/18/2019 tentang Implementasi Standar Internasional QRIS untuk Pembayaran.

Saat resmi mengeluarkan kebijakan wajib menggunakan QRIS untuk pembayaran nontunai, Bank Indonesia mengusung tema semangat UNGGUL, yakni UNiversal, GampanG, Untung dan Langsung) dari adanya QRIS ini.

Bank Indonesia sendiri menjelaskan makna QRIS itu ke dalam artian seperti di bawah ini:

  • UNiversal, yakni QRIS bersifat inklusif, digunakan untuk seluruh lapisan masyarakat dan bisa digunakan buat transaksi pembayaran di domestik dan luar negeri.
  • GampanG: Masyarakat bisa bertransaksi dengan mudah dan aman dalam satu genggaman ponsel.
  • Untung: Transaksi dengan QRIS menguntungkan pembeli dan penjual karena transaksi berlangsung efisien melalui satu kode QR yang bisa digunakan untuk semua aplikasi pembayaran pada ponsel.
  • Langsung: Transaksi dengan QRIS langsung terjadi, karena prosesnya cepat dan seketika sehingga mendukung kelancaran sistem pembayaran.

Dengan menggunakan QRIS, masyarakat Indonesia dapat melakukan pembayaran dengan mudah dan cepat tanpa perlu mengeluarkan uang tunai. QRIS juga memudahkan masyarakat untuk mengakses layanan keuangan, seperti transfer uang, top up pulsa, dan lainnya.

Untuk dapat menggunakan QRIS, Anda harus terlebih dahulu mengunduh aplikasi QRIS di ponsel Anda. Aplikasi QRIS tersedia di Google Play Store atau App Store, dan dapat di unduh secara gratis. Selain itu, Anda juga harus memiliki akun dan saldo di aplikasi QRIS.

Manfaat Menggunakan QRIS

Manfaat menggunakan qris

Dengan menggunakan QRIS, Anda bisa melakukan pembayaran dengan mudah dan cepat tanpa perlu mengeluarkan uang tunai setiap kali ingin melakukan pembayaran. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan QRIS:

1. Praktis dan Cepat

Dengan QRIS, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang tunai setiap kali ingin melakukan pembayaran. Cukup dengan menggunakan aplikasi QRIS di ponsel Anda, Anda bisa melakukan pembayaran dengan cepat dan praktis.

2. Aman

QRIS menggunakan sistem pembayaran digital, sehingga transaksi yang dilakukan tidak menggunakan uang tunai. Ini tentu lebih aman dibandingkan dengan menggunakan uang tunai, yang rawan hilang atau dicuri. Selain itu, transaksi yang di lakukan dengan QRIS juga tercatat dalam sistem, sehingga lebih mudah untuk di lacak dan di telusuri.

3. Meningkatkan Inklusi Finansial

QRIS dikembangkan oleh Bank Indonesia bersama dengan beberapa bank dan perusahaan teknologi finansial lainnya dengan tujuan untuk meningkatkan inklusi finansial di Indonesia. Dengan menggunakan QRIS, masyarakat Indonesia yang sebelumnya tidak memiliki akses ke layanan keuangan, seperti rekening bank atau kartu kredit, bisa dengan mudah mengakses layanan tersebut.

4. Menyediakan Beragam Layanan Keuangan

Selain bisa digunakan untuk pembayaran, QRIS juga menyediakan beragam layanan keuangan lainnya, seperti transfer uang, top up pulsa, dan lainnya. Dengan QRIS, Anda bisa melakukan beragam transaksi keuangan hanya dengan menggunakan aplikasi di ponsel Anda.

5. Fitur Tambahan yang Memudahkan

QRIS juga memiliki beberapa fitur tambahan yang dapat memudahkan Anda dalam melakukan transaksi. Misalnya, fitur “Split Bill” yang memungkinkan Anda untuk membayar sebagian dari total tagihan bersama dengan teman atau rekan kerja. Ada juga fitur “Top Up” yang memungkinkan Anda untuk mengisi ulang saldo di aplikasi QRIS.

Cara Bayar Pakai QRIS dengan Mudah

Cara bayar pakai qris

QRIS (QR Code Indonesia Standard) adalah sistem pembayaran yang menggunakan kode QR sebagai metode pembayaran di Indonesia. Dengan menggunakan QRIS, Anda bisa melakukan pembayaran dengan mudah dan cepat tanpa perlu mengeluarkan uang tunai. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan pembayaran menggunakan QRIS:

  • Pastikan Anda sudah memiliki aplikasi QRIS di ponsel Anda. Jika belum, Anda bisa mengunduh aplikasi QRIS di Google Play Store atau App Store.
  • Buka aplikasi QRIS di ponsel Anda. Pastikan Anda sudah terdaftar dan memiliki saldo di aplikasi QRIS.
  • Cari merchant atau toko yang terdaftar dalam sistem QRIS. Biasanya, merchant atau toko tersebut akan menampilkan kode QR QRIS di depan tokonya.
  • Buka aplikasi QRIS di ponsel Anda dan pilih tombol “Scan QR”. Kemudian, taruh ponsel Anda di depan kode QR yang ditampilkan oleh merchant atau toko tersebut.
  • Setelah terdeteksi, aplikasi QRIS akan menampilkan informasi tentang merchant atau toko yang bersangkutan, jumlah pembayaran, dan jumlah saldo yang Anda miliki di aplikasi QRIS.
  • Jika sudah benar, tekan tombol “Bayar” untuk menyelesaikan transaksi. Tunggu hingga proses pembayaran selesai, dan Anda akan menerima notifikasi bahwa pembayaran telah berhasil dilakukan.
  • Selesai. Selamat, Anda telah berhasil melakukan pembayaran menggunakan QRIS.

Itulah langkah-langkah yang harus Anda ikuti untuk melakukan pembayaran menggunakan QRIS. Selain lebih praktis dan cepat, menggunakan QRIS juga lebih aman dibandingkan menggunakan uang tunai, karena transaksi di lakukan secara digital dan tercatat dalam sistem. Jadi, jika Anda ingin melakukan pembayaran dengan lebih mudah dan aman, cobalah untuk menggunakan QRIS.

Cara Membuat Akun QRIS

Jika sudah memahami cara bayar pakai QRIS di atas namun belum memiliki akunnya, maka Anda harus membuat akun QRIS terlebih dahulu. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat akun QRIS:

1. Unduh Aplikasi QRIS

Pertama, Anda harus mengunduh aplikasi QRIS di ponsel Anda. Aplikasi QRIS tersedia di Google Play Store atau App Store, dan dapat di unduh secara gratis. Setelah mengunduh aplikasi, buka aplikasi QRIS di ponsel Anda.

2. Pilih tombol “Daftar”

Setelah membuka aplikasi QRIS, Anda akan diarahkan ke halaman “Daftar Akun”. Pilih tombol “Daftar” untuk memulai proses pendaftaran akun.

3. Isi Formulir Pendaftaran

Setelah menekan tombol “Daftar”, Anda akan di minta untuk mengisi formulir pendaftaran. Formulir pendaftaran terdiri dari beberapa bagian, seperti nama lengkap, nomor handphone, email, dan lainnya. Pastikan untuk mengisi formulir dengan benar dan lengkap agar proses pendaftaran berjalan dengan lancar.

4. Verifikasi Nomor Handphone

Setelah mengisi formulir pendaftaran, Anda akan di minta untuk memverifikasi nomor handphone yang telah Anda daftarkan. Verifikasi nomor handphone di lakukan dengan mengirimkan kode verifikasi melalui SMS ke nomor handphone Anda. Masukkan kode verifikasi yang Anda terima ke dalam kolom yang di sediakan, lalu tekan tombol “Verifikasi”.

5. Buat PIN

Setelah berhasil memverifikasi nomor handphone, Anda akan di minta untuk membuat PIN untuk keamanan akun QRIS Anda. Buat PIN yang mudah di ingat dan tidak mudah di ketahui orang lain.

Batasan Nominal QRIS (QR Code Indonesia Standard)

Batasan nominal qris

Batasan nominal QRIS terbagi menjadi 2 yaitu batasan minimal dan batasan maksimal. Arti dari batasan minimal QRIS adalah jumlah pembayaran terendah yang bisa di lakukan dengan menggunakan QRIS. Batasan ini bervariasi tergantung pada merchant atau toko yang bersangkutan. Beberapa merchant atau toko mungkin memiliki batasan minimal QRIS yang lebih rendah, sedangkan yang lain mungkin lebih tinggi.

Sementara itu, batasan maksimal QRIS adalah jumlah pembayaran terbesar yang bisa di lakukan dengan menggunakan QRIS. Batasan ini juga bervariasi tergantung pada merchant atau toko yang bersangkutan. Namun, secara umum, batasan maksimal QRIS berkisar antara Rp 2 juta hingga Rp 5 juta per transaksi.

Selain itu, QRIS juga memiliki batasan saldo maksimal yang harus diikuti. Batasan saldo maksimal ini adalah jumlah saldo terbesar yang bisa Anda miliki di aplikasi QRIS. Batasan saldo maksimal QRIS berkisar antara Rp 10 juta hingga Rp 20 juta, tergantung pada aplikasi QRIS yang Anda gunakan.

Itulah beberapa batasan nominal yang harus diikuti ketika menggunakan QRIS. Batasan-batasan ini bertujuan untuk menjaga keamanan transaksi dan mencegah adanya penyalahgunaan sistem. Jadi, pastikan untuk memperhatikan batasan nominal QRIS agar Anda bisa melakukan transaksi dengan lancar.

Demikianlah pembahasan yang dapat kami berikan mengenai cara bayar pakai QRIS, manfaat, batasan nominal, dan informasi lainnya. Semoga pembahasan ini berguna bagi kamu terutama bagi pengguna baru yang masih kebingungan bagaimana cara membayar pakai QRIS tersebut.

Check Also

viu premium mod apk

Viu Premium Mod Apk Download Terbaru 2022 (VIP Unlocked)

Satupersen.co.id – Seperti yang kita tahu, untuk menikmati layanan premium pada aplikasi streaming Viu diwajibkan ...

Baca Selengkapnya