Cara Mengetahui Siapa yang Menyadap WA Kita

Satupersen.co.id – WhatsApp (WA) merupakan salah satu aplikasi media komunikasi yang popular dan paling banyak digunakan saat ini. WA biasa digunakan untuk chatting, telepon, hingga videocall. Meski termasuk layanan pesan instan yang terenskipsi, tidak menutup kemungkinan WA mudah untuk disadap. Maka solusinya, ada beberapa cara yang bisa kita pelajari untuk mengetahui apakah ada yg menyadap WA kita atau tidak.

Seperti yang kita tahu, WA di gunakan oleh semua kalangan. Mulai dari usia muda hingga ke lansia sekalipun. baik untuk kepentingan sebatas komunikasi biasa hingga untuk kepentingan bisnis. Kendati demikian, WA menjadi incaran oknum yang tidak bertanggung jawab untuk memperoleh informasi pada pesan seseorang atau demi kepentingan lainnya. Oleh karena itu, kita harus lebih bijak dan berhati-hati jika ingin meminjamkan handphone kepada orang lain.

Menyadap WA tidak selalu dipergunakan untuk tindakan kejahatan, melainkan beberapa orang menyadap untuk tujuan hanya mengontrol seperti kepada pasangan ataupun kerabat.

Lalu seperti apakah kita mengetahui WA kita disadap atau tidak? Apakah ada cara agar WA kita terbebas dari hacker ataupun orang-orang yang ingin berniat jahat tersebut? Berikut beberapa ciri yang bisa kita ketahui apakah ada yang menyadap WA kita atau tidak.

Ciri-Ciri Jika ada yang Menyadap WhatsApp (WA)

1. Aktif di WhatsApp Versi Web

Memang WA dapat aktif di 2 platform yaitu aplikasi dan versi website. Namun jika anda tidak merasa sedang mengaktifkan web.whatsapp.com, maka kemungkinan orang lain sedang menyadap WA anda.

Untuk mengetahui apakah aktif di web WA atau tidak adalah dengan cara berikut

Android:

  • masuk ke aplikasi WA
  • klik titik tiga (…) di pojok kanan atas
  • klik perangkat tertaut
Trending :  Download Apk WhatsApp Mod Versi Terbaru 2022

IOS:

  • masuk ke aplikasi WA
  • klik Pengaturan
  • klik perangkat tertaut

Maka nanti akan muncul daftar perangkat yang telah masuk, seperti chrome, mozilla, ataupun browser lainnya. Dan akan terlihat pula kapan terakhir seseorang mengaksesnya. Akan muncul seperti gambar berikut

Cara Mengetahui Siapa yang Menyadap WA Kita

Selain itu, untuk mengetahui apakah akun kita aktif di web maka akan muncul notifikasi di smartphone anda pada perangkat apa WA tersebut login, seperti contoh gambar berikut

Cara Mengetahui Siapa yang Menyadap WA Kita

Jadi, jika terdeteksi ada yang login maka sebaiknya segera anda klik keluar, untuk menghindari WA yang di sadap. Serta untuk keamanan semua data dan pesan yang ada di WA sebaiknya anda rutin untuk mengecek apakah WA web aktif atau tidak.

2. Mendapat Pesan OTP dan WhatsApp Tiba-tiba Ter-LogOut

Jika anda mendapatkan pesan kode OTP dan WA tiba-tiba ter-logout sendiri, maka dapat dipastikan seseorang sedang berusaha login di smartphone lain karena aplikasi ini tidak bisa login secara bersamaan di beberapa device/smartphone. Kecuali menggunakan fitur WA versi web. Maka dari itu, jangan pernah memberikan kode OTP kepada siapapun.

3. Pesan Sudah Terbuka

Pesan di WA anda sudah terbuka padahal anda belum membukanya sama sekali? Waspadalah, bisa jadi WA anda sedang di sadap seseorang dan membukanya terlebih dahulu. Hal tersebut bisa terjadi jika ada seseorang yang berhasil menyalin tautan kode QR WA dari smartphone anda ke WA versi web. Oleh karenanya, jangan  mudah meminjamkan smartphone kepada orang lain.

Perlu hati-hati juga jika ada pesan broadcast secara acak yang isinya merupakan link website, maka bisa jadi ada orang dengan sengaja menyebarkannya untuk tujuan menyadap.

4. Status WhatsApp Online Meski Sedang Tidak Aktif

Sebagai contoh, ketika smartphone yang anda pakai pada aplikasi WA sedang dalam kondisi mati dan juga tidak login dalam versi web namun ketika anda mengecek dengan smartphone lain (teman atau saudara), kemudian  terlihat sedang online atau dengan mengetest kirim pesan dan ternyata terkirim maka ada kemungkinan seseorang sedang menyadap WA anda.

Trending :  Cara Kirim Foto di WhatsApp Tanpa Mengurangi Kualitas

5. Mengirim Pesan Tanpa Anda Ketahui

Ciri lainnya WA sedang disadap adalah terdapat chat yang terkirim ke kontak orang lain tanpa diketahui padahal anda merasa tidak mengirim pesan kepada siapapun.

Dengan adanya beberapa ciri yang telah disebutkan diatas, diharapkan bisa membantu anda jika mengalami hal serupa untuk mengetahui WA disadap atau tidak, dan untuk lebih berhati-hati lagi. Namun ada 2 langkah yang dapat anda lakukan pada akun WA anda untuk mencegah WA agar tidak mudah disadap. Yakni yang pertama mengaktifkan verifikasi dua langkah. Dan yang kedua,  mengaktifkan pemindai sidik jari. Dengan begitu tidak bisa sembarang orang melakukan login akun WA.