Cara Merekam Layar iPhone Untuk Membuat Video Gameplay Atau Tutorial

satupersen.co.id – Bagaimana cara merekam layar iPhone untuk membuat video gameplay atau tutorial?

Tidak berbeda jauh dengan smartphone lainnya, perangkat iPhone saat ini pun semakin canggih dengan dilengkapinya dengan berbagai macam fitur merekam layar atau screen recording melalui sistem operasi iOS yang dibawanya.

Alhasil dengan adanya fitur tersebut ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

Salah satunya adalah dapat mengabadikan berbagai macam konten yang sedang ditampilkan di layar ke dalam sebuah video layaknya kamu melakukan screenshot.

Begini Cara Mudah Merekam Layar iPhone Untuk Membuat Video

Sebagai pengguna iPhone dan ingin membuat konten video atau tutorial layaknya yang ada di Tik Tok, Instagram Reels dan lainnya, kini semua hal tersebut semakin mudah dengan adanya fitur screen recording.

Fitur ini cukup mudah digunakan dan praktis karena tersedia pula pintasan khusus di Control Center. Akan tetapi, adanya keunggulan tersebut akan lebih maksimal apabila kamu juga mengetahui langkah-langkah cara merekam layar iPhone seperti yang terangkum di bawah ini;

1. Mengatur Pintasan

Cara pertama yang harus kamu ketahui sebelum melakukan screen recording adalah tahu cara mengatur pintasan. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut;

  • Klik halaman setting
  • Buka menu control center
  • Cari dan klik menu screen recording
  • Klik add (ikon +) yang ada di sebelahnya

Apabila kamu berhasil menambahkan fitur screen recording ke control center, selanjutnya kamu dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan.

2. Menggunakan Screen Record

Ingin merekam layar iPhone layaknya menggunakan screenshot harus tahu juga cara-caranya. Tidak terlalu sulit, karena cara mudahnya ada di bawah ini;

  • Buka aplikasi yang ingin direkam
  • Buka control center sesuai dengan model iPhone yang dipakai
  • Klik ikon record dan selanjutnya proses recording akan dimulai setelah 3 detik
  • Lakukan perekaman sesuai dengan kebutuhan
  • Jika ingin menghentikan, klik control center kembali dan tekan tombol record berwarna merah untuk menghentikan proses perekaman
  • Pada dasarnya, fitur screen recording yang ada pada iPhone ini hanya dapat merekam audio dari konten yang sedang ditampilkan. Namun, kamu tetap bisa menambahkan narasi dengan suara sendiri dengan melakukan pengaturan terlebih dahulu.
Trending :  Cara Update iOS iPhone Melalui OTA dan iTunes

3. Merekam Layar dengan Suara

Cara merekam layar dengan suara di iPhone pun terdapat cara tersendiri, yaitu;

  • Klik aplikasi yang ingin diabadikan
  • Klik control center dan tekan tombol record yang ada pada tampilan layar
  • Ketuk tombol microphone
  • Klik ikon start recording dan recording akan dimulai
  • Jika ingin menghentikan proses recording lakukan hal yang sama sesuai cara yang telah diulas di atas

Lalu bagaimana hasil perekaman tersebut? lewat kedua cara tersebut semua proses recording nantinya akan tersimpan dalam memori internal iPhone. Kamu bisa membukanya melalui aplikasi photos seperti saat akan membuka video atau foto biasa.

Sebagai fitur yang kini mulai naik daun karena dapat merekam berbagai macam konten, sayangnya terdapat kelemahan yang tidak dapat diabaikan karena adanya keterbatasan. Misalnya saja kamu tidak dapat memakainya untuk menyimpan video-video dari layanan Netflix, Amazon hingga Disney.

Tidak hanya itu fitur screen recording ini pun tidak dapat digunakan secara bersamaan dengan screen mirroring. Alhasil kamu jika ingin merekam kamu harus menonaktifkan aplikasi tersebut terlebih dahulu agar proses dapat berlangsung.

Cukup mudah bukan? sebagai pengguna iPhone kamu tidak perlu risau lagi jika ingin merekam seperti melakukan screenshot dengan mudah. Semakin canggih perangkat, maka akan semakin canggih hasil kegiatan yang dilakukan.