Cara Update iOS iPhone Melalui OTA dan iTunes

Satupersen.co.id – Seperti yang kita tahu, Apple selalu mengeluarkan pembaruan atau update iOS setiap tahunnya. Apple selalu melakukan pembaruan untuk meningkatkan performa perangkatnya demi kenyamanan pengguna setianya. Namun tidak sedikit juga pengguna Apple yang belum mengerti ataupun takut gagal untuk melakukan update iOS. Apakah kamu salah satu pengguna yang belum update? Tenang, kamu bisa simak cara update iOS iPhone melalui OTA dan iTunes dengan aman tanpa kendala.

Update iOS yang terbaru yaitu versi 15.6 yang dirilis Apple pada bulan Juli 2022 kemarin. Dan kabarnya, Apple akan merilis secara resmi update iOS versi 16 pada bulan September mendatang yang hanya tersedia untuk iPhone generasi 8 keatas.

Pengguna perlu melakukan update pada devicenya untuk perbaikan jika ada sistem yang error. Claim pada update versi 15.6 kali ini menyediakan fitur baru, perbaikan bug, dan pembaruan keamanan.

Apple menyediakan dua metode cara update iOS, yakni melalui OTA (Over the Air) dan melalui iTunes. Update melalui OTA adalah update yang dilakukan langsung dari perangkatnya, sedangkan melalui iTunes adalah update yang dilakukan melalui platform resmi yang dikeluarkan Apple dengan meghubungkan perangkat iPhone dengan Mac atau PC.

Untuk lebih jelasnya, simak caranya sampai akhir ya.

Cara Update iOS Terbaru 2022

Untuk yang belum melakukan update pada iOS terbaru, kamu bisa ikuti cara update iOS seperti yang dilansir dari situs resmi support.apple.com melalui dua cara dibawah ini.

1. Cara Update via OTA

  • Langkah pertama, pastikan daya baterai iPhonemu lebih dari 50% untuk menghindari kegagalan update (jika iphone habis baterai dan mati). Serta pastikan juga kamu memiliki koneksi internet yang stabil agar proses pengunduhan berjalan dengan lancar.
  • Buka perangkat iPhone dan masuk ke ‘Pengaturan’, kemudian klik pilihan ‘Umum’.
  • Setelah itu, klik ‘Pembaruan Perangkat Lunak’ dan akan muncul update terbaru yaitu versi 15.6, seperti gambar dibawah ini.
Trending :  Cara Memindahkan Foto dari Kamera DSLR ke iPhone

update ios 15.6

  • Selanjutnya tinggal klik ‘Unduh dan instal’.
  • Setelah terunduh, kamu akan masuk ke proses penginstalan dan tunggu hingga selesai. Proses instalasi iOS 15.6 mungkin bakal memakan waktu kurang lebih 30 menit.

2. Cara Update via iTunes

  • Pertama, pastikan Mac atau PC kamu telah terinstal iTunes versi terbaru.
  • Setelah itu, buka iTunes dan sambungkan iPhone dengan Mac atau PC menggunakan kabel lightning.
  • Setelah tersambung, maka akan muncul notifikasi di layar iPhone untuk verifikasi desktop sebagai perangkat yang terpercaya.
  • Kemudian akan otomatis tersinkronisasi dengan iPhone. Setelah itu klik ikon ponsel yang berada di bagian atas aplikasi untuk mengakses menu pengaturan iPhone di iTunes, lalu klik tab ‘Ringkasan’.
  • Selanjutnya akan muncul seluruh informasi dari iPhone yang kamu sambungkan, mulai dari tipe ponsel, nomor model, dan lainnya.
  • Terakhir klik ‘Perbarui’ pada tab ‘Ringkasan’. Setelah itu tunggu proses hingga pengunduhan data iOS terbaru selesai.