Cara Mengunci Hidden Album di iPhone Paling Mudah

Satupersen.co.idSebagai salah satu merk terkenal, Apple terus melakukan inovasi dan terobosan baru untuk memperbaharui fitur yang ada dalam iPhone keluarannya. Terutama dalam segi keamanan, iPhone terus melakukan perbaikan, seperti misalnya mengunci hidden album yang terdapat pada iPhone.

Mengingat banyak orang yang menggunakan iPhone tersebut dalam dunia komunikasi. Tentu iPhone keluaran Apple ini semakin meningkatkan keamanannya sehingga tidak perlu kamu ragukan lagi. Mulai dari menyimpan foto, video, hasil rekaman hingga file semua akan tersimpan dengan menggunakan fitut kunci data.

Untuk kamu yang ingin menjaga privasimu, Anda juga bisa mengunci hidden album yang anda miliki agar tidak di buka oleh orang lain. Jika belum tahu mengenai caranya, silahkan simak penjelasan berikut ini.

Cara Mengunci Hidden Album pada iPhone

File yang tersimpan dalam iPhone masih butuh keamanan agar orang lain tidak mudah melihatnya. Untuk menyembunyikan file tersebut kamu dapat menggunakan hidden album yang terkunci.

Saat menggunakan opsi tersebut, secara otomatis semua file yang kamu pilih akan masuk dalam hidden album sehingga tidak akan nampak dalam album foto.

Sebaliknya file foto atau video baru akan nampak terlihat kembali jika kamu mengaktifkan fitur show hidden album pada aplikasi setting.

Dari sini nampak jelas bahwa hidden album memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kekurangannya adalah hidden album tidak terlalu praktis karena kamu sebagai pengguna harus mengaktifkan fitur show hidden album terlebih dahulu. Akan tetapi, kekurangan ini dapat kamu atasi apabila hidden album dapat di kunci ketika fitur show hidden album aktif.

Trending :  Nokia Terbaru Mirip iPhone? Nokia Edge 2022

Dengan demikian, kamu tetap bisa melihat hidden album langsung pada aplikasi photo sewaktu-waktu. Hanya saja, untuk melakukannya butuh akses passcode, Face ID hingga Touch ID yang telah di pasang sebelumnya

Lantas bagaimana cara mengunci hidden album yang terdapat dalam iPhone? Catat cara mudahnya berikut ini;

1. Simpan File yang Akan Di Hidden

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuka file foto yang akan dihidden.

Beberapa orang terkadang menginginkan privasi dengan tidak mengijinkan file-file foto, video bahkan rekaman dapat diakses dengan mudah oleh orang lain.

Setelah membuka file dan memilih manakah data yang akan dihiiden lalu simpan file tersebut.

2. Buka Pengaturan pada Smartphone

Langkah selanjutnya adalah dengan membuka pengaturan yang ada pada smartphone dan klik setting untuk memulai mengunci file-file yang akan dihidden.

Pada menu setting akan terbuka beberapa item untuk dipilih. Pada tahap ini kamu harus memilih item photos untuk memilih manakah file yang akan dihidden.

3. Tekan Tombol Toggle Use Passcode

Apabila kamu telah menentukan mana sajakah file yang akan kamu sembunyikan dan di kunci dengan aman, tekan tombol toggle use passcode. Tekan hingga tombol tersebut menyala aktif.

4. Aktifkan Toggle Show Hidden Album

Tidak hanya memastikan bahwa tombol toggle use passcode aktif, langkah hidden file selanjutnya adalah mengaktifkan pula show hidden album.

5. Buka File Foto

Selanjutnya pilih dan buka aplikasi photos dan pilih opsi album. Pada langkah ini kamu harus memperhatikan bagian utilities, kamu dapat melihat apabila hidden album telah terkunci. Begitu hidden album di pilih klik show album. Kemudian kamu akan di minta untuk memasukkan passcode, Face ID dan Touch ID.

Trending :  Cara Mengunci Aplikasi iPhone dengan Touch ID atau Face ID

Apabila langkah yang kamu lakukan telah berhasil kamu bisa masuk ke hidden album dan melihat file foto atau video yang telah berhasil disembunyikan.

Pada dasarnya mengunci hidden album pada iPhone sebenarnya bukanlah hal yang sulit.

Dengan langkah-langkah yang telah di jelaskan di atas, file foto atau video yang hendak kamu privasi tidak akan mudah terakses orang lain.

Semoga dengan adanya langkah-langkah tersebut di atas akan memudahkan kamu dalam menyimpan foto yang menurut kamu tidak untuk diperlihatkan pada orang lain.