Cek 3uTools iPhone, Ketahui Apakah Perangkat Original atau Rekondisi

Satupersen.co.id – Untuk kamu yang pernah membeli iPhone iPhone secara bekas atau second, perlu banget mengecek apakah komponen pada perangkat tersebut masih original atau sudah rekondisi. Seperti apa cara mengeceknya? Yap, kamu bisa simak artikel ini karena kita akan membahas cek iPhone melalui 3uTools.

Tidak perlu membongkar perangkat iPhonemu, karena dengan aplikasi ini kamu sudah bisa mengetahui keaslian dari komponen perangkat tersebut. Bagi yang belum mengetahui aplikasi 3uTools, kami akan jelaskan mengenai aplikasi ini.

Apa Itu 3uTools?

3uTools merupakan aplikasi all-in-one yang dirancang untuk pengguna iOS. 3uTools dapat secara otomatis mencocokkan firmware yang tersedia untuk perangkat iOS. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk melakukan backup dan restore data, masuk atapaun keluar mode DFU atau mode recovery, bahkan melakukan proses jailbreak dengan mudah.

Selain itu, aplikasi ini menyajikan fitur canggih untuk memudahkan pengelolaan aplikasi, foto, musik, nada dering, video, dan file multimedia lainnya.

Yang penting untuk kita ketahui, 3uTools dapat menyajikan informasi iOS dan iDevice secara mendetail. Dengan informasi tersebutlah kita dapat mengetahui keaslian dari komponen perangkat iPhone.

Cara Cek Keaslian Komponen iPhone Melalui 3uTools

Mengecek keaslian komponen iPhone ternyata tidak perlu susah dan merepotkan. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Pertama, download terlebih daluhu aplikasinya di PC Windows melalui situs resmi 3U.com
  2. Setelah terdownload dan terinstal, silahkan buka aplikasi 3uTools
  3. Kemudian sambungkan perangkat iPhone ke PC menggunakan kabel lightning, dan klik ‘Percayai’ pada jendela notifikasi yang muncul
  4. Setelah iPhone terbaca pada aplikasi 3uTools, klik menu ‘Info’ dan semua informasi perangkat kamu akan muncul pada layar
  5. Kemudian klik ‘View Verification Report‘ untuk melihat kondisi komponen pada perangkat iPhonemu. Setelah itu akan muncul reportnya seperti contoh gambar berikut
Trending :  iPhone 14 Akan Segera Rilis? Ini Dia Bocoran Harga dan Spesifikasinya

 

3utools report

Dari report tersebut, kita bisa mengetahui komponen mana aja yang sudah diganti, seperti keterangan battery may be changed atau pada komponen lainnya. Simak arti dari hasil pembacaannya berikut.

  • Normal : merupakan komponen asli atau original bawaan iPhone.
  • May be changed : merupakan komponen yang sudah pernah diganti, karena tidak sesuai dengan nomor seri pada komponen yang asli.
  • May be demaged : merupakan komponen yang berkemungkinan bermasalah atau tidak berfungsi dengan baik
  • How to judge? : menandakan bahwa tidak dapat memastikan karena nomor seri komponen tersebut tidak terbaca oleh 3uTools
  • Apple replace device : menandakan bahwa iPhone tersebut merupakan iPhone pengganti dari Apple resmi.

Penjelasan Tambahan untuk View Verification Report iDevice

Melansir dari situs resmi 3u.com, berikut penjelasan dari View Verification Report yang perlu juga untuk kamu ketahui.

1. Untuk warna iDevice

3uTools hanya bisa membaca warna pabrik iDevice, bukan warna panel saat ini. Untuk mengetahui apakah panel atau casing original atau tidak, kamu dapat memeriksa secara visual apakah warna sebenarnya dari perangkat sesuai dengan warna pabrik yang dibaca oleh 3uTools.

2. Untuk kapasitas hard disk

  • Upgrade Capacity : Ini mengacu pada peningkatan hard disk (ROM) internal dengan versi kapasitas yang lebih besar. Misalnya, iDevice dengan kapasitas 16GB dapat ditingkatkan ke kapasitas 128GB.
  • Change Hard disk : Hard disk asli iDevice mungkin rusak, dan harus diganti.
  • Remove Hard Disk : Hard disk dapat dibongkar untuk mengubah data pabrik secara teknis.

3. Untuk model penjualan

  • Apple Replaced Device : Ini adalah perangkat baru untuk penggantian purna jual dari Apple.
  • Apple Refurbished Device : Ini mengacu pada perangkat yang diperbaharui dan dijual kembali oleh Apple, “Produk Refurbished Apple Certified” dapat dihubungi di situs web resmi Apple.
  • Demo Device : Sesuai dengan namanya, perangkat ini merupakan sample yang tersedia di Apple Store atau toko ritel, pelanggan dapat mencoba perangkat sample ini.
Trending :  Cara Merekam Layar iPhone Untuk Membuat Video Gameplay Atau Tutorial

4. Untuk layar iDevice

Satu-satunya nomor seri layar tidak dapat terbaca, sehingga 3uTools tidak dapat memverifikasi apakah layar perangkat diganti atau tidak. Komponen rakitan pada layar mencakup layar LCD, layar sentuh, kamera depan, lubang suara, sensor, dan komponen lainnya. Kebanyakan tukang reparasi tidak akan mengganti kamera dari Komponen lama ke komponen baru, karena dapat dengan mudah rusak saat membongkar komponen perangkat. Singkatnya, jika seorang tukang reparasi ingin mengganti komponen tampilan, ia mungkin perlu mengganti seluruhnya.
Oleh karena itu, jika nilai pabrik kamera depan tidak sesuai dengan nilai yang terdeteksi, tampilan layar mungkin berubah.

5. Untuk nomor Model

Nomor model perangkat dimulai dengan huruf pertama variabel yang mewakili sumber perangkat (pengganti, rakitan, dll). Jika nilai baca Nomor Model adalah “User’s decision needed”, kamu dapat menemukan nomor model pada bagian belakang perangkatmu, atau bisa membuka Pengaturan > Umum > Mengenai untuk mengetahui nomor model.

6. Untuk hasil tes yang tidak normal

Jika hasil pengujian nomor seri baterai, kamera depan, kamera belakang atau nomor seri Touch ID tidak normal, komponen main board atau hard disk berarti telah diubah.

Tidak ada salahnya untuk kamu mengecek komponen iPhone melalui 3uTools. Namun jangan menjadikannya sebagai acuan mutlak ya. Sebab saat ini sudah banyak pedagang nakal yang mengubah nomor seri komponen pengganti menjadi nomor seri komponen asli bawaan iPhone.