iPhone Kemasukan Air? Lakukan Hal ini Agar iPhone Tidak Rusak

Satupersen.co.id – IPhone kamu terendam atau kemasukan air? Jangan panik dulu ya, karena ada beberapa tips yang dapat kami bagikan untuk mengatasi hal tersebut.

Sebenarnya iPhone sudah dilengkapi iP 67 pada iPhone 7 sampai iPhone XR yang klaimnya membuat iPhone waterproof dan water resistant pada kedalaman 1 Meter selama maksimum 30 menit. Dan iP 68 pada iPhone XS sampai iPhone terbaru yaitu 13 series.

Meskipun klaimnya waterproof dan water resistant, kenyataannya tak jarang pengguna iPhone yang mengalami iPhonenya menjadi rusak setelah iPhonenya terkena air, seperti terkena hujan, ketumpahan air, tercebur, atau kasus lainnya.

Saat iPhone kemasukan air, banyak kemungkinan kerusakan yang akan timbul. Seperti kerusakan pada port charging, kamera, LCD, tombol volume, speaker, hingga kerusakan komponen dalam yang menyebabkan iPhone mati total.

Untuk itu, penting bagi kamu pengguna iPhone mengetahui tips apa saja yang dapat dilakukan ketika mengalami hal tersebut.

Namun sebelum membahas tips-tips mengatasi iPhone kemasukan air, ada baiknya kita bahas hal-hal yang harus dihindari saat iPhone terkena air agar meminimalisir terjadinya kerusakan.

Hal-hal yang Harus Dihindari

Dalam menangani kasus iPhone terkena air tentunya tidak sembarangan, ada hal-hal yang harus dihindari agar tidak memperparah terjadinya kerusakan. Kira-kira apa saja yang perlu dihindari? Simak uraian berikut.

1. Jangan Menggoyangkan iPhone

Ketika iPhonemu baru saja terkena air, jangan lakukan menggoyangkan iPhone. Alih-alih berniat untuk mengeluarkan air, hal ini justru dapat membuat air semakin masuk dan menyebar ke dalam komponen dan menyebabkan kerusakan fatal.

2. Hindari Penggunaan Hairdryer

Saat panik ketika iPhone kemasukan air, pengguna biasanya buru-buru untuk mengeringkannya dengan hairdryer. Padahal, cara ini justru salah lho. Mengeringkan air menggunakan hairdryer justru membuatnya mengering di komponen dalam iPhone dan pada akhirnya menjadi karat.

Trending :  Cara Memblokir Panggilan di iPhone dari Nomor yang Tak Dikenal

3. Hindari Charge iPhone

Saat iPhone terkena air, memang biasanya ada kasus yang tidak membuat iPhone langsung mati. Untuk mengecek apakah iPhone masih berfungsi normal, pengguna biasanya langsung mengecharge iPhone tersebut. Hal tersebut adalah tindakan yang salah dan jangan coba-coba melakukannya. Karena ketika cairan masih tertinggal di port charging dan kamu mengechargenya, justru akan menimbulkan korsleting dan membuat IC port charging menjadi rusak.

Setelah menghindari hal-hal tersebut, berikut penanganan yang tepat untuk mengatasi iPhone yang terkena air.

Tips-tips Mengatasi iPhone Terkena Air

tips mengatasi iphone terkena air

1. Melalui Shortcut Water Eject

Water Eject berfungsi agar vibrate dari iPhone kamu akan bergetar dan mendorong air untuk keluar dari selah-selah speaker. Cara ini bisa dilakukan pada kasus ringan, dimana saat iPhone masih dalam keadaan menyala.

Silahkan kamu download Shortcut Water Eject terlebih dahulu. Jika Water Eject sudah terinstal di shortcut perangkat iPhonemu, kamu bisa langsung klik Water Eject kemudian klik ‘Begin Water Ejection’. Setelah itu handphone akan bergetar mengeluarkan air. Namun pastikan juga kamu mengikuti gravitasi, yaitu tetap memposisikan iPhone berdiri dengan lobang speaker berada dibawah.

Jika kamu merasa airnya belum keluar semua. Kamu bisa melakukan lagi langkah tersebut.

2. Keringkan iPhone

Jika mengalami kasus iPhone terendam air, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengeringkan body iPhone terlebih dahulu kemudian kamu bisa mematikan (power off) iPhone untuk menghindari kerusakan yang fatal.

Selanjutnya kamu bisa membuka slot simcard dan arahkan kipas ke dalam slot tersebut untuk mengeringkan bagian dalam. Jangan lupa juga untuk mengeringkan port charging menggunakan cutton buds.

Hal penting lainnya, biarkan iPhone untuk tidak di charge sekitar 3 jam kedepan untuk memastikan port charging-nya benar-benar kering dari sisa-sisa air.

Trending :  Panduan Cara Mudah Melakukan Kalibrasi Baterai iPhone

3. Rendam dengan Silica Gel

Kamu bisa menggunakan silica gel saat mengalami iPhone terendam air, namun kondisi iPhone masih menyala. Silical gel dapat menyerap kelembaban atau kadar air.

Silahkan kamu keringkan iPhone kemudian matikan daya terlebih dahulu. Selanjutnya letakkan iPhone pada tumpukan silica gel dan diamkan selama kurang lebih 3 hari. Namun jika meletakkan lebih lama, maka akan lebih baik pula dalam penyerapan airnya.

Atau jika susah mendapatkan silica gel, kamu bisa memanfaatkan bahan yang ada dirumah dan mudah untuk didapatkan, yaitu menggunakan beras. Merendam menggunakan beras merupakan cara yang cukup populer dan terbilang tradisional.

Caranya sama seperti menggunakan silica gel. Setelah iPhone dalam keadaan power off, kamu bisa memasukkan dan merendam iPhone tersebut ke dalam beras selama kurang lebih 3 hari.

4. Cek Speaker

Jika speaker iPhonemu sember akibat terendam air, kamu bisa meniup speaker atas dan speaker bawah. Dan ulangi caranya hingga beberapa kali, kemudian tunggu hingga kurang lebih 3 jam. Dengan begitu, speaker kamu akan berfungsi normal kembali.

Jika kasus iPhone terendam lumayan lama dan masuk banyak air, namun sudah melakukan tips-tips tersebut dan ternyata iPhonemu masih dalam keadaan mati total. Maka sebaiknya langsung membawanya ke service center yang terpercaya.