Cara Cek iPhone Asli atau Palsu Dengan Mudah

Satupersen.co.idIPhone merupakan produk dari perusahaan raksasa asal Amerika Serikat yang tengah naik daun sejak beberapa tahun terakhir, termasuk di Indonesia. Kepopulerannya mendorong oknum untuk menciptakan produk serupa sebagai tiruannya atau replika yang biasa disebut HDC (hand copy draw). Produk palsu tersebut biasanya di bandrol dengan harga yang jauh lebih miring. Untuk menghindari barang palsu, kita sebagai buyer perlu mengetahui cara cek iPhone asli atau palsu saat ingin membelinya.

IPhone menjadi produk primadona smartphone karena mampu melakukan inovasi dengan teknologi yang dimilikinya untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. Selain itu, iPhone selalu menghadirkan desain yang berkelas dengan spesifikasi yang mumpuni. Sebab itu, penjualan iPhone kini melonjak dan mampu menyaingi Android.

Untuk yang masih awam dengan produk Apple yang satu ini mungkin mengira tidak ada bedanya iPhone asli atau palsu. Padahal perbedaannya jelas terlihat lho. Mulai dari sistem operasi dalamnya hingga ke fisik ponsel itu sendiri.

Tidak perlu khawatir dengan iPhone yang sedang kamu pegang sekarang meskipun tidak garansi resmi dari iBox. Karena ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengecek keaslian perangkat iPhone.

Dari pada makin penasaran bagaimana cara membedakan antara asli atau palsu. Mari simak artikel ini sampai habis.

Cara Mengecek Keaslian iPhone

cara cek keaslian iphone

Bagi kamu yang ingin membeli iPhone secara bekas atau second, sangat penting untuk mengecek beberapa indikator yang ada pada iPhone sebagai jaminan barangnya original. Kami akan memberikan tips cara cek iPhone asli atau palsu dengan mudah, yaitu sebagai berikut.

Cek IMEI iPhone

Tahukah kamu apa itu IMEI? IMEI merupakan nomor seri unik yang dikeluarkan pabrik sebagai identitas handphone. Untuk mengetahui IMEI, ada beberapa cara mudah untuk kita ikuti.

Trending :  Cara Mudah Mengedit Video di Perangkat iPhone tanpa Aplikasi

Kamu bisa mengecek IMEI pada menu pengaturan dan kemudian mengeceknya pada website imei.kemenperin.go.id untuk memastikan apakah IMEI pada iPhone tersebut terdaftar resmi di Kemenperin (Kementerian Perindustrian) atau tidak. Selanjutnya kamu bisa cross chek dengan IMEI yang tertera pada box iPhone.

Kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buka ‘Pengaturan’ pada perangkat iPhone, kemudian pilih ‘Umum’ dan klik ‘Mengenai’. Kemudian akan muncul semua informasi tentang perangkat iPhone tersebut, termasuk nomor seri (IMEI).
  • Selanjutnya tekan lama dan salin nomor serinya.
  • Setelah itu kunjungi situs https://imei.kemenperin.go.id dan tempel IMEI yang telah di salin tadi pada kolom yang tersedia. Kemudian akan muncul informasi terdaftar atau tidaknya.
  • Kemudian cek IMEI pada box kemasan, apakah sesuai atau tidak.

Cek App Store

Cara kedua yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mengecek App Store pada perangkat iPhone. App Store sendiri merupakan platform yang disediakan oleh Apple untuk menjelajah dan mengunduh aplikasi ke sebuah perangkat iOS. Oleh karena itu, perangkat iPhone palsu tidak tersedia App Store. Meskipun ada, biasanya merupakan Play Store pada OS perangkat Android yang di modifikasi sedemikian rupa agar tampilannya seperti App Store.

Cara mengeceknya cukup mudah, kamu tinggal membuka App Store yang ada pada perngkat tersebut. Jika saat membukanya kemudian kamu dialihkan ke laman Play Store, maka dapat dipastikan bahwa iPhone tersebut adalah palsu.

Cek Fisik iPhone

IPhone asli dengan yang palsu sebenarnya terlihat dari fisiknya. Kamu bisa mengecek material yang dimiliki untuk memastikan keasliannya. Seperti mengecek material housing apakah kokoh atau tidak. Karena iPhone palsu biasanya menggunakan material dengan kualitas rendah sehingga lebih ringan dan mudah terbaret.

Trending :  Panduan Cara Mudah Melakukan Kalibrasi Baterai iPhone

Selanjutnya kamu bisa mengecek pada layarnya. IPhone asli memiliki teknologi yang disebut Retina Display. Teknologi tersebut yang membuat layar iPhone terlihat sangat jernih. Sedangkan iPhone palsu atau HDC tidak memiliki teknologi seperti itu, jadi akan terlihat tidak sejernih iPhone yang asli.

Cara lainnya kamu juga bisa mengecek slot SIM yang ada pada perangkat iPhone.  Karena pada iPhone yang palsu akan tersedia slot SIM dan juga slot memori eksternal atau SD card.

Begitulah cara-cara mengecek keaslian iPhone yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Jika merasa ragu dengan keaslian iPhone yang kamu miliki atau ingin kamu beli, segera lakukan pengecekan ya.