Beresiko Tinggi, Gaji Astronot per Bulan Tembus Miliaran Rupiah?

Satupersen.co.id – Siapa yang sewaktu kecil bercita-cita ingin menjadi Astronot? Bisa pergi ke luar angkasa tentu menjadi impian anak-anak. Astronot ini ialah panggilan untuk seseorang yang terlatih dalam program luar angkasa berawak untuk terbang, memimpin, menerbangkan pesawat, atau menjadi awak pesawat ruang angkasa. Berapakah gaji untuk seorang Astronot? Jika penasaran, silahkan simak pembahasannya.

Istilah “Astronot” terkadang di pakai sebagai mengarah khusus kepada Astronot dari Amerika Serikat atau beberapa negara sekutu, yang berlawanan dengan kosmonot Uni Rusia atau Soviet.

Kosmonot pertama adalah bernama Yuri Gagarin. Sejak tahun 2003, istilah taikonaut (walau bukan panggilan resmi pemerintah China) juga di kenal Astronot asal China. Taikonaut pertama ialah bernama Yang Liwei.

Astronot pertama di AS dan Uni Soviet umumnya ialah pilot pesawat tempur (biasanya pilot uji coba) dengan background militer.

Astronot militer umumnya diberikan lencana kualifikasi khusus, yang di kenal di Amerika Serikat sebagai lencana Astronot, setelas menyelesaikan pelatihan dan penerbangan ke luar angkasa.

Swbelum membahas mengenai besaran gaji seorang Astronot, perlu untuk kamu ketahui tentang Astronot lebih banyak lagi. Oleh karena itu, silahkan simak pembahasan berikut ini.

Tentang Astronot

Astronot

Astronot adalah seseorang yang sudah terlatih untuk mengemudi dan/atau melakukan perjalanan dengan pesawat ruang angkasa, bekerja di ruang angkasa, dan melakukan kegiatan yang berkaitan dengan eksplorasi ruang angkasa manusia.

Sebagian orang mungkin sedang bertanya-tanya bagaimana menjadi Astronot. Menjadi seorang Astronot memang sangat langka bagi banyak orang. Tetapi bukan hal yang mustahil bila ingin mencobanya.

Astronot merupakan seseorang yang terbang ke luar angkasa untuk menuntaskan misi tertentu. Namun, apa yang sudah di lakukan astronot, persyaratan astronot, dan bagaimana mereka jadi astronot jarang-jarang di ungkap ke publik. Oleh sebab itu banyak sekali yang penasaran hingga mencari tahu.

Astronot menjadi profesi selektif yang paling kompetitif. Tiap tahunnya, calon yang memenuhi syarat berkompetisi keduanya pada proses program yang ketat untuk mengisi beberapa tempat.

Istilah “Astronot” memiliki arti “Pelaut di Bawah Bintang “. Astronot terbiasa dan dilengkapi secara khusus untuk melakukan perjalanan ke luar angkasa sebagai bagian dari program luar angkasa.

Sejak tahun 1959, Astronot sudah jadi bagian dari program luar angkasa Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat atau National Aeronautics and Space Administration, yang lebih dikenal sebagai NASA.

NASA sudah memilih Astronot dari beragam pelamar dari berbagai latar belakang. Dari ribuan pelamar, hanya sedikit yang di pilih untuk mengikuti program pelatihan intensif untuk calon Astronot.

Astronot AS awalnya adalah sebuah personil militer dengan pengalaman menerbangkan pesawat jet dan latar belakang teknis. Pada tahun 1964, ilmuan Astronot ditambah, memerlukan gelar PhD di bagian teknik, kedokteran, kimia, biologi, atau fisika.

Astronot yaitu umumnya dilatih oleh cabang militer, misalkan Angkatan Luar Angkasa, Angkatan Udara atau oleh badan antariksa sipil.

Gaji Astronot di NASA

Gaji astronot di nasa

Gaji Astronot bergantung pada beban kerja yang diberikan. Dijumpai dari sebuah situs, Presiden Amerika Serikat saat ini sudah memberi anggaran tambahan. Besarnya kurang lebih Rp 22 triliun atau US$ 1,6 miliar dalam usaha memberikan dukungan kembalinya NASA ke bulan dan langkah selanjutnya, yaitu mendaratkan manusia di Mars.

Walaupun sejarah memberikan laporan jika Amerika Serikat ialah negara kedua yang sukses mengirim Astronot ke luar angkasa.

Selama ini, bagaimana juga, sudah diputuskan jika mayoritas Astronot dunia sebetulnya datang dari Amerika Serikat. Saat ini dijumpai jika semua Astronot dari Amerika Serikat mempunyai afiliasi dengan badan antariksa NASA.

Gaji Astronot di berikan sesuai posisi Astronot masing-masing. Bila Astronot mempunyai pangkat militer, gaji mereka akan di samakan untuk meneruskan di militer untuk nantinya NASA mensubsidi biaya hidup.

Bila Astronot selanjutnya sebagai kontrak lanjutan dari pensiunan militer atau talent yang direkrut NASA dari sektor swasta, nantinya NASA akan memberikan subsidi.

Dan bisa di bilang bahwa gaji astronot tidak tetap. Astronot di bayarkan sesuai misi yang mereka lakukan, hingga bakal ada perbedaan tingkat gaji untuk tugas yang berbeda.

Dalam sebuah gaji Astronot di NASA diketahui mempunyai gaji bulanan minimal Rp. 6,4 miliar (US$450.000) bahkan juga angka tertinggi dapat mencapai hingga Rp. 12 miliar atau sama dengan $860.000.

Selanjutnya, saat beberapa Astronot menuntaskan misi atau penempatan ke luar angkasa atau ke stasiun luar angkasa, gaji rata-rata yang diterimanya ialah sebesar Rp 2,4 miliar ($170.000). Dengan gaji yang tinggi ini, maka tidak heran apabila banyak calon Astronot yang mendaftarkan diri sebagai Astronot di NASA tiap tahun.

Selanjutnya beberapa Astronot akan melewata serangkaian proses penyeleksian yang ketat untuk menjadi Astronot di United States Space Agency, yang mana merupakan lembaga terbesar di dunia yang mempunyai Astronot.

1. Gaji Astronot di Rusia

Di Rusia terdapat peraturan gaji yang berbeda untuk gaji Astronot jika di permukaan bumi dan gaji yang akan di peroleh jika berada di luar angkasa.

Umumnya di Bumi mereka memperoleh gaji berkisar $1500-$2500 perbulan. Dan saat berada di luar angkasa, seorang Astronot akan memperoleh gaji tambahan sebesar $2500.

2. Gaji Astronot di China

Gaji yang akan di peroleh seorang Astrnot di China berbeda dengan gaji yang di peroleh saat bekerja di Amerika Serikat.

Umumnya, pada gaji bulanan rata-rata ada di range 10.000 yuan dan bantuan bulanan sejumlah 30.000 yuan di sediakan. Beberapa Astronot dapat memperoleh gaji tahunan mencapai 600.000 yuan.

Baca Juga: Menggiurkan, Ini Besaran Gaji THR Pilot Seluruh Maskapai

Syarat Menjadi Astronot

Syarat menjadi astronot

Untuk menjadi Astronot, tentunya ada persyaratat khusus yang harus di pehuhi. Syarat pertama untuk program Astronot NASA, yakni harus warga negara AS. Selain itu, NASA memutuskan tiga syarat minimal untuk program Astronot. Yakni sebagai berikut:

  1. Pelamar harus memiliki jenis gelar sarjana Ilmu Komputer, TeKnik, Biologi, Matematika, atau Fisika.
  2. Pelamar harus memiliki 3 tahun pengalaman kerja yang relevan atau 1.000 jam masa percobaan. Pengalaman kerja ini mungkin termasuk mengajar atau waktu yang di khususkan untuk studi pascasarjana.
  3. Selain itu, pelamar harus secara fisik melewati apa yang disebut Astronot NASA veteran. Sebagai bagian dari pemeriksaan fisik ini, calon Astronot harus dapat menunjukkan penglihatan 20/20.

Fungsi dan Tugas Astronot di Luar Angkasa

Tugas astronot di luar angkasa

Astronot memang memerlukan beragam alat. Beberapa alat ini termasuk makanan dan air, baju, tempat tidur, dan komunitas. Beberapa item tersebut hanya tersedia dengan kontrak pemerintah.

Stok makanan dan air Astronot yaitu harus bertahan selama beberapa hari atau beberapa minggu tanpa di isi ulang. Para Astronot memakai beragam alat untuk membersihkan dan mensterilkan perbekalan tersebut. Contohnya, dalam sarung tangan bertekanan di pakai untuk membersihkan material luar angkasa. Dan baju Astronot harus di bikin bersih dari beberapa puing, termasuk kotoran dan debu.

Kantong tidur yang di pakai oleh para Astronot yaitu secara umum di buat dari aluminium foil. Hal tersebut untuk menutupi Astronot di dalam dan membuatnya masih tetap hangat pada suhu dingin. Pakaian astronot lebih besar dari tinggi seseorang, memungkinkan mereka untuk mengenakan pakaian berukuran standar.

Pakaian yang dikenakan oleh Astronot memiliki jenis bahan seperti baju yang menekan otot untuk melindungi mereka dari G-force.

Walaupun kebanyakan Astronot tidur semalaman, mereka masih bangun beberapa kali sehari untuk ke kamar mandi dan mengecek berbagai sistem.

Karena tidak ada gravitasi, kamar mandi dan pancuran Astronot memiliki ruangan bertekanan untuk membersihkan rambut. Terdapat sistem di kamar mandi yang memungkinkan astronot menyirami kandung kemih Astronot saat sebelum mandi.

Yang mana tekanan tersebut akan membantu mereka rileks dan merasa nyaman di kamar mandi. Kamar mandi Astronot termasuk di beberapa hotel luar angkasa. Dan mereka juga menggunakan air asin agar merasa lebih nyaman.

Astronot terkadang melakukan tour teleskop. Dan tentunya menjadi seorang Astronot menawarkan berbagai pengalaman unik dan menarik.

Demikianlah pembahasan yang dapat kami berikan mengenai gaji Astronot dan informasi lainnya yang terkait. Semoga dapat bermanfaat bagi kamu yang penasaran dan ingin mengetahuinya.

Tinggalkan komentar