Menggiurkan, Ini Besaran Gaji THR Pilot Seluruh Maskapai

Satupersen.co.id – Berprofesi sebagai seorang Pilot dipandang sebagai salah satu profesi paling bergengsi. Tak heran jika banyak orang yang menginginkan profesi tersebut. Apalagi gaji Pilot juga terbilang cukup fantastis. Kira-kira berapa sih gaji THR Pilot? Simak pembahasan yang kami berikan kali ini.

Secara umum, gaji Pilot tergantung pada pengalaman sekian tahun, pendidikan, dan jenis maskapai pesawat yang diluncurkan. Namun gaji Pilot terbilang besar sesuai dengan biaya pendidikan dan pelatihan yang tidak murah.

Awalnya, Presiden Jenderal Ikatan Pilot Indonesia (IPI) Rama Noya sudah menjelaskan gaji Pilot di Indonesia untuk posisi kapten bersekitar antara Rp 38 juta – Rp 45 juta.

Pilot mendapatkan gaji rata-rata sekitar $80.000 setahun. Jika di konversikan ke mata uang Rp 14.000, itu artinya gaji Pilot sekitar Rp 93 juta perbulannya.

Pilot yang hendak bekerja di penerbangan internasional tentu saja berpenghasilan lebih besar dibanding mereka yang bekerja di penerbangan domestik.

Gaji rata-rata untuk Pilot maskapai internasional ialah sekitar $145.000 pertahun. Yang artinya gaji seorang Pilot yang bekerja dalam maskapai internasional, bila diubah ke kurs Rp 14.000, yakni kurang lebih 169 juta perbulan.

Selain gaji yang menggiurkan, Pilot penerbangan umumnya menerima beragam penghargaan, manfaat, dan fasilitas seperti akomodasi mewah.

Besaran tunjangan yang bisa di terima seorang Pilot sudah pasti tergantung pada ketentuan masing-masing maskapai. Lantas bagaimanakah dengan pilot yang bekerja di negara lain? Silahkan simak pembahasan secara lengkapnya mengenai gaji THR Pilot di bawah ini.

Gaji THR Pilot

Gaji thr pilot

Berikut ini kami uraikan beberapa macam gaji dan tunjangan atau THR tahun 2022, di antaranya:

1. Belanda

KLM sebuah maskapai penerbangan terbesar di Belanda. Jika diperhitungkan, gaji Pilot maskapai mulai sekitar 50.000 euro untuk perwira pertama dan 256.700 euro untuk kapten yang paling expert di bagiannya.

Maka jika di hitung, gaji rata-rata seorang Pilot di Belanda kurang lebih €218.500 pertahun atau sama dengan kurang lebih Rp 3,53 miliar.

2. China

Pilot di China dapat memperoleh $25.000 perbulan atau sekitar $300.000 pertahun. Jika dihitung dengan kurs Rp 14.300, gaji pilot di China dapat mencapai hingga Rp 357 juta perbulan atau mungkin kurang lebih Rp 4,29 miliar. Ia memiliki hak atas bonus akhir kontrak sebesar US$ 80.000 atau sama dengan Rp 1,14 miliar.

3. Prancis

Air France merupakan maskapai nasional dan Pilot senior yang bekerja di maskapai itu mendapat kurang lebih €208.000 (Rp. 3,36 miliar) dalam satu tahun setelah terbang dua jam satu hari pada rute jarak jauh dan 1/2 jam pada rute jarak dekat.

4. Kanada

Gaji awal untuk seorang Pilot yang bekerja di maskapai terbesar di Kanada ialah lebih kurang lebih CAD$50.000 sampai CAD$62.000.

Sementara gaji kapten pilot Boeing 777 dengan pengalaman 12 tahun dapat menghasilkan sekitar CAD$300.000 pertahun. Maka bila dihitung dengan kurs Rp 11.300/CAD, gaji Pilot di Kanada dapat mencapai kurang lebih Rp 3,39 miliar pertahun.

5. Irlandia

Ryanair merupakan sebuah operator terbesar di negara Irlandia dan memberi gaji Pilot Dublin rata-rata €15.000 sampai €200,000 pertahun. Dan jika gaji Pilot tersebut di konversi ke dalam rupiah maka besarannya kurang lebih Rp 243 juta – Rp 3,24 miliar pertahun.

Baca Juga: Gaji THR Karyawan PT Pertamina Plus Tunjangan dan Benefit Lain

Tunjangan THR Pilot

Tunjangan pilot

Sanggup terbang menelusuri dunia dengan fasilitas lainnya membuat profesi Pilot masih tetap menarik di mata masyarakat. Maka tidak bisa dipungkiri jika Pilot sebagai salah satu profesi “elit” di Indonesia sekarang ini, berkaitan dengan citra berpenghasilan tinggi dan fasilitas yang mereka sanggupi.

Pilot Indonesia rata-rata berpendapatan Rp 40 juta Rp – 50 juta perbulan. Pendapatan seorang Pilot pemula yang baru saja mengantongi lisensi pilot komersil sekitar Rp 30 juta perbulan.

Menurut manajemen Garuda Indonesia, penghasilan pilot junior maskapai BUMN ini secara nominal dapat mencapai Rp 60 juta dalam sekian tahun pertama.

Komposisi penghasilan umumnya meliputi gaji di tambah tunjangan lain serta kenaikan dengan jam terbang dan layanan. Maka jika kamu telah mencapai hingga penjadi Pilot senior maka akan semakin besar pula pendapatan yang akan di dapatkan. Kapten senior di maskapai bintang lima seperti Garuda dapat mempunyai pendapatan atau gaji sekitar Ro 100 juta – 150 juta.

Penghasilan tersebut belum termasuk benefit lainnya yang bernilai seperti asuransi kesehatan, asuransi individu, kehilangan izin terbang, iuran pensiun, BPJS, fasilitas kesehatan, masa kerja dan beragam penghargaan pensiun maskapai.

Profesi Pilot yaitu sudah di lengkapi dengan beragam asuransi, mulai dari asuransi kesehatan untuk yang terserang imbas dan keluarganya sampai asuransi kecelakaan.

Bahkan juga professional menjamin jika ada kejadian yang mengakibatkan hilangnya lisensi Pilot. Pilot mempunyai asuransi kesehatan dalam golongan di atas rata-rata.

Adanya jaminan yakni meliputi operasi. Walau sebenarnya, operasi jantung dapat di jamin untuk pemasangan cincin. Jaminan lain di berikan apabila terjadi kecelakaan yang menyebabkan Pilot cacat permanen atau meninggal dunia.

Fasilitas lainnya yang pastinya di miliki Pilot ialah terdapat layanan antar-jemput ke dan dari lapangan terbang ke fasilitas konsesi berbentuk tiket pesawat untuk Pilot dan keluarganya, yang biasa antara pegawai maskapai.

Untuk semuanya rute penerbangan yang dilayani oleh maskapal, pegawai memiliki hak memperoleh diskon tiket atau tiket penerbangan gratis dan diskon di bawah harga tiket penerbangan normal.

Daftar Gaji Pilot Maskapai di Indonesia

Daftar gaji pilot maskapai indonesia

Gaji Pilot memamg termasuk gaji paling tinggi dibandingkan profesi yang lainnya. Selain dengan jumlahnya yang terbatas, profesi Pilot mempunyai resiko kematian karena kecelakaan yang relatif tinggi.

Durasi waktu jam terbang tentunya mempengaruhi nominal gaji Pilot. Semakin banyak jam terbang, akan semakin besar gaji yang di terima.

Jika di lihat dari berbagai faktor risiko yang disebutkan sebelumnya, nampaknya logis jika Pilot di bayar hingga puluhan bahkan sampai ratusan juta rupiah. Berikut kami berikan ulasan mengenai gaji Pilot beberapa maskapai di Indonesia. Simak di bawah ini:

1. Gaji Pilot Garuda Indonesia

Garuda Indonesia merupakan salah satu maskapai milik negara Indonesia yang beroperasi. Maskapai yang berwarna pesawat biru putih ini dapat disebut maskapai terbesar di Tanah Air.

Salah satu anak perusahaan Garuda Indonesia yang bergerak di bidang penerbangan yang lain ialah Citi Link. Gaji rata-rata pilot Garuda mencapai Rp 44.800.000 perbulan.

2. Gaji Pilot Lion Air

Lion Air yaitu sudah di dirikan pada 15 November 1999 oleh konglomerat Rusdi Kirana. Gaji rata-rata seorang Pilot di maskapai ini ialah Rp 15.700.000 perbulan. Ini belum termasuk beragam benefit dan fasilitas yang di tawarkan perusahaan.

3. Gaji Pilot Sriwijaya Air

Selanjutnya terdapat Sriwijaya Air yang berdiri sejak tahun 2003. Gaji rata Pilot maskapai ini sekitar Rp 10.000.000 perbulannya. Ini belim termasuk beragam layanan yang di berikan perusahaan.

4. Gaji Pilot Batik Air

Batik Air ialah anak perusahaan Lion Air Grup yang di dirikan pada tahun 2012. Sesuai namanya, maskapai ini memiliki motif simbol yang unik, yakni motif tiedye dan canting. Range gaji Pilot Batik Air berkisar antara Rp 30.000.000 – Rp 40.000.000 perbulan.

5. Gaji Pilot Air Asia

Dan tersapat satu maskapai yang di dirikan oleh konglomerat Malaysia bernama Tony Fernandes, yaitu maskapai Air Asia. Air Asia di kenal sebagai salah satun perintis maskapai penerbangan murah di Asia Tenggara. Dan rata-rata gaji Pilot Air Asia yakni Rp 47.500.000 perbulan.

Demikianlah pembahasan yang dapat kami berikan mengenai gaji THR dan tunjangan Pilot terbaru 2022 dan informasi lainnya yang terkait. Semoga dapat bermanfaat bagi kamu semuanya.

Tinggalkan komentar