Gaji Karyawan PT Antam 2023 : Tunjangan dan Syarat

Satupersen.co.id – PT Antam (Aneka Tambang Tbk) merupakan perusahaan tambang yang memiliki kontribusi yang cukup besar dalam perekonomian Indonesia. PT Antam memberikan gaji yang cukup layak dan kompetitif bagi tiap karyawan. Perusahaan juga menyediakan benefit yang dapat membantu karyawan dalam mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari.

Keberadaan dan produksi PT Antam menjadi sumber devisa dan menopang industri dalam negeri. PT Antam juga menjaga standard operasi yang baik dan berusaha untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas agar dapat meningkatkan nilai bagi pemegang saham dan masyarakat.

Untuk lebih jelasnya mengenai gaji karyawannya, maka kami akan memberikan rinciannya untuk anda. Namun sebelum membahas besaran gaji pegawainya, perlu anda ketahui lebih jelas tentang PT Aneka Tambang atau Antam. Oleh karena itu, simak pembahasannya di bawah ini.

Sekilas Tentang PT Antam

Tentang PT Antam

PT Aneka Tambang Tbk atau yang lebih dikenal dengan nama PT Antam adalah sebuah perusahaan tambang yang beroperasi di Indonesia.  PT Antam di dirikan sebagai BUMN (Badan Usaha Milik Negara) pada tahun 1968 melalui merjer beberapa perusahaan pertambangan nasional yang memproduksi komoditas tunggal.

Untuk mendukung pendanaan proyek ekspansi feronikel, pada tahun 1997 Antam menawarkan 35% sahamnya ke publik dan mencatatkannya di Bursa Efek Indonesia. Pada tahun 1999, Antam mencatatkan sahamnya di Australia dengan status foreign exempt entity dan pada tahun 2002 status ini ditingkatkan menjadi ASX Listing yang memiliki ketentuan lebih ketat.

Perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan tambang terbesar di Indonesia. PT Antam memiliki beragam jenis produk, termasuk emas, perak, nikel, bauksit, dan pasir besi. Salah satu produk unggulan PT Antam adalah emas. Perusahaan ini memiliki tambang emas di Pongkor, Jawa Barat dan Cibaliung, Banten. Emas yang dihasilkan PT Antam digunakan untuk keperluan industri dan investasi.

Selain itu, PT Antam juga memproduksi nikel. Perusahaan ini memiliki tambang nikel di Pomalaa, Sulawesi Tenggara dan Weda Bay, Maluku Utara. Nikel yang dihasilkan PT Antam digunakan sebagai bahan baku industri logam dan stainless steel.

PT Antam juga memproduksi bauksit yang digunakan sebagai bahan baku industri alumina dan aluminium. Tambang bauksit PT Antam terletak di Pemali, Kalimantan Timur dan Tanjung Buli, Kalimantan Selatan.

Perusahaan ini juga memproduksi pasir besi yang digunakan sebagai bahan baku industri besi dan baja. Tambang pasir besi PT Antam terletak di Bengkulu, Sumatera Barat.

PT Antam juga memiliki sejumlah anak perusahaan yang bergerak dalam bidang tambang dan logam mulia. Hal ini membuat PT Antam menjadi salah satu perusahaan tambang terintegrasi di Indonesia.

Baca Juga: Gaji Pegawai Pegadaian Lengkap Semua Jabatan 2023

Gaji Karyawan PT Antam

Gaji karyawan PT Antam

Gaji karyawan PT Antam tergantung dari posisi dan tingkat pendidikan yang di miliki. Sebagai perusahaan tambang yang besar dan terintegrasi, PT Antam memiliki beragam posisi dan tingkat pendidikan yang di butuhkan. Pastikanlah untuk selalu memperhatikan peraturan perusahaan dan dapat memenuhi standar yang di tetapkan agar dapat mendapatkan gaji yang sesuai dengan kinerja dan posisi yang di jabat.

Karyawan dengan posisi operator produksi atau staff administrasi, akan memperoleh gaji yang lebih rendah dibandingkan dengan karyawan dengan posisi yang lebih tinggi seperti manajer atau supervisor. Namun, gaji karyawan entry level di PT Antam masih dapat dikatakan cukup layak dan dapat mencukupi kebutuhan hidup.

Sementara itu, karyawan dengan posisi yang lebih tinggi dan tingkat pendidikan yang lebih tinggi akan memperoleh gaji yang lebih tinggi. Hal ini sesuai dengan kompensasi yang di terima untuk tanggung jawab dan tingkat kompetensi yang lebih tinggi.

Untuk lebih jelasnya mengenai gaji, berikut ini kami sajikan daftar gaji karyawan PT Antam dari berbagai posisi atau jabatan.

Daftar Gaji Karyawan PT Antam Berbagai Jabatan Terbaru

No. Posisi/Jabatan Gaji/Bulan
1 Accounting & Budgeting Staff Rp 3 Jt – 5 Jt
2 Accounting Finance Rp 5 Jt – 7 Jt
3 Administrasi Rp 2.1 Jt – 17 Jt
4 Akuntansi Rp 3 Jt – 5 Jt
5 Assistant Manager Rp 9 Jt – 17 Jt
6 Assistant Manager Akuntansi Rp 4 Jt – 4.5 Jt
7 Buruh Rp 2 Jt – 3 Jt
8 Civil Engineer Rp 5.5 Jt – 7 Jt
9 Competency and Assessment Assistant Manager Rp 9 Jt – 11 Jt
10 Data Entry Rp 4.5 Jt – 5 Jt
11 Director Rp 125 Jt – 150 Jt
12 Eksekutif Rp 5 Jt – 150 Jt
13 Electrical Engineer Rp 7 Jt – 9 Jt
14 Engineer Rp 7.5 Jt – 11 Jt
15 Executive Assistant to CEO Rp 5 Jt – 7 Jt
16 General Manager Rp 45 Jt – 50 Jt
17 Geologist Rp 3 Jt – 13 Jt
18 HSE Specialist Rp 9 Jt – 11 Jt
19 Human Resources Specialist Rp 7.1 Jt
20 ICT Technician Rp 5 Jt – 7 Jt
21 IT Staff Rp 3 Jt – 5 Jt
22 Junior Operator Rp 3 Jt – 5 Jt
23 Lab Rp 3 Jt – 7 Jt
24 Laboratory Officer Rp 5 Jt – 7 Jt
25 Legal Compliance Assistant Manager Rp 13 Jt – 15 Jt
26 Legal Officer Rp 11 Jt – 13 Jt
27 Legal Specialist Rp 7 Jt – 9 Jt
28 Magang Rp 1 Jt – 2 Jt
29 Manager Rp 9 Jt – 15 Jt
30 Manager Rp 9.75 Jt
31 Marketing Manager Rp 18 Jt – 21 Jt
32 Mechanical Engineer Rp 5 Jt – 5.9 Jt
33 Mining Engineer Rp 7 Jt – 9 Jt
34 Organization Development Specialist Rp 11 Jt – 13 Jt
35 Pelayanan Profesional Rp 7 Jt – 15 Jt
36 Pemasaran/ Humas Rp 18 Jt
37 Process Engineer Rp 7 Jt – 9 Jt
38 Production Rp 9.75 Jt
39 Project Control Rp 7 Jt – 9 Jt
40 Quality Control Engineer Rp 7 Jt – 9 Jt
41 Quality Control Lab Rp 3 Jt – 5 Jt
42 Safety Officer Rp 7 Jt – 9 Jt
43 Senior Engineer Rp 11 Jt – 13 Jt
44 Senior Staff Rp 4.5 Jt – 6.9 Jt
45 Server Rp 10 Jt
46 Specialist Rp 7 Jt – 9 Jt
47 Staff Rp 1.7 Jt – 10 Jt
48 Staff Administrasi Rp 9.1 Jt
49 Staff Teknisi Rp 21 Jt
50 Supervisor Rp 5 Jt – 8 Jt

Fasilitas dan Tunjangan Karyawan PT Antam

Selain gaji pokok, PT Antam juga menawarkan beragam benefit lainnya berupa fasilitas dan tunjangan kepada karyawannya. Adapun fasilitas dan tunjangan yang di berikan ditujukan untuk memberikan perlindungan dan kenyamanan bagi karyawan PT Antam. Berikut fasilitas dan tunjangannya.

  • Uang makan
  • Uang Lembur
  • Bonus tahunan
  • BPJS (Kesehatan & Ketenagakerjaan)
  • Mess
  • Premi kehadiran
  • Seragam
  • Transport/jemputan
  • Tunjangan Hari Raya (THR)

Persyaratan Mendaftar Kerja di PT Antam

Persyaratan kerja di PT Antam

Jika ingin mendaftar di perusahaan ini, tentu terdapat beberapa persyaratan yang harus di penuhi. Berikut ini beberapa persyaratan umum dan berkas untuk bisa mendaftarkan diri di salah satu posisi atau jabatan di PT Antam:

1. Persyaratan Umum

  • Pria/Wanita
  • Usia 17 – 45 tahun.
  • Sehat jasmani & rohani
  • Boleh pakai hijab & kacamata
  • Pendidikan minimal D1, D3, S1 dan S2 sederajat (semua jurusan).
  • Berpengalaman kerja 1 hingga 2 tahun.
  • Memiliki kemampuan input data secara manual atau menggunakan komputer (minimal Ms. Office + Internet).
  • Menguasai bahasa asing (Inggris) menjadi nilai tambahan.
  • Disiplin, jujur & bertanggung jawab
  • Bersedia di tempatkan di wilayah kerja ditentukan.

2. Persyaratan Dokumen

  • Surat lamaran lengkap
  • Fotokopi ijazah
  • Fotokopi KTP
  • CV/daftar riwayat hidup
  • Pas Foto 3 × 4 (2 lembar)

Demikianlah pembahasan yang dapat kami berikan mengenai gaji karyawan PT Antam (Aneka Tambang Tbk) berbagai jabatan terbaru. Semoga pembahasan kali ini dapat membantu anda ketika ingin mengetahui besaran gaji yang di terima karyawannya ataupun berkeinginan mendaftar menjadi karyawan perusahaan tersebut. Namun sebelum memutuskan untuk mendaftar, pastikan anda telah memenuhi semua persyaratannya.