Gaji Pegawai Pegadaian Lengkap Semua Jabatan 2023

Satupersen.co.id – Seperti yang diketahui, PT Pegadaian (Persero) merupakan perusahaan BUMN yang bergerak di bidang jasa keuangan. Statusnya yang sebagai BUMN, membuat Pegadaian diminati banyak pencari kerja atau fresh graduated. Oleh sebab itulah, banyak yang ingin mengetahui besaran gaji pegawai di PT Pegadaian. Dan untuk mengetahuinya, silahkan simak pembahasan yang kami berikan hingga selesai.

PT Pegadaian juga memiliki jaringan cabang yang luas di seluruh Indonesia, sehingga mudah dijangkau oleh masyarakat. Perusahaan ini juga memiliki sistem online yang canggih, sehingga nasabah dapat melakukan transaksi tanpa harus datang ke kantor cabang.

PT Pegadaian memiliki beragam jenis produk dan layanan, termasuk penyimpanan emas, pinjaman uang, dan jual beli barang. Salah satu produk unggulan PT Pegadaian adalah “Tabungan Emas”, dimana nasabah dapat menyimpan emas sebagai bentuk tabungan dan dapat dicairkan kapan saja sesuai kebutuhan. Selain itu, perusahaan ini juga menyediakan layanan pinjaman uang dengan jaminan emas. Layanan ini sangat popular di kalangan masyarakat, karena proses pengajuan dan persyaratannya cukup mudah.

Sebelum membahas mengenai gaji pegawainya, perlu anda ketahui lebih jelas tentang Pegadaian itu sendiri. Oleh karena itu, simak pembahasannya di bawah ini.

Sekilas Tentang Pegadaian

Tentang pegadaian

 

PT Pegadaian (Persero), pemilik brand (merk) Pegadaian adalah perusahaan BUMN yang di buka pertama kali di Sukabumi pada tanggal 1 April 1901. Sampai dengan Agustus 2020 PT Pegadaian telah mempunyai outlet sebanyak 4.100 yang tersebar di seluruh Indonesia. Produk dan layanan Pegadaian juga dapat diakses di lebih 11.000 agen. Pegadaian juga merupakan salah satu perusahaan jasa keuangan yang menyediakan layanan pinjaman uang berbasis jaminan.

Pegadaian menyediakan beragam jenis layanan pinjaman, seperti pinjaman tunai, pinjaman konsumtif, dan pinjaman produktif. Pinjaman tunai di gunakan untuk keperluan pribadi seperti biaya kesehatan, pendidikan, atau pernikahan. Pinjaman konsumtif di gunakan untuk membeli barang-barang konsumtif seperti elektronik atau perabot rumah tangga. Sedangkan pinjaman produktif di gunakan untuk mengembangkan usaha atau investasi.

Untuk mendapatkan pinjaman di Pegadaian, seseorang harus menyediakan jaminan berupa barang berharga seperti emas, perhiasan, atau elektronik. Selain itu, seseorang juga harus memenuhi syarat-syarat lain seperti memiliki dokumen identitas yang valid dan memiliki penghasilan yang cukup.

Pegadaian juga menyediakan layanan lain seperti deposito berjangka, tabungan emas, dan pembelian emas. Selain itu, perusahaan ini juga memiliki program-program sosial seperti program bantuan untuk pelajar, program kesehatan, dan program pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Namun, seperti layanan keuangan lainnya, pinjaman di Pegadaian juga memiliki tingkat bunga yang cukup tinggi, sehingga seseorang harus berhati-hati dalam mengelola keuangan dan memperhitungkan kemampuan keuangan sebelum memutuskan untuk mengambil pinjaman di Pegadaian.

Visi

Menjadi The Most Valuable Financial Company di Indonesia dan Sebagai Agen Inklusi Keuangan Pilihan Utama Masyarakat.

Misi

  1. Memberikan manfaat dan keuntungan optimal bagi seluruh stakeholder dengan mengembangkan  bisnis inti.
  2. Memperluas jangkauan layanan UMKM melalui sinergi Ultra Mikro untuk meningkatkan proposisi nilai ke nasabah dan stakeholder.
  3. Memberikan service excellence dengan fokus nasabah melalui: bisnis proses yang lebih sederhana dan digital, teknologi informasi yang handal dan mutakhir, praktek manajemen risiko yang kokoh, SDM yang profesional berbudaya kinerja baik.

Produk dan Layanan Pegadaian

Produk dan layanan pegadaian

Berikut daftar produk Pegadaian berupa pinjaman gadai:

  • Gadai Emas
  • Gadai Non Emas
  • Gadai Kendaraan
  • Gadai Tabungan Emas
  • Gadai Angsuran Emas
  • Gadai Efek Gadai Emas Syariah
  • Gadai Non Emas Syariah
  • Gadai Kendaraan Syariah
  • Gadai Tabungan Emas Syariah
  • Gadai Angsuran Emas Syariah
  • Pembiayaan Porsi Haji
  • Pembiayaan Wisata Religi

Adapun daftar produk Pegadaian berupa pinjaman non-gadai yaitu sebagai berikut:

  • Pinjaman Usaha
  • Pinjaman Usaha Syariah
  • Pinjaman Serbaguna
  • Cicil Kendaraan
  • Cicil Emas
  • Cicil Emas
  • Arisan Cicil EmasKu
  • Gadai Sertifikat

Pegadaian memiliki layanan jasa dan kerja sama sebagai berikut:

  • Tabungan Emas
  • Jasa Kirim dan Terima Uang
  • Jasa Pembayaran Online
  • Jasa Sertifikasi
  • Jasa Taksiran
  • Jasa Titipan
  • Safe Deposit Box
  • Kerja Sama Digital
  • Kerja Sama Pengajuan Kredit Instansi

Baca Juga: Gaji Karyawan PT Astra International Tbk Semua Jabatan Terbaru

Gaji Pegawai Pegadaian

Gaji pegawai pegadaian

Gaji pegawai Pegadaian bervariasi tergantung pada posisi yang dipegang dan pengalaman kerja. Namun, secara umum, gaji pegawai Pegadaian dapat di kategorikan sebagai berikut:

  1. Pegawai Junior: Gaji untuk posisi ini berkisar antara Rp 2 juta hingga Rp 4 juta per bulan. Pegawai junior biasanya memiliki tanggung jawab seperti menangani transaksi keuangan, melayani pelanggan, dan melakukan tugas administratif lainnya.
  2. Pegawai Menengah: Gaji untuk posisi ini berkisar antara Rp 4 juta hingga Rp 7 juta per bulan. Pegawai menengah memiliki tanggung jawab lebih banyak dibandingkan pegawai junior, seperti menangani masalah yang lebih kompleks, mengelola tim, dan bertanggung jawab atas laporan keuangan.
  3. Pegawai Senior: Gaji untuk posisi ini berkisar antara Rp 7 juta hingga Rp 12 juta per bulan. Pegawai senior memiliki tanggung jawab sebagai pemimpin di cabang atau area kerja, dan bertanggung jawab atas kinerja keseluruhan cabang atau area kerja tersebut.

Untuk lebih jelasnya, kami akan memberikan rinciannya mengenai gaji pegawai PT Pegadaian berbagai jabatan. Simak tabel di bawah ini.

Daftar Gaji Pegawai PT Pegadaian Berbagai Jabatan Terbaru

No. Jabatan Pegawai Gaji / Bulan
1. Kepala Divisi / General Manger Rp. 55.000.000
2. Pimpinan Wilayah Rp. 47.000.000
3. Inspektur Wilayah Rp. 35.000.000
4. Deputy Pemimpin Wilayah Rp. 35.000.000
5. Pemimpin Cabang Madya Rp. 23.000.000
6. Auditor Madya Rp. 23.000.000
7. Pemimpin Cabang Muda Rp. 18.700.000
8. Manager Bisnis Gadai Rp. 15.000.000
9. Asisten Manager Rp. 13.000.000
10. Satpam Rp. 1.400.000
11. Office Boy Rp. 1.400.000
12. Driver Rp. 1.400.000
13. Teller Rp. 2.400.000
14. Customer Service Rp. 2.400.000
15. Staff Administrasi Umum Rp. 2.700.000
16. Penaksir Gadai Muda Rp. 7.200.000
17. Penaksir Gadai Madya Rp. 8.500.000
18. Pengelola Galery Rp. 9.500.000
19. Pengelola UPC Rp. 10.600.000

 

Selain gaji pokok, pegawai Pegadaian juga dapat menerima tunjangan dan bonus berdasarkan kinerja yang di capai. Beberapa pegawai juga dapat menerima fasilitas seperti asuransi kesehatan dan cuti tahunan.

Persyaratan Mendaftar Kerja di Pegadaian

Persyaratan mendaftar di pegadaian

Apabila anda tertarik ingin mendaftar kerja di pegadaian, tentunya terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi di antaranya sebagai berikut:

  1. Pendidikan minimal yang dipersyaratkan adalah SLTA/D3/S1 dari berbagai jurusan.
  2. Berusia antara 20-35 tahun.
  3. Baru lulus (fresh graduated) atau memiliki pengalaman kerja 1 (satu) tahun.
  4. Bersedia di tempatkan sesuai keahlian dan posisi yang tersedia.
  5. Diutamakan putra-putri daerah dan bersedia di tempatkan sesuai wilayah kerja PT Pegadaian (Persero).
  6. Komunikatif dan berpenampilan rapi.
  7. Dapat bekerja secara tim dan memiliki integritas yang baik.
  8. Mampu mengoperasikan program Microsoft Office.
  9. Disabilitas yang di terima adalah tuna daksa atau penyandang cacat pada salah satu bagian tubuh.

Demikianlah pembahasan yang dapat kami berikan mengenai gaji karyawan PT Pegadaian (Persero) berbagai jabatan terbaru. Semoga pembahasan kali ini dapat membantu anda ketika ingin mengetahui besaran gaji yang di terima karyawannya ataupun berkeinginan mendaftar menjadi karyawan perusahaan tersebut. Namun sebelum memutuskan untuk mendaftar, pastikan anda telah memenuhi semua persyaratannya.