Gaji Lulusan Poltekip dan Tunjangan Terbaru 2022

Satupersen.co.id – Masuk sekolah kedinasan menjadi salah satu impian bagi kebanyakan orang. Khususnya untuk anak-anak yang sesaat lagi menghadapi kelulusan SMA atau gelar yang sederajat. Keinginan masuk ke sekolah kedinasan karena mempunyai kesempatan dan prospek kerja yang terjamin. Seperti sekolah kedinasan Poltekip yang memiliki prospek kerja bagus dan gaji lulusan yang terbilang mapan.

Lulusan sekolah kedinasan langsung bisa di pilih menjadi PNS. Dan seperti yang kita ketahui, PNS yaitu memiliki gaji yang terjamin dan dikenal mempunyai jumlah yang mengiurkan.

Jika kamu penasaran, kami akan memberitahukan mengenai gaji lulusan sekolah kedinasan Politeknik Pengetahuan Pemasyarakatan (Poltekip). Oleh karena itu, silahkan simak pembahasan yang kami berikan hingga selesai.

Sekilas Tentang Poltekip

tentang poltekip

Saat sebelum bicara mengenai gaji atau pendapatan dari lulusan sekolah kedinasan Poltekip tersebut, perlu di ketahui terlebih dahulu seputar info mengenai Poltekip. Agar nantinya kamu dapat memahami dengan baik dan dapat tentukan di mana lowongannya.

Poltekip merupakan salah satu sekolah kedinasan atau resmi yang berada di bawah naungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI (Republik Indonesia). Awalnya, Poltekip memiliki nama AKIP (Akademi Ilmu Pemasyarakatan) yang telah berdiri sejak tahun 1964.

Di mana saja ada sekolah resmi, banyak yang mengharap dapat hasilkan SDM (Sumber Daya Manusia) yang mempunyai kualitas yang nantinya dapat bekerja di instansi pemerintahan. Selain itu, mempunyai tujuan untuk menempati jabatan fungsional dan strategis di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Politeknik sebetulnya telah ada lama yaitu di tahun 1962. Universitas perguruan tinggi ini berada di Depok, Jalan Raya Gandul Cinere, Propinsi Jawa Barat.

Keunggulan dan Keuntungan Kuliah di Politekip

keuntungan poltekip

Sekolah resmi di Indonesia mempunyai kekurangan dan keunggulannya masing-masing. Begitu halnya sekolah kedinasan Poltekip. Berikut ini ialah beberapa keuntungan kuliah di Poltekip:

1. Sekolah Gratis

Seperti yang kita tahu, biaya pendidikan kini semakin meningkat tiap tahunnya. Hal ini menjadi beban untuk beberapa orang. Selain itu, biaya training semakin tinggi untuk pelatihan tertentu.

Misalnya pendidikan kedokteran, perminyakan, dan yang lainnya. Tetapi, ada banyak kampus yang tawarkan beragam layanan pendidikan gratis, yaitu sekolah keinasasn dan salah satunya Poltekip. Mahasiswa tidak dipungut biaya apa pun selama belajar di universitas ini.

Mahasiswa yang kuliah di Poltekip biaya pendidikan untuk tiap mahasiswanya jadi ditanggung oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Jadi sesudah lulus tak perlu kebingungan mencari kerja karena mereka akan diterima sebagai PNS.

2. Perlengkapan Gratis

Selain gratis biaya kuliah atau SPP di Poltekip, pihak kampus juga memberi layanan gratis ke taruna berkaitan seragam, atribut dan perlengkapan yang lainnya.

Mahasiswa tak perlu lagi membeli seragam sendiri. Karena semua di bagikan dengan gratis oleh pemerintah.

3. Banyak Pilihan Jurusan

Kuliah di Politeknik ini banyak memiliki opsi penting. Berikut beberapa jalur Poltekip yang bisa kamu tentukan sesuai minat, Diantaranya adalah:

  • D4 Bimbingan Masyarakat
  • D4 Manajemen Permasyarakatan
  • D4 Teknik Permasyarakatan

4. Makan Gratis

Salah satu faktor yang penting yang menjadi perhatian dan benar-benar makan ongkos adalah biaya makan untuk taruna selama masa studinya. Namun, Poltekip berlainan dalam kampus lain. Karena Poltekip menawarkan makanan gratis untuk taruna yang tentunya makanan yang di sediakan bergizi sehingga membuat badan sehat dan kuat.

5. Ikatan Dinas

Poltekip sebagai perguruan tinggi negeri milik Kementerian Hukum dan  Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Perguruan tinggi negeri ini jadi favorit banyak lulusan SMA karena program resminya.

Hingga gampang untuk mendapatkan status sebagai calon Aparat Sipil Negara (ASN) nantinya di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia sesudah lulus dari pendidikan yang di tempuh.

6. Fasilitas Lengkap

Instansi pendidikan Poltekip menawarkan fasilitas atau sarana yang terbilang komplit kepada mahasiswa sepanjang menempuh pendidikan.

Misalkan ruang atau tempat beribadah yang nyaman seperti mushola, laboratorium praktek yang kekinian dan komplit mengenai permasalahan migrasi, lapangan olah raga, perpustakaan, laboratorium komputer, dan yang lainnya.

Prospek Kerja Lulusan Poltekip

prospek kerja lulusan poltekip

Yang paling menjadi pertimbangan ketika seseorang ingin masuk ke sekolah kedinasan yakni karena prospek kerjanya yang baik. Sepetelah lulus dari politeknik ini, para lulusan akan mendapat gelar Ahli Madya Permasyarakatan (Amd.P) dan Sarjana Terapan Permasyarakatan (S.Tr.Pras.).

Nantinya para alumni dari lulusan Poltekip tersebut akan ditempatkan pada UPT atau Unit Pelaksana Teknis yang ada di seluruh Indonesia. Diantaranya seperti:

  1. UPT Balai Permasyarakatan
  2. UPT Rumah Tahanan Negara (Rutan)
  3. UPT Lembaga Permasyarakatan (LP)
  4. UPT Direktorat Jenderal Permasyarakatan (DJP)
  5. UPT Rumah Penyimpanan Benda Sitaan dan Rampasan Negara

Setelah mahasiswa berhasil menyelesaikan studinya, maka mereka akan memperoleh SK pengangkatan untuk menjaid PNS yang nantinya dapat bekerja di bidang Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Gaji Lulusan Poltekip

gaji lulusan poltekip

Jika sudah mengetahui prospek kerjanya, mungkin orang-orang bertanya mengenai berapa gaji lulusan Poltekip. Sebenarnya gajinya bermacam dan variasi. Karena nanti dalam lulusan Poltekip yang menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) memperoleh gaji sesuai masa kerjanya dan golongan atau jabatan.

Adapun besaran gaji lulusan Poltekip sebagai PNS sesuai golongannya yaitu sebagai berikut:

  • Golongan IA berkisar antara Rp. 1.560.000 – Rp. 2.335.800.
  • Golongan IIA berkisar antara Rp. 2.022.200 – Rp. 3.373.600.
  • Golongan IIIA berkisar antara Rp. 2.579.000 – Rp. 4.236.400.

Gaji di atas merupakan gaji pokok dan belum termasuk tunjangan tambahan yang dapat menambahkan gaji bulanan. Jadi dapat disebut gaji bulanan yang ada semakin tinggi dari pembebasan pajak.

Di liat dari upahnya bisa disebutkan gaji lulusan Poltekip sama dengan gaji lulusan Poltekim, STAN, STIS, STTD atau lulusan sekolah kedinasan lainnya. Di mana kelak btergantung lama kerja dan golongannya.

Baca Juga: Gaji Lulusan STIN dan Estimasi Tunjangan Yang Didapatkan

Tunjangan Kerja Lulusan Poltekip

tunjangan kerja lulusan poltekip

Dengan tunjangan itu yaitu memungkinkan untuk meningkatkan gaji bulanan lulusan Poltekip yang sudah jadi PNS. Berikut ialah beberapa perincian berkenaan tunjangan:

  • Tunjangan Suami/Istri (5% dari gaji pokok)
  • Tanggungan Kinerja (Tukin)
  • Tunjangan Uang Makan
  • Perjalanan Dinas
  • Tunjangan Anak (2% dari gaji pokok)
  • Tanggungan Beras
  • Tunjangan Jabatan

Dari keterangan di atas dalam tunjangan kinerja atau umum disebut tukin, ialah tunjangan yang paling besar. Bonus tunjangan paling tinggi sejumlah Rp. 99.720.000 untuk PNS dengan jabatan strukturan Eselon I dengan pangkat 26.

Tukin paling rendah sendiri ialah Rp. 5.361.800, yang di berikan kepada PNS dengan jabatan managerial atau pangkat 4. Yang paling rendah dapat disebutkan lumayan tinggi bahkan juga semakin tinggi dari gaji pokok.

Kemungkinan besar keseluruhan gaji lulusan perguruan tinggi dapat mencapai Rp 10 juta/bulan bila di gabungkan antara gaji pokok dan tunjangan.

Demikianlah pembahasan yang dapat kami berikan mengenai gaji lulusan Politeknik Pengetahuan Pemasyarakatan (Poltekip), kami juga telah menjelaskan sekilas informasi mengenai Poltekip, kelebihannya, serta prospek kerja agar kamu memahami lebih banyak lagi. Mudah-mudahan pembahasan kali ini bisa bermanfaat untuk kamu yang menginginkan masuk ke sekolah kedinasan Poltekip tersebut.

Tinggalkan komentar