Cukup Menjanjikan, Segini Gaji Pramugari Kereta Api Perbulannya

Satupersen.co.id – Berprofesi sebagai pramugari tentu menjadi idaman bagi banyak orang. Pramugari tidak hanya untuk pesawat saja, namun ada juga untuk kereta api. Dimana nantinya bertugas untuk melayani penumpang kereta api di kelas bisnis, eksekutif, dan ekonomi. Namun tahukah kamu berapa gaji Pramugari kereta api? Jika penasaran, pastikan kamu menyimak pembahasannya yang akan kami berikan.

Pramugari tentu saja akan bertanggungjawab untuk mengawasi penumpang saat mereka masuk ingi membeli minuman dan makanan atau membutuhkan bantuan lainnya. Tugas Pramugari kereta api sama dengan pramugari pesawat.

Pramugari menunggu penumpang naik di stasiun keberangkatan dan mengontrol gerbong dan kursi penumpang. Setelah boarding, pertemuan formal dengan kondektur, teknisi kereta api, dan tim OTP (On Trip Cleaning) diperlukan.

Saat kereta pergi, Pramugari akan mengumumkan menu apa yang ada di restaurant. Sepanjang pandemi ini, Pramugari disarankan untuk mengikuti prosedur kesehatan yang ketat. Profesi pramugari di industri perkeretaapian mempunyai panggilan khusus, yakni prama (untuk pria) dan prami (untuk wanita). Tugas prama atau prami ini ialah melayani penumpang jarak jauh.

Jadi pramugari harus berada di sana untuk membawa dan memberi makanan ke semua penumpang. Walaupun kelihatan simpel, sebetulnya beban kerja seorang pramugari lumayan berat meski kerjanya di transportasi darat.

Sebelum membahas mengenai besaran gaji seorang Pramugari yang diterima setiap bulannya, pastikan kamu memahami tentang Pramugari kereta api lebih banyak lagi. Oleh karena itu, silahkan baca pembahasannya di bawah ini.

Tentang Pramugari Kereta Api

Pramugari kereta api

Bekerja sebagai Pramugari tentu saja sebagai mimpi banyak orang, salah satunya ialah Pramugari kereta api. Pramugari dan pramugara kereta api Indonesia alias KAI bekerja di kereta bisnis, eksekutif, dan ekonomi. Bekerja sebagai pramugari dan pramugari memiliki pendapatan, tunjangan dan karier yang tetap.

Manfaat lainnya menjadi pramugari ialah mereka bisa berpergian dan menerima tunjangan kesehatan saat bekerja. Tetapi, untuk menjadi seorang Pramugari harus memiliki fisik yang kuat.

Ini karena tugasnya mempunyai jam terbang yang banyak. Pramugari dibekali dengan keterampilan untuk mengevakuasi penumpang dan mengatasi kondisi genting dalam kereta.

Sebagai Pramugari yang melayani penumpang, tugas yang ini bertanggungjawab untuk mengangkut dan melayani penumpang di seluruh gerbong. Hal tersebutlah mengapa menjadi tertarik untuk mengetahui gaji Pramugari dan mempertimbangkan kesempatan untuk daftar menjadi Pramugari di waktu yang akan datang.

Secara umum 4 orang bekerja di kereta sebagai Pramugari dan Pramugara. Jumlah Pramugari dapat semakin bertambah bersamaan dalam jarak yang ditempuh oleh kereta api.

Di kereta api jarak jauh, Pramugari harus melayani semua penumpang tanpa terkecuali. Pramugari tetap harus siaga selama kereta masih berjalan. Dalam sebuah perjalanan 3 jam umumnya memerlukan minimal 3 Pramugari yang bertugas.

Tetapi, untuk perjalanan lebih dari 3 jam, di butuhkan 4 Pramugari di dalam kereta. Pada kereta api dengan 4 Pramugari, umumnya di pisah menjadi 2 Pramugari dan 2 Pramugara. Tugas Prama dan Prami biasanya dalam tahap pemulihan.

Gaji Pramugari Kereta Api Perbulan

Gaji pramugari kereta api

Profesi Pramugari dikenal dengan gaji yang cukup tinggi. Besarnya bonus gaji dan bonus lainnya tergantung levelnya. Ada dua jenjang dalam profesi pramugari, yakni senior dan junior.

Pramugari berpendapatan lebih dari gaji minimal. Tiap bulan Pramugari menerima gaji pokok dan tunjangan sejumlah Rp 7.000.000.

Yang mana gaji pokok seorang Pramugari ialah Rp 4.000.000 perbulan tergantung lokasi. Dan tunjangan kinerja mencapai Rp 3.000.000. Selain itu juga ada insentif biaya perawatan (make up) mulai dari Rp 1.500.000 sampai Rp 2.000.000.

Penghasilan Pramugari ini dapat bertambah tergantung pengalaman dan jam terbangnya. Pramugari senior dan junior tentu memperoleh gaji yang berbeda. Selain itu, dalam penetapan gaji yaitu akan di tetapkan dengan jenis masing-masing dari kereta api, misalkan ekonomi dan eksekutif. Gaji Pramugari di kereta ini akan memperoleh lebih banyak dari kelas ekonomi.

Bila di hitung, keseluruhan gaji yang di terima Prama dan Prami Junior sekitar Rp 7.000.000. Apabila sudah 2 tahun sejak menempuh tingkatan sekolah, artinya tingkatan prama dan prami telah naik ke tingkatan senior di tahun berikutnya.

Gaji Pramugari senior tentu lebih tinggi. Besaran gaji seorang Pramugari di tetapkan oleh jenis kelas kereta tersebut, gaji premium dan bonus kelas ekonomi berbeda. Demikian pula jenis kereta api, gaji Prama dan penghargaan kereta wisata juga berbeda dari jenis lainnya jumlahnya.

Jika kamu serius ingin menjadi seorang Pramugari, maka siapkan diri kamu sebaik mungkin. Baik dari segi fisik atau mental. Saat mendaftarkan untuk proses test dan penyeleksian, yakinkan kamu pada keadaan fisik dan psikis yang baik.

Baca Juga: Gaji Satpam Bank BCA, BNI, BRI, dan Mandiri, Segini Besarannya

Tugas Pramugari Kereta Api

Tugas pramugari kereta

Seperti yang telah di bahas, tugas khusus seorang Pramugari ialah melayani seluruh penumpang puluhan gerbong kereta. Harus kuat mundur-maju dengan memberi layanan yang maksimal. Tidaklah aneh, jika salah satu persyaratan menjadi pramugari ialah kemampuan fisik dan psikis yang kuat.

Dalam kasus kamar kecil Prama dan Prami, umumnya berada di samping mobil restaurant dan mushola. Namun berlainan dengan bodi ruang kabin Pramugari yang dapat di pakai untuk tidur, sedangkan privat room hanya untuk duduk saja. Meski begitu, hal tersebut di pandang cukup untuk santai atau mengobrol dengan rekan-rekan.

Tanggungjawab seorang Pramugari selain menyediakan minuman dan makanan, ada tugas lainnya misalkan:

  • Memantau atau melakukan rekaman setiap penumpang jarak jauh.
  • Memberikan pelayanan kereta api jarak jauh selama perjalanan atau melayani penjualan makanan dan minuman.
  • Menawarkan jasa sewa yang menunjang kenyamanan penumpang selama perjalanan.
  • Memberikan dan memberikan bantuan kenyamanan kepada penumpang Kelas Eksekutif.
  • Menjaga kebersihan dan kondisi kereta api, terutama dalam hal gerbong feeder.

Tiap perjalanan mempunyai beberapa macam kelas. Ada kelas penumpang reguler, eksekutif, dan ekonomi. Tiap kelompok secara berganti-gantian menerima jasa Prama dan Prami. Tiap Prama dan Prami akan memberi layanan kepada seluruh penumpang dari kelas-kelas tersebut secara bergantian.

Jika terdapat Prama dan Prami yang mampu dan memiliki daya guna memberikan layanan yang maksimal, mereka berkesempatan untuk melayani penumpang eksekutif. Tiap bulannya hanya mendapatkan dua kesempatan, sedangkan yang lainnya untuk kelas lain.

Pekerjaan seorang Pramugari tentunya tidak boleh dianggap mudah atau sepele. Pada kereta jarak jauh, minimal tiga sampai 4 orang memerlukan Pramugari. Banyaknya berdasarkan jarak yang di tempuh kereta api. Semakin lama perjalanan, ,maka akan semakin bertambah Prama dan penghargaan yang di perlukan di kereta.

Demikianlah pembahasan yang dapat kami berikan mengenai gaji Pramugari kereta api, dan informasi lainnya. Semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat untuk kamu yang ingin mengetahui besaran gaji Pramugari perbulannya. Dan bagi siapa saja yang ingin menjadi Pramugari, pastikan kamu memenuhi persyaratannya dan siap mengikuti training saat ada lowongan sebagai posisi Pramugari.

Tinggalkan komentar