Gaji Satpam Bank BCA, BNI, BRI, dan Mandiri, Segini Besarannya

Satupersen.co.id – Seperti yang kita tahu, setiap kali datang ke Bank selalu terdapat Satpam yang menjaga. Satuan pengamanan (Satpam) di bank penting supaya keamanan bisa terkendali. Jika kamu salah satu yang ingin melamar sebagai posisi tersebut, tentu kamu mencari tahu besaran gaji, THR atau tunjangan lainnya sebagai Satpam Bank.

Melamar pekejaan sebagai satpam dalam suatu bank di Indonesia memanglah tidak mudah. Profesi tersebut  memerlukan beberapa persyaratan yang perlu kamu penuhi. Bahkan juga, kamu harus menuntaskan pendidikan dan training terlebih dahulu untuk memperoleh sertifikat resmi dan kartu anggota yang dikeluarkan oleh Binmas Polres setempat.

Selain dalam menjaga keamanan bank, pekerjaan sebagai Satpam biasanya ialah membantu nasabah yang berkunjung dan memberi nomor antrean bila di butuhkan.

Satuan pengamanan atau Satpam merupakan suatu tim atau kelompok yang bertugas untuk mengamankan aset dari kejahatan atau kerusakan. Serta bertugas melindungi lingkungan atau tempat kerja dari kejadian keselamatan dan menegakkan adanya sebuah peraturan dan ketentuan yang berlaku di lingkungan kerja tersebut.

Jika kamu penasaran berapa gaji Satpam berbagai bank di Indonesia, maka kami akan memberikan rincian selengkapnya. Oleh karena itu silahkan simak pembahasannya di bawah ini.

Gaji Satpam Bank BCA, BNI, BRI, dan Mandiri

Gaji satpam bank

Dengan berdasarkan data dari yang sudah kami dapatkan, gaji Satpam bank sedikit berbeda. Berikut ini telah kami kumpulkan gaji satpam dari berbagai bank, di antaranya adalah:

1. Gaji Satpam Bank BCA

Sebagai salah satu bank swasta terbesar di Indonesia, Bank BCA (Bank Central Asia) memiliki jumlah nasabah yang paling banyak. Layanan yang di berikan oleh bank swasta ini tidak usah di ragukan lagi.

Bahkan juga, satpam yang bekerja dalam suatu bank swasta yaitu menjadi viral di beberapa sosial media karena keramahan dan layanannya yang memberikan kepuasan.

Namun, gaji petugas keamanan atau Satpam di Bank BCA tidak begitu tinggi, berkisar Rp 2.800.000 perbulannya. Dengan jam kerja 8-12 jam setiap hari dan menerapkan sistem kerja shift.

Gaji satpam di Bank BCA bahkan juga dapat terbilang rendah karena masih lebih murah dibanding gaji anak-anak magang di Bank BCA yang berpendapatan hingga Rp 4.650.000 perbulan.

2. Gaji Satpam Bank BNI

Dibangun pada tanggal 5 Juli 1946, Bank Negara Indonesia atau BNI sudah berkembang menjadi satu diantara bank umum tertua dalam sejarah perbankan Indonesia. Bukan hanya di Indonesia, BNI memiliki lebih dari 5 cabang di negara lain. Rekam jejak baik Bank BNI tentu saja tidak kecuali dengan adanya kinerja beberapa Satpam yang sempurna dan pantas dihargai.

Kinerja Satpam Bank BNI pantas di hargai karena sudah memberi layanan terbaik kepada nasabah bank. Gaji satpam BNI relatif tinggi dibanding bank lain, yaitu sekitar Rp 3.600.000 perbulan.

3. Gaji Satpam Bank BRI

BRI merupakan bank terbesar dan tertua di Indonesia. Bank yang masuk kedalam kelompok BUMN ini memiliki Satpam yang memberikan layanan atau servis yang memberikan kepuasan pelanggan.

Untuk kepuasan dan kenyamanan nasabah BRI, HRD selalu mencari calon Satpam yang memiliki kualifikasi semangat kerja yang kuat. Selain menjaga keamanan di lingkungan bank, Satpam BRI juga bertugas untuk membantu, melayani dan menuntun nasabah agar lebih mudah.

Gaji satpam BRI yang di bayar terbilang lumayan tinggi dibandingkan gaji satpam di Bank Mandiri dan BCA, yakni sekitar Rp 3.100.000 perbulan.

Angka ini bisa terbilang bagus karena nyaris menyamakan rata-rata gaji Satpam di Indonesia yakni sebesar Rp 3.110.151.

4. Gaji Satpam Bank Mandiri

Sebagai bank terbaik ke-2 sesudah BRI, Bank Mandiri memiliki sebuah layanan dan fasilitas yang sangat memberikan kepuasan. Bank Mandiri sukses menjadi bagian dari program restrukturisasi perbankan pemerintahan dan masuk kedalam 10 besar bank Indonesia.

Rangking yang bagus ini tentu saja tidak terlepas dari kinerja Satpam Bank Mandiri yang mengangkat jargon unggulan “Senyuman, Salam, Sapa, dan Tindak”.

Tetapi gaji Satpam yang bekerja di Bank Mandiri sedikit rendah dari gaji Satpam bank lain, yakni hanya sekitar Rp 2.000.000 perbulannya.

Baca Juga: Gaji Petugas Layanan Bus Transjakarta, Segini Nominal Per Bulan

Tugas Umum Satuan Pengamanan (Security Guard)

Tugas umum satpam

Unit dalam sebuah pengamanan atau kerap di singkat Satpam sebagai suatu kelompok petugas yang di buat dengan satu proyek, lembaga, badan usaha untuk melakukan pengamanan fisik berkaitan dengan penerapan pengamanan secara mandiri di lingkungan kerjanya.

Berikut ini ialah beberapa macam dan jenis sebuah tugas yang umum pada ada unit pengamanan, di antaranya adalah:

  • Tugas pokok menjaga ketertiban dan keamanan di sekitar objek yang hendak ditangkap, terutama pengamanan fisik yang memiliki sifat preventif.
  • Melakukan sebuah tindakan pencegahan keselamatan.
  • Bertugas mengamankan aset, proyek, agen, bangunan, tanah atau tempat dan melakukan pengawasan perlengkapan, peninjauan dan titik akses untuk memastikan keamanan dan menahan kehilangan atau kerusakan yang tidak disengaja.
  • Mengontrol jalan raya dengan mengarahkan sopir.
  • Bisa membuat perlindungan lingkungan dengan mengawasi dan mengontrol perlengkapan dan bangunan.
  • Melengkapi laporan dengan menulis penilaian, peristiwa, kegiatan pengawasan, dan informasi lainnya.
  • Menjaga kestabilan dan rekam jejak organisasi melalui kepatuhan pada peraturan hukum.
  • Berperan pada usaha tim untuk mencapai hasil berkaitan yang dibutuhkan.
  • Pastikan operasionalisasi perlengkapan dengan memenuhi syarat perawatan preventif; Menuruti perintah, penilaian teknik baru dan perlengkapan.
  • Mencegah dan mendeteksi dini pada penyusup, kegiatan atau orang yang masuk secara tidak biasa, penghancuran atau penyusup/lompat pagar di wilayah tanggungjawab perusahaan (gebied tempat/ruimte gebied).
  • Pelindungan (pengiringan) pada kerusakan harta benda (orang dan harta benda perusahaan atau perorangan).
  • Mencegah dan mendeteksi dini pada kasus perampokan, penyimpangan, kehilangan, atau penyimpangan pada personil Perusahaan, mesin, surat hutang, perlengkapan, komputer, barang inventaris, saham, uang, serta surat bernilai atau dokumen penting.
  • Melakukan pengendalian, pengaturan, jalan raya (kendaraan, orang, dan barang) untuk menjamin pelindungan aset perusahaan.
  • Melakukan usaha dalam penegakan peraturan, kepatuhan, dan penegakan peraturan perusahaan, ketentuan dan praktek ketenagakerjaan berkaitan pencegahan kejahatan.
  • Memberikan laporan dan menangani kejadian atau peristiwa tertentu dan keinginan atau panggilan kontribusi keamanan, penempatan, termasuk design, dan perawatan sistem sirene.

Tanggung Jawab Satpam Lembaga Keuangan Bank

Tanggunh jawab lembaga keuangan

Secara umum baguan keamanan suatu lembaga keuangan bank memiliki pekerjaan khusus untuk menjaga ketertiban dan keamanan di lingkungan kerja.

Keamanan itu memiliki sebuah faktor keamanan fisik, keamanan individu, informasi dan keamanan teknis lainnya. Peranan dan tanggungjawab security profesional setiap bank nyaris sama.

Berikut ini beberapa macam tanggungjawab dan peranan pada pekerjaan sebagai Satpam, di antaranya adalah:

  • Membantu kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban.
  • Menjaga property melalui kedatangan penjaga keamanan dengan visibility tingkat tinggi untuk menahan kejahatan.
  • Sanggup memberi rasa nyaman dan aman saat melayani pegawai, pelanggan, nasabah dan seluruh masyarakat di ruangan kerja.
  • Menahan kecelakaan atau kejadian saat sebelum orang bergabung di gedung komersial.
  • Perawatan kendaraan pengangkut uang dan lain-lain.
  • Memantau atau mengawasi orang atau hal yang meresahkan.

Selain gaji pokok, Satpam mendapatkan beberapa tunjangan. Manfaatnya dapat berwujud dalam bermacam-macam, antara berbentuk wujud tunai atau yang lainnya.

Demikian pembahasan yang dapat kami berikan mengenai gaji Satpam berbagai Bank di Indonesia terbaru 2022. Semoga pembahasan yang kami berikan tersebut dapat bermanfaat bagi kamu khususnya yang berkeinginan mendaftar menjadi Satpam sebuah bank.

Tinggalkan komentar