Satupersen.co.id – Siapa yang tidak tau alat transportasi di Ibukota Jakarta yang bernama Transjakarta? PT Transport Jakarta (TransJakarta) saat ini telah membuka lowongan untuk 1.801 pegawai sebagai Operational Servis Officer (PLO). Jika ingin mendafarkan lowongan yang tersedia tersbut, seseorang biasanya mencari tahu besaran gaji yang akan di terima nantinya. Lalu berapakah gaji petugas layanan bus Transjakarta? Silahkan simak pembahasannya hingga selesai.
TransJakarta selalu mengupayakan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan konsumen setia. Hal tersebut merupakan usaha penting yang di lakukan kerjakan untuk memastikan kenyamanan dan kemudahan penumpangnya. Pencapaian PLO antara lain mengusahakan Transjakarta untuk mengurangi pelecehan seksual di angkutan umum.
Selain itu, kedatangan petugas dalam bus di harapkan bisa membantu, menjaga, dan melakukan tindakan cepat bila terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. Karena staf yang bertugas siap menolong bila pelanggan atau penumpang merasa keamanan dan kenyamanannya terganggu. Pihak Transjakarta mengimbau pelanggan untuk memberikan laporan tersebut sehingga mereka bisa menindaklanjutinya.
Adanya penambahan pegawai sebagai bentuk respon oleh pihak Transjakarta pada tuntutan pelanggan sebagai peningkatan layanan. Selain itu, lowongan tersebut juga tentu saja dapat membuka lapangan kerja baru.
Kualifikasi mendasar yakni minimal pendidikan SLTA sederajat, sehat jasmani dan rohani dan lainnya. Proses rekrutmen tersebut tentunya gratis tidak dipungut biaya apapun. Tata cara registrasinya bisa di lihat melalui laman web resmi Transjakarta.
Namun sebelum membahas mengenai gajinya secara rinci, pastikan kamu memahami PT Transport Jakarta (Transjakarta) lebih banyak lagi. Oleh karena itu, silahkan baca pembahasan di bawah ini.
Sejarah PT Transport Jakarta (Transjakarta)
Untuk masyarakat yang berdomisili di Ibukota Jakarta, atau sebagai penumpang setia bus, tentu perlu mengetahui layanan bus TransJakarta. Pembahasan ini bisa memberi deskripsi mengenai riwayat Transjakarta yang sudah menjadi salah satu layanan transportasi khusus Jakarta selama 18 tahun.
Ide membangun proyek Bus Rapid Transit (BRT) sebetulnya telah ada sejak lama sekitar tahun 2001. Yang selanjutnya ide tersebut diteruskan oleh Gubernur DKI Jakarta waktu itu. Namun, ralisasinya baru dapat di laksanakan 3 tahun kemudian. Pada saat di keluarkan, TransJakarta sebagai sistem transportasi BRT (Bus Rapid Transit) khusus di Asia Selatan dan Asia Tenggara.
Lembaga Institute for Transportation dan Development Policy (ITDP) menjadi pihak sebagai kunci yang membantu proses rencana proyek tersebut. Ide aslinya dibuat oleh PT Pamintori Cipta, konsultan transportasi yang sering bekerja bersama dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta.
Selain pihak swasta, beberapa pihak lainnya memberikan dukungan mensuksesan proyek ini, di antaranya US AID (American Aid Organization) dan UI-CTS (Pusat Studi Transportasi Universitas Indonesia).
Transjakarta mulai beroperasi pada 15 Januari 2004 lalu dengan disahkannya Koridor 1, dengan tujuan memberi layanan transportasi yang semakin nyaman, cepat, dan dapat dijangkau untuk masyarakat Jakarta.
Dan sejak Transjakarta mulai beroperasi, harga tiket di bantu oleh pemerintahan daerah. Dalam rencana mensosialisasikan dan mengenalkan sistem angkutan massal ini kepada masyarakat.
Selama 2 pekan awal beroperasi, pengguna Transjakarta tidak di kenakan biaya (15-30 Januari 2004). Kemudian sejak 1 Februari 2004, biaya Transjakarta ialah Rp 2.000. Dan pada tahun 2012, Dinas Perhubungan DKI Jakarta memilih untuk meningkatkan biaya Transjakarta menjadi Rp. 3.500.
Beberapa pembangunan saat peresmian Koridor 1 masih berjalan, di antaranya membuka lapangan kerja pengemudi bus wanita untuk wanita, meningkatkan infrastruktur bus dan stasiun BRT.
Selain itu, membuat zona khusus untuk wanita, menampung petugas di bus, mensterilkan Transjakarta-Line, dengan portal manual dan otomatis yang mencoba menguji sistem arus berlawanan (jalur Transjakarta berlawanan dengan jalur penyeberangan umum), dan terdapatsebuah layanan untuk penumpang difabel.
Gaji Petugas Layanan Bus Transjakarta
Transjakarta merupakan jenis sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Asia Selatan, yang beroperasi sejak tahun 2004 di Jakarta, Indonesia.
Sistem ini di kembangkan berdasarkan sistem TransMilenio di Bogota, Kolombia. Transjakarta di rencanakan sebagai model angkutan massal untuk memberikan dukungan kepadatan ibu kota.
Transjakarta ialah sistem BRT jarak terpanjang di dunia yakni mencapai 230,9 km dan mempunyai 243 halte yang terebar di 13 koridor (jalur) yang beroperasi mulai pukul 05:00 sampai 22:00 WIB dan koridor saat ini beroperasi selama total 24 jam.
Gaji petugas layanan bus TransJakarta untuk Single Bus Rp. 6.300.000, pengemudi atau sopir bus gandeng Rp. 11.700.000, dan pengemudi atau sopir bus gandeng double berkisar antara Rp. 13.400.000 – Rp. 15.000.000.
Tentu gaji yang di tawarkan tersebut tidak akan mengecewakan, karena sopir bus bisa mendapat gaji di range Rp. 8.000.000 hingga Rp. 9.000.000.
TransJakarta dioperasionalkan oleh PT Transport Jakarta. Keseluruhan tenaga kerja yang turut serta dalam operasionalisasi Transjakarta (kondektur, pramugari, dan petugas kebersihan) sekitar 6.000 orang.
Rata-rata pengguna harian TransJakarta ialah sekitar 350.000 orang. Dan pada 2012, pemakai TransJakarta mencapai 109.983.609 orang.
Pada tahun 2011 sistem mencapai kinerja di puncak tahunan pada bus yang mengangkut 114,7 juta penumpang dan di beberapa tahun selanjutnya dengan jumlah yang turun dan di tahun 2014 bus mengangkut 111,6 juta penumpang. Kemudian di tahun 2015 mengangkut 102,95 juta penumpang.
Baca Juga: Besaran Gaji Polisi Berdasarkan Urutan Pangkat
Posisi Kerja yang Dibutuhkan Transjakarta
1. Teknisi (MK)
- Bertanggungjawab atas adanya sebuah proses perbaikan dan perawatan kendaraan bus.
- Melakukan pengecekan kesehatan bus sesuai jadwal yang sudah di tetapkan.
- Melaksanakan operasional administrasi setelah pengecekan bus dan pembaruan.
Kualifikasi
- Usia maksimal 35 tahun.
- Minimal 5 tahun berpengalaman dengan kendaraan pekerjaan berat (Bus, Truck).
- Berpengalaman menangani bus Cina dan Eropa.
- Pelatihan kejuruan.
- Gemar di bidang otomotif lebih disukai.
- Memahami pengetahuan mengenai suku cadang.
- Berdomisili di Jakarta.
- Mampu merespon permasalahan pada kendaraan.
- Memiliki sikap integrasi dan disiplin yang baik.
- Siap bekerja shift.
2. PCB (Petugas Cuci Bus)
- Secara proaktif memberi informasi mengenai keadaan bus agar dilaksanakan perawatan atau perbaikan.
- Bertanggungjawab atas kebersihan bus, baik di luar bus maupun dalam bus.
Kualifikasi
- Usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun.
- Tinggi badan minimal untuk pria ialah 165 cm dan untuk wanita minimal 160 cm (dengan berat badan ideal).
- Ijazah SMA atau sederajat.
- Berdomisili di Jakarta.
- Memiliki sikap integritas dan disiplin yang baik.
- Menanggapi situas di bus.
- Siap bekerja shift.
- Siap diikutsertakan di semua pool PT Transport Jakarta.
- Tidak ada tato dan tindik (untuk pria).
3. PB (Pengemudi Bus)
- Mengemudikan bus sesuai rute dan kecepatan sesuai adanya aturan.
- Memeriksa kesiapan operasional bus.
- Menjaga keamanan pelanggan atau penumpang terutama pada saat proses penurunan pendakian.
- Secara proaktif memberikan informasi tentang kondisi bus agar dapat dilakukan perawatan perbaikan
Kualifikasi
- Pendidikan minimal SMP atau sederajat.
- Usia minimal 25 tahun dan maksimal 50 tahun.
- Minimal memiliki SIM B1 Umum.
- Siap bekerja Shift.
- Memiliki sikap interitas dan disiplin yang baik.
- Merespon permasalahan pada kendaraan.
4. PLB (Petugas Layanan Bus)
- Bertanggungjawab atas ada sebuah kebersihan bus dan keamanan dan kenyamanan pelanggan di bus.
- Secara proaktif memberi informasi mengenai keadaan bus agar dilaksanakan perawatan atau perbaikan.
- Membantu penumpang untuk naik dan turun bus ke arah kebalikannya atau halte.
- Secara proaktif memberi informasi mengenai di mana titik tersebut berada.
Kualifikasi
- Usia minimal 21 tahun dan maksimal 30 tahun.
- Kualifikasi pendidikan minimal D3.
- Tinggi badan pria minimal 165 cm dan wanita minimal 160 cm (dengan berat badan ideal).
- Berdomisili di Jakarta.
- Memiliki kesenangan untuk melayanani pelanggan.
- Memiliki sikap integrasi dan disiplin yang baik.
- Menanggaapi situasi di bus.
- Siap di tempatkan di seluruh koridor PT Transport Jakarta.
- Siap bekerja shift.
- Memiliki keterampilan komunikasi yang baik.
- Tidak ada tato dan tindik (untuk pria).
Demikianlah pembahasan yang dapat kami berikan mengenai besaran gaji petugas layanan bus Transjakarta beserta informasi posisi kerja yang di butuhkan dan informasi lainnya. Semoga dapat bermanfaat bagi kamu terutama bagi yang berkeinginan mendaftarkan diri di PT Transportasi Jakarta.