Besaran Gaji Polisi Berdasarkan Urutan Pangkat

Satupersen.co.id – Siapa yang sewaktu kecil bercita-cita ingin menjadi Polisi? Memang menjadi anggota Polri merupakan salah satu profesi yang diidamkan banyak orang. Beberapa ribu masyarakat bergabung untuk mendaftar sebagai Akpol Polri, agar nantinya bisa menjadi bagian dari anggota Polri. Namun tahukah kamu berapa gaji Polisi? Jika kamu penasaran, maka pastikan simak pembahasannya kali ini.

Aparat kepolisian mempunyai tugas penting menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat, memberi pelindungan dan jaminan penegakan hukum yang adil. Selain tugas yang penting, remunerasi dan peluang kariernya juga cukup tinggi. Selain TNI dan Perwira, polisi termasuk juga profesi yang memberi gaji tetap dan di atas rata-rata untuk pegawai administrasi.

Kepolisian Negara Republik Indonesia mempunyai beberapa kategori, dari yang terendah, pangkat, hingga tertinggi, perwira senior.

Tiap tingkatannya tentu saja mempunyai tunjangan dan gaji yang berbeda sebagai anggota kepolisian. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak penjelasan berikut ini.

Gaji Polisi

Gaji polisi

Polisi merupakan badan sipil yang bertugas memelihara ketertiban masyarakat, keamanan, menegakkan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.

Hingga terdapat departemen kepolisian di semua negara berdaulat. Kadang sistem ini bersifat militer, seperti pada Indonesia saat sebelum Polri mundur dari ABRI.

Polisi yaitu menjadi penyidik, yang mana bertugas mengumpulkan tanda bukti mencakup informasi dari berbagai sumber, baik keterangan saksi atau keterangan pakar.

Untuk THR Polri, besarannya merujuk pada gaji pokok ditambah tunjangan. Yang artinya elemen THR tidak termasuk tunjangan atau bonus kinerja tahun ini.

Gaji pokok kepolisian diatur dalam Peraturan Pemerintahan Nomor 17 Tahun 2019 mengenai Perubahan Ke-12 atas Peraturab Pemerintahan Nomor 29 Tahun 2001 mengenai Peraturan Penggajian Anggota Polri.

Untuk lebih jelasnya, berikut kami rincikan keseluruhan gaji polisi berdasarkan golongan mulai Tamtama sampai Perwira tinggi 2022:

1. Golongan I (Tamtama)

Ajun Brigadir Polisi (Abripol) Rp 1.917.100 – Rp 2.960.700
Ajun Brigadir Polisi Satu (Abriptu) Rp 1.858.900 – Rp 2.870.900
Ajun Brigadir Polisi Dua (Abripda) Rp 1.802.600 – Rp 2.783.900
Bhayangkara Kepala (Bharaka) Rp 1.747.900 – Rp 2.699.400
Bhayangkara Satu (Bharatu) Rp 1.694.900 – Rp 2.699.400
Bayangkara Dua (Bharada) Rp 1.643.500 – Rp 2.538.100

2. Golongan II (Bintara)

Ajun Inspektur Satu (Aiptu) Rp 2.454.000 – Rp 4.032.600
Ajun Inspektur Dua (Aipda) Rp 2.379.500 – Rp 3.910.300
Brigadir Polisi Kepala (Bripka) Rp 2.307.400 – Rp 3.791.700
Brigadir Rp 2.237.400 – Rp 3.676.700
Brigadir Polisi Satu (Briptu) Rp 2.169.500 – Rp 3.565.200
Brigadir Polisi Dua (Bripda) Rp 2.103.700 – Rp 3.457.100

3. Golongan III (Perwira Pertama atau Pama)

Ajun Komisaris Polisi (AKP) Rp 2.909.100 – Rp 4.780.600
Inspektur Polisi Satu (Iptu) Rp 2.820.800 – Rp 4.635.600
Inspektur Polisi Dua (Ipda) Rp 2.735.300 – Rp 4.425.200

4. Golongan IV (Perwira Tinggi dan Perwira Menengah)

Perwira Menengah atau Pamen Komisaris Besar (Kombes) Rp 3.190.700 – Rp 5.243.400
Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Rp 3.093.900 – Rp 5.084.300
Komisaris Polisi (Kompol) Rp 3.000.100 – Rp 4.930.100
Perwira Tinggi atau Pati Jenderal Polisi Rp 5.238.200 – Rp 5.930.800
Komisaris Jenderal Polisi (Komjen) Rp 5.079.300 – Rp 5.930.800
Inspektur Jenderal Polisi (Irjen) Rp 3.290.500 – Rp 5.576.500
Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen) Rp 3.290.500 – Rp 5.407.400

Sementara pemotongan dikaitkan, jumlahnya bervariasi berdasarkan pangkat, posisi, dan wilayah tempat tinggal, hingga dan termasuk jumlah anggota keluarga.

Beberapa tunjangan yang berkaitan dengan anggota kepolisian diantaranya tunjangan sampingan, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan, tunjangan perbatasan, dan tunjangan khusus wilayah Papua.

Berikut adalah rincian dari beberapa layanan polisi:

  • Istri : 10 persen dari gaji pokok.
  • Anak : 2 persen dari gaji pokok maksimal 2 anak.
  • Beras : Beras 18kg per bulan senilai Rp 8.047 per kg dan tambahan 10kg beras per bulan untuk istri dan dua anaknya.
  • Tunjangan Jabatan : Bervariasi tergantung pada posisi atau jabatan tersebut.

Baca Juga: Ini Daftar Gaji dan Tunjangan PPPK 2022, Pelamar Sudah Tahu?

Tugas Utama Polri / Kepolisian

Tugas kepolisian

Tugas bina masyarakat di bidang ini ialah dengan melakukan pendekatan kepada masyarakat dengan hubungan sosial dan bergotong-royong.

Namun dalam sebuah konsep polisi komunitas itu sendiri kini bias dalam implementasinya di kepolisian. Konsep polisi masyarakat ada sesuai dengan karakter dan budaya Indonesia (Jawa).

Dengan menerapkan sistem keamanan lingkungan (siskamling) di masyarakat perdesaan dan perkotaan, maka masyarakat akan merasa bertanggungjawab atas keamanan wilayahnya sendiri. Hal tersebut bisa didukung dengan kegiatan Babinkamtibmas yang harus selalu mengawasi wilayah saat melakukan kegiatan yaitu secara khusus.

1. Tugas di Bidang Preventif

Semua upaya dan kegiatan kepolisian dalam tindakan preventif yakni sebagai berikut:

  • Memelihara ketertiban dan keamanan masyarakat. Yang mana juga berfungsi untuk menjaga keamanan orang, barang, termasuk pemberian perlindungan dan bantuan, khususnya pencegahan pelanggaran hukum.
  • Menyelesaikan tugas ini membutuhkan keterampilan pekerjaan teknis yang terpisah seperti patroli, menjaga, dan membimbing.

2. Tugas di Bidang Represif

Dalam bidang represif, terdapat peranan kepolisian Indonesia, yakni perlakuan represif yang bisa dibenarkan dan yang tidak bisa dibenarkan.

Dalam tindak pidana, penyidik ​​melakukan kegiatan diantaranya ialah:

  • Mencari dan menemukan peristiwa atau kejadian yang dianggap sebagai tindakan kriminal.
  • Menentukan apakah investigasi layak atau tidak.
  • Mencari dan mengumpulkan bukti.
  • Menerangi kejahatan yang terjadi.
  • Menemukan tersangka atau pelaku.

Lembaga Kepolisian

Lembaga kepolisian

Terdapat lembaga kepolisian tertentu dengan karakter yang berbeda dan secara umum cakupan pekerjaannya lebih terbatas pada bidang dan tugas tersebut, salah satunya adalah:

  • Polsuspas merupakan pejabat di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia yang diberi wewenang dengan berdasar kanUndang-Undang untuk menyelenggarakan peranan kepolisian di lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan negara.
  • Polhut merupakan jenis kepolisian di bawah naungan Kementerian Kehutanan yang dibuat sebagai lembaga penegak hukum yang bekerja melestarikan, membuat perlindungan dan mengawasi rimba dan ekosistem serta aktivitas terkait.
  • Pol PP sebagai unit yang dikomandoi oleh MP PP (Perawat Polisi Pamong Praja) tingkat bawah (awalnya Pendamping Wedana). PP MP dahulu bertanggungjawab kepada Wedana.
  • Polsuska merupakan kepolisian PT Kereta Api (PT KAI) yang bekerja menjaga supaya kereta api tetap berjalan dari insiden keamanan dan gangguan lainnya. Saat sebelum membangun Polsuska, PT KAI memakai jasa kepolisian untuk mengamankan perjalanan kereta api. Polsuska diberhentikan dan dibuat kembali sesuai reformasi yang berarti pada badan PT KAI. Pendidikan dan training Polsuska dil aksanakan oleh PT KAI dan kepolisian. Kemunculan Polsuska menjamin keamanan dan kenyamanan penumpang PT KAI sepanjang perjalanan.
  • Polisi Militer sebagai perwira polisi dari organisasi militer yang bekerja melaksanakan pemeliharaan, hukum, penegakan disiplin, dan ketertiban di lingkungan militer suatu negara dalam mendukung misi utama militer menegakkan kedaulatan dari negara ini.

Manfaat Menjadi Polisi

Manfaat menjadi polisi

Polisi merupakan profesi yang membanggakan. Berikut beberapa manfaat jika menjadi Polisi atau bagian dari anggota Polri.

1. Penuh Tanggung Jawab dan Loyalitas

Polisi bertanggungjawab atas kondisi darurat. Dengan beberapa kasus yaitu menyelamatkan nyawa. Polisi harus selalu harus bertindak dengan cepat dan tepat. Baik siang ataupun malam, yang terpenting ialah keselamatan orang-orang. Tugas ini memerlukan waktu beberapa jam, dan banyak petugas yang tinggal bersama kepolisian.

2. Menjadi Pahlawan dan Melindungi Masyarakat

Polisi di negeri ini harus memiliki dedikasi tinggi. Yang mana harus berusaha keras untuk memberantas kejahatan yang kerap membuat orang risau. Sebagai contoh dalam kasus narkoba, perampokan, permainan judi, pemerkosaan dan kasus-kasus kriminal lainnya. Peranan polisi di sini yaitu mengayomi masyarakat supaya merasa aman.

3. Mempunyai Sikap Tegas dan Disiplin

Menjadi seorang polisi, tentu harus di didik dan di latih secara menyeluruh dalam segala aspek. Ia dilatih untuk berlaku tegas, berani, disiplin dan suka menolong.

4. Mengayomi Masyarakat

Pengduan masyarakat selalu di terima polisi dalam kurun waktu 24 jam. Layanan ini di laksanakan untuk membuat lingkungan yang aman dan memberikan keselamatan untuk banyak orang. Polisi akan memberi tindakan kepada warga negara yang tidak disiplin. Contohnya seperti melanggar pereturan seperti menggunakan helm saat memakai sepeda motor, tidak menyebrang jalan pada tempatnya, dan melanggar peraturan lalu lintas lainnya.

Demikianlah pembahasan yang dapat kami berikan mengenai besaran gaji Polisi. Semoga berguna untuk kamu yang ingin mengetahui atau berkeinginan bergabung menjadi anggota Polri.

Tinggalkan komentar